Akibat tubuh jika kekurangan Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah terdiri dari beberapa vitamin, yaitu vitamin B – 1 ( thiamin), vitamin B – 2(riboflavin), vitamin B – 3(niacin), vitamin B – 5(asam pantotenat), vitamin B – 6(piridoksal), vitamin B – 7(biotin), vitamin B – 9 (folat ), dan vitamin B – 12 (cobalamin). Kelompok vitamin ini adalah bersifat larut air (kecuali B12), artinya akan dikeluarkan oleh tubuh jika kelebihan. Jadi tubuh kita sangat memerlukan dari makanan setiap hari.

Advertisement

Vitamin B bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan, hewani dan nabati. Jadi kelompok diet vegetarian yang sangat beresiko kekurangan vitamin B Kompleks. Jadi kelompok diet ini mungkin harus mengambilnya dari suplemen, namun sebaiknya bertanya dulu kepada dokter.

Ketahui juga Tentang manfaat dan sumber makanan terbaik B Kompleks, dalam kategori artikel : Vitamin B kompleks

Akibat tubuh jika kekurangan Vitamin B Kompleks

Kekurangan vitamin apapun dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Khusus untuk vitamin B Kompleks, gejala kekurangan yang mungkin bisa timbul adalah sbb:

Masalah kulit

Kebanyakan dari vitamin B kompleks  diperlukan untuk kesehatan kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti dermatitis, kulit kering, kulit pecah di sudut mulut, mudah memar dan penyembuhan luka yang lama.

Kelelahan

Kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan beberapa gejala yang berhubungan dengan kelelahan. Otot lemah, atau semua gejala yang berhubungan dengan otot, kedutan, sakit otot dll. Selain dapat menyebabkan nyeri otot, kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan Nyeri sendi. Kasus-kasus lainnya bisa juga seperti mati rasa, kesemutan di jari tangan dan kaki .

Bayi lahir cacat mental

Ini terutama pada wanita hamil, yang dapat menimpa bayi yang dikandungnya. Vitamin B9 atau yang seringkali disebut asam folat, sangat dibutuhkan oleh ibu yang mengandung khususnya untuk perkembangan otak janin. Baca tentang vitamin B9 selengkapnya disini

Lihat juga :   Inilah Manfaat Utama dari Vitamin B12 Yang Perlu Diketahui

Gejala lainnya

Gejala kekurangan vitamin B kompleks adalah Efek yang berkaitan dengan mental, gampang kebingungan, kehilangn konsentrasi, sakit kepala, insomnia dan mudah  marah. Anemia, selain karena kurang darah, juga merupakan salah satu gejala umum dari kekurangan vitamin B. Gejala gastrointestinal seperti mual, muntah atau diare, juga dapat karena kekurangan vitamin ini.

Perhatian:

Selain kekurangan, kelebihan dalam hal apapun pasti dapat beresiko buruk. Mengkonsumsi suplemen vitamin B tanpa petunjuk yang benar bisa beresiko kelebihan, yang dapat menyebabkan bermacam efek samping yang tak baik. Efek samping kelebihan  dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti mual, muntah, masalah kulit, masalah gula darah, bahkan masalah jantung dan interaksi obat. Kelebihan jarang terjadi jika mengambil dari sumber makanan, bahkan cenderung bisa kekurangan pada diet makanan tertentu.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

0 thoughts on “Akibat tubuh jika kekurangan Vitamin B Kompleks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *