Apakah Jahe aman untuk wanita hamil

Apakah Jahe aman untuk wanita hamilMemang penting bagi wanita hamil untuk memastikan apakah makanan-makanan atau minuman yang dimasukkan kedalam diet mereka itu aman. Selain harus dipastikan keamanannya, faktor kecukupan gizi juga penting untuk diperhatikan. Memang ada beberapa jenis makanan atau buah-buahan yang mungkin bisa menimbulkan dampak buruk bagi kehamilan, atau beberapa buah yang lebih baik bagi ibu yang sedang hamil.

Advertisement

Bagaimana dengan jahe, apakah aman untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil?

Jahe adalah anggota dari keluarga tanaman herbal yang baik untuk kesehatan,jahe adalah rimpang atau akar tanaman yang dapat dikonsumsi. Jahe umumnya bisa dibuat minuman teh jahe, tambahan bumbu, hingga permen jahe. Jahe mengandung rendah lemak dan kalori, serta sedikit nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan. Jahe segar aman untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil, dan justru akan memberikan manfaat yang tinggi. Namun jika ingin ingin mengambil suplemen jahe, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan Anda.

Jahe segar atau dalan bentuk suplemen?

MedlinePlus melaporkan bahwa jahe segar dalam bentuk makanan cenderung aman bagi wanita selama kehamilan. Namun perlu berhati-hati dengan suplemen jahe, seperti yang diberitakan oleh D r ug s .com. The American Pregnancy Association menjelaskan bahwa jahe bisa  membantu untuk meringankan rasa mual di pagi hari(morning sickness). Kuncinya adalah hanya dengan menggunakan jahe dalam batas jumlah yang normal, misalnya hanya menggunakan sedikit untuk membuat teh jahe. Kenapa suplemen jahe perlu diwaspadai?,,,Konsultasikan dengan dokter sebelum Anda mengambil suplemen jahe, karena suplemen bisa mengandung konsentrasi jahe tinggi , jika  dibandingkan dengan apa yang Anda dapatkan dari jahe segar untuk keperluan memasak.

Nutrisi jahe

Kalau hanya untuk mengurangi morning sickness, sepertinya jahe tak cukup menarik. Anda juga akan mendapatkan mafaat dari nutrisi kunci jika  mengkonsumsi jahe segar . Jahe segar mengandung sedikit zat besi untuk pembentukan sel darah yang tepat, juga vitamin C yang akan membantu dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh bayi. Jahe juga mengandung sedikit asam folat, yang akan membantu mencegah resiko bayi cacat lahir. Jahe rendah sodium, yang artinya baik sebagai tambahan resep masakan tanpa banyak garam.

Lihat juga :   Cara alami mengobati alergi

Penggunaan

Tanyakan sebelumnya kepada dokter tentang minum teh jahe untuk membantu meringankan gejala mual di pagi hari, atau menggunakan jahe segar dalam masakan. Jahe mungkin dapat membantu untuk meringankan gejala morning sickness Anda, menyedapkan rasa makanan, dan memberikan nutrisi penting bagi kehamilan.  Jahe segar juga akan menambah rasa pada ikan bakar, seperti salmon atau ikan trout .

Keamanan

Menanyakan kepada dokter resiko dan manfaat jahe segar untuk mengurangi morning sicknes, dalam masakan atau membuat minuman. Mengambil suplemen jahe dalam dosis besar bisa berpotensi membahayakan kehamilan, seperti menyebabkan perdarahan, keguguran atau menstruasi , menurut buku ” The 100 Healthiest Foods to Eat During Pregnancy “. Namun makan jahe yang segar tidak akan mungkin menyebabkan masalah ini, karena tidak mungkin Anda bisa makan jahe dalam jumlah yang banyak.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *