Buah-Buahan Tinggi Zat Besi untuk Penambah Darah

buah penambah darahDarah adalah sarana pengangkut nutrisi dan oksigen kepada setiap sel yang ada dalam tubuh kita. Untuk itu, kurang darah akan menyebabkan pasokan nutrisi dan oksigen terhambat, yang menyebabkan gejala  mudah capek, lemas, mengantuk, dll. Untuk itu kita perlu mengonsumsi makanan yang tinggi mengandung zat besi. Zat Besi merupakan mineral penting, yang merupakan unsur utama pembentuk sel darah merah kita yang disebut hemoglobin. Hemoglobin adalah senyawa yang ditemukan dalam setiap sel-sel darah merah, yang membuat warna merah pada darah.

Advertisement

Tingkat zat besi yang sehat dalam aliran darah sangat penting agar tubuh dapat  berfungsi dengan baik. Jika Anda kekurangan zat besi, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara mengubah kebiasaan dalam diet Anda. Dibutuhkan waktu empat sampai enam minggu bagi darah untuk beregenerasi dan memproduksi dirinya sendiri.

Dalam artikel ini khusus tentang buah apa yang paling kaya akan zat besi yang dapat Anda tambahkan kedalam  diet Anda untuk meningkatkan hemoglobin sebagai penambah darah.

Ringkasan Gejala Tubuh akibat Kekurangan darah

  • Rasa Lelah yang terus-menerus
  • Perlambatan perkembangan pada anak
  • Prestasi buruk disekolah bagi anak-anak
  • Peradangan di lidah
  • Tubuh kurang bisa mengatur suhunya
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun
  • Orang yang butuh asupan zat besi sebagai zat penambah darah

Semua orang membutuhkan asupan zat besi yang cukup, tetapi orang-orang yang berisiko kurang darah termasuk :

  • Wanita yang hamil
  • Wanita saat kedatangan tamu bulanan
  • Anak-anak
  • Masa pemulihan dari sakit

Golongan ini harus  mendapatkan asupan zat besi yang cukup dari sumber alami, sehingga bisa kembali lagi kepada tingkat darah yang tepat.

Inilah Buah-buahan yang kaya Zat besi untuk Penambah Darah

1. Buah tomat

Tidak hanya Tomat mengandung tinggi vitamin C dan lycopen yang berperan sebagai antioksidan kuat, tomat juga banyak mengandung zat besi. Sebanyak 100 g tomat kering bisa mengandung zat besi hingga 9,1 mg , sedangkan asupan yang disarankan untuk orang dewasa adalah 18 mg dan untuk anak-anak 10 mg.

Lihat juga :   Top 12 makanan terbaik bagi kesehatan

Tomat segar, tomat dimasak, direbus dll juga merupakanh sumber zat besi tinggi.

2. Buah Kesemek

Kesemek adalah buah musiman yang sangat berlimpah jika masa panen tiba. Buah ini berwarna oranye mirip seperti tomat. Buah kesemek tinggi vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya.

3. Buah Kurma

Buah asli timor tengah ini rasanya sangat manis, kaya akan energi dan zat gizi. Hal ini bebas kolesterol dan rendah lemak. Buah Kurma sangat dianjurkan untuk wanita hamil hingga akan melahirkan, karena kurma kaya nutrisi dan energi yang akan memberikan  stamina yang bagus bagi wanita hamil. Terutama kurma dalam hal ini adalah buah sumber zat besi yang patut diperhitungkan – yang akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah Anda.

**Karena kurma tinggi gula, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk menghindarinya bagi penderita diabetes.

4. Buah delima

Delima adalah buah yang paling direkomendasikan untuk semua penyakit yang berkaitan dengan darah, termasuk kekurangan zat besi  atau anemia.

Zat bioaktif yang ditemukan dalam buah delima disebut  punicalagins,  telah diketahui sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Delima juga bermanfaat membantu melawan depresi dan merupakan makanan yang baik untuk diet sehat baik sedang kekurangan zat besi ataupun tidak.

5. Buah Semangka

Semangka terdiri dari 90 persen air namun kaya akan nutrisi termasuk zat besi. Buah semangka juga mengandung vitamin  C tinggi, yang sekaligus bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara lebih cepat dan efisien.

6. Buah Plum Kering(Prune)

Plum kering memiliki kandungan serat yang tinggi, namun terkadang bisa membuatnya menjadi sulit untuk makan. Namun Anda bisa merendamnya selama semalaman dan dimakan keesokan harinya. Namun jangan membuang air rendamannya karena air rendaman prune mengandung nutrisi yang juga bermanfaat, And bisa menambahkannnya kedalam jus buah atau minuman segar lain.

Lihat juga :   Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

100 g plum kering mengandung 9 persen dari asupan zat besi yang disarankan.

7. Buah Blackberry

Blackberry kebanyakan diolah menjadi selai, yang banyak mengandung nutrisi dan antioksidan plus mineral termasuk zat besi.

8. Kismis

Kismis adalah buah anggur yang dikeringkan, umumnya dibuat sebagai topping roti atau ke basah lainnya. Kismis banyak mengandung nutrisi termasuk zat besi daripada banyak buah-buahan lainnya, sehingga sangat baik sebagai buah konsumsi untuk penambah darah.

Nah, demikian 8 buah yang paling banyak mengandung zat besi, sangat baik jika Anda masukkan sebagai makanan penambah darah

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *