Fakta Gizi dan Manfaat Putih telur bagi kesehatan

manfaat telur bagi kesehatanPada umumnya orang menganggap putih telur kurang bergizi, sehingga kebanyakan kurang tertarik untuk memanfaatkan atau mengkonsumsinya. Tak sedikit bahkan orang membuang putih telur, ketika telah diambil kuningnya untuk bermacam keperluan. Namun faktanya, putih telur ternyata tak kalah akan jumlah kandungan gizi, serta manfaatnya bagi kesehatan.

Advertisement

Banyak yang beranggapan hingga sekarang ini, jika telur adalah makanan penyumbang kolesterol dan lemak yang tinggi. Faktanya memang telur mengandung kolesterol, namun kolesterol tertinggi dalam telur adalah kolesterol baik (HDL). Dan lemak tertinggi dalam telur adalah lemak tak jenuh, justru  ini diperlukan oleh tubuh Kita. Jadi tak ada alasan bagi kita untuk menjauhi makan telur, asal jangan terlalu kebanyakan. Apapun yang terlalu banyak, dampaknya memang tidak akan baik juga.

Khusus untuk putih telur yang sering dipandang sebelah mata karena kurang menggairahkan, ternyata juga banyak mengandung gizi penting bagi kesehatan. Jadi jika Anda takut makan kuning telur karena kalori, Anda bisa menyisihkan kuningnya dan dapat mengambil putihnya saja . Apa saja sih gizi dan manfaatnya?.

Fakta Kandungan nutrisi dan manfaat putih telur bagi kesehatan

Kalori rendah

Satu butir telur yang berukuran besar hanya mengandung 71 kalori . Menurut data Self Nutrition, jika Anda membuang kuningnya, maka Anda sudah membuang 55 kalori dari sebutir telur. Hal itu berarti, putih telurnya saja hanya memberikan Anda 16 kalori.

Rendah lemak

Bagi yang diet rendah lemak, makan putih telur saja tak akan menyumbangkan lemak sedikitpun. Artinya, putih telur tidak mengandung lemak samasekali. Lemak hanya terdapat dalam kuning telur, yaitu sebesar 5 gr lemak, dan yang 2 gram-nya adalah lemak jenuh. Namun kadar lemak jenuh pada kuning telur hanya memenuhi sekitar 8 persen dari jumlah asupan yang disarankan sehari.

Mengandung Folat, selenium, kalsium

Folat adalah nutrisi yang sangat penting, terutama bagi ibu hamil untuk perkembangan otak yang sehat pada janin. Selenium bermanfaat sebagai atioksidan, yang akan menjaga kesehatan mata dan kulit, sementara  kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Dan putih telur mengandung 1,3 mcg folat, 6,6 mcg selenium, 2,3 mg kalsium, 3,6 mg magnesium, dan 4,9 mg fosfor.

Lihat juga :   Manfaat Keju bagi kesehatan

Tidak mengandung kolesterol.

Sebutir telur utuh mengandung kolesterol yang sangat tinggi, bahkan sebutir telur berukuran besar sudah cukup memenuhi kebutuhan kolesterol harian yang direkomendasikan. Total jumlah kolesterol dalam sebutir telur hanya terdapat didalam kuningnya saja, yaitu sebesar 213 mg . Kebutuhan normal kolesterol kita perhari adalah 300 mg, namun hanya boleh maksimal 200mg perhari, jika kita dengan diabetes atau gangguan kardiovaskuler. Belum lagi asupan kolesterol dari sumber makanan lain, yang hanya akan menambah kelebihan kolesterol.

Jika Anda takut makan telur hanya karena tak ingin semakin menambah jumlah asupan kolesterol harian Anda, maka Anda hanya cukup mengeluarkan kuning telur dan menikmati hanya putih telurnya saja.

Tinggi protein.

Menurut Mayo Clinic, putih telur adalah salah satu makanan yang kandungan proteinnya sangat tinggi setelah ayam, ikan, dan daging tanpa lemak. Separoh dari isi telur adalah protein, yaitu yang jumlahnya bisa mencapai 6 gram. Dan menurut self nutrition data, putih telur mengandung protein lebih dari separoh daripada kuningnya, yaitu sebesar 4 gram. Namun yang perlu diketahui adalah, nutrisi akan hilang jika kita megolah telur dengan cara menggorengnya. Menggoreng telur hanya akan semakin menambah kadar kolesterolnya saja.

Menjaga perut yang ideal

Nilai Kalori yang bisa diberikan oleh putih telur adalah 71 kalori. Ditambah dengan kandungan proteinnya yang tinggi, maka akan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Jadi telur tak selalu buruk , karena kita bisa memilih bagian mana yang bisa kita konsumsi lebih banyak. Sehingga dengan demikian, kita tak perlu takut dengan pembengkakan lingkar pinggang dan gangguan jantung karena makan telur.

Mengandung mineral penting

Putih telur mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti potasium, kalsium, fosfor dan seng. Protein alami dari putih telur ini juga baik untuk menghasilkan asam amino, yang berguna untuk pembentukan otot.

Lihat juga :   Manfaat Lidah Buaya

Protein putih telur lebih mudah diserap oleh tubuh

Protein lain yang berasal dari makanan seperti daging atau minuman, harus dipecah dulu oleh tubuh agar dapat diserap. Proses yang lama ini bisa menyebabkan tubuh kita akan menerima protein asli hanya sepertiganya saja dari jumlah total. Sementara itu, protein dari putih telur bisa seratus persen langsung diserap oleh tubuh.

Mengurangi berat badan

Makanputih telur di pagi hari akan memberikan tenaga bagi tubuh untuk membakar lemak dan kalori sementara juga akan membentuk otot. Penelitian yan dilaksanakan di Pennington Biomedical Research Center membuktikan bahwa, obyek penelitian yang mengonsumsi dua putih telur setiap pagi berat badannya berkurang hingga 65%,  dan merasa lebih berenergi daripada mereka yang hanya mengonsumsi roti biasa.

Putih telur bermanfaat untuk perawatan wajah

Kocok beberapa putih telur hingga berbusa, kemudian gunakan sebagai masker untuk wajah. Setelah kering, cuci wajah hingga bersih. Menggunakan masker putih telur akan memberikan manfaat bagi Kulit wajah, yaitu akan  terasa lebih kencang dan segar. Namun bagi yang alergi, sebaiknya jangan digunakan. Baca juga: Manfaat telur untuk kecantikan.

Untuk mengatasi luka bakar

Putih telur juga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan luka bakar. Caranya putih telur cukup dioleskan ke area tubuh yang kena panas/terbakar, kemudian hanya tunggu sampai kering. Jika masih terasa panas, putih telur bisa dioleskan kembali.

Cara menyimpan putih telur

Jika Anda tidak terburu untuk mengolah putih telur, Anda bisa menyimpannya untuk beberapa lama di freezer. Cara prakti menyimpan putih telur adalah dengan dituangkan ke dalam cetakan es dan dibekukan didalam freezer. Jika putih telur sudah menjadi bongkahan es, ambil dan masukkan kealam plastik dan simpan kembali kedalam freezer. Jika mau diolah/digunakan, keluarkan putih telur beku dari freezer,  dan simpan di kulkas semalam sampai mencair.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *