Gejala, Jenis, Pengobatan, & Penyebab Gagal Ginjal

Kita memiliki sepasang ginjal yang masing-masing terletak pada sisi tulang punggung  bagian bawah kiri dan kanan. Ginjal adalah Organ tubuh kita yang berperan penting dalam menyaring limbah dalam darah lalu membuangnya melalui urin, sehingga darah kita selalu murni tanpa racun dalam mengangkut oksigen dan nutrisi keseluruh sel-sel dalam tubuh.

Advertisement

Ginjal juga mengeluarkan hormon yang berperan untuk memproduksi sel darah merah, serta mengatur tekanan darah. Dengan demikian, gejala-gejala gagal ginjal akan terlihat terkait dengan masalah seperti wajah pucat karena kurang darah,  tekanan darah tinggi yang tak terkontrol, dan bengkak-bengkan pada kaki sebagai indikasi penumpukan racun yang banyak dalam darah. Baca lebih banyak ilmu yang bermanfaat ini agar kita terhindarkan dari penyakit yang menakutkan ini.

Apa sih Gagal ginjal? Gagal ginjal adalah kondisi ketika ginjal sudah tidak lagi dapat menjalankan fungsinya dalam menyaring limbah / racun dari dalam darah dengan baik. Ada banyak faktor yang bisa mengganggu fungsi dan kesehatan ginjal termasuk :

  • Paparan racun dari polusi atau efek penggunaan obat tertentu
  • Penyakit  kronis tertentu
  • Dehidrasi parah
  • Benturan/trauma pada ginjal

Ketika ginjal terganggu maka ia tidak bisa bekerja dengan baik secara rutin sebagaimana mestinya, sehingga tubuh kita akan mengalami kelebihan beban oleh racun ; hal ini rangkaianya akan menyebabkan gagal ginjal dan bisa menyebabkan kematian jika tak diobati.

Penyebab, gejala, pengobatan, jenis, diagnosa Gagal Ginjal

Untuk itu sangatlah penting melakukan tindakan prevetif supaya ginjal kita tidak terganggu serta selalu dapat bekerja dengan normal. Hal ini mengingat bahwa Gagal Ginjal parah tidak bisa di obati, selain harus rutin cuci darah/dialisis atau transplantasi ginjal untuk bisa bertahan hidup. Bahkan transplantasi pun tidak selalu berhasil, dan kalaupun berhasil pasien masih harus minum obat pasca operasi yang mungkin memiliki efek samping dan bisa serius.

Mengetahui Gejala/ciri-ciri, Penyebab, Jenis dan Pengobatan Gagal Ginjal:

Ada banyak gejala yang bisa muncul ketika seseorang mengalami gagal ginjal. Umumnya orang akan merasakan beberapa gejala yang timbul sebagai penyakit, namun bisa juga tidak merasakan gejalanya. Berikut gejala-gejala umum yang mungkin muncul pada pasien dari ringan sampai berat :

  • Jumlah urin berkurang
  • Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki
  • Rasa sesak napas
  • Kelelahan dan mengantuk berlebihan
  • Muka pucat
  • Mual-mual
  • Merasa kebingungan
  • Merasa sakit atau tekanan di dada
  • Kejang
  • Koma

Penyebab Gagal Ginjal

Orang bisa mengalami gagal ginjal oleh satu atau lebih dari beberapa penyebab berikut:

Hilangnya supply darah ke ginjal

Supply darah je ginjal bisa hilang oleh beberapa penyebab yaitu penyakit jantung dan serangan jantung, dehidrasi, sakit liver, reaksi alergi parah, luka bakar parah dan infeksi parah.

Lihat juga :   Manfaat bawang putih untuk pengobatan

Masalah pembuangan urin

Apabila tubuh tidak bisa membuang urin dengan baik maka hal ini akan mebuat racun menumpuk dan membebani ginjal. Beberapa jenis kanker bisa menyumbat saluran urin, seperti kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker leher rahim, dan kanker usus. Hal lain yang bisa menyumbat saluran urin dan bisa menyebabkan gagal ginjal adalah batu ginjal, pembengkakan prostat, dan gangguan syaraf yang mengontrol kandung kemih.

Baca Juga : Minum air putih cukup untuk mencegah gagal ginjal

Penyebab lain termasuk penyakit, racun, dan obat-obatan

Kelebihan paparan racun dan logam berat akibat polusi, penggunaan obat-obatan, efek samping antibiotik tertentu, obat kanker(kemoterapi) dan alk*hol adalah penyebab dari luar. Sementara penyebab lain yang ditimbulkan oleh kondisi tertentu seperti penggumpalan darah disekitar ginjal, penyakit lupus, diabetes yang tidak terkendali, penyumbatan  oleh gumpalan darah di pembuluh darah kecil, peradangan pembuluh darah kecil pada ginjal, skleroderma(autoimun kulit), dan kanker sel sumsum.

Jenis-jenis Gagal Ginjal

Ada 5 jenis gagal ginjal yang diketahui, yaitu:

Gagal ginjal prerenal akut: Adalah  gagal ginjal yang disebabkan karena aliran darah yang menuju ginjal kurang/tidak cukup, sehingga ginjal tidak bisa menyaring racun dari dalam darah. Jenis gagal ginjal ini biasanya bisa disembuhkan setelah Anda berobat kedokter dan menemukan apa penyebab aliran darah bisa berkurang.

Gagal ginjal intrinsik akut: Jenis ini yang disebabkan oleh trauma secara langsung pada ginjal, misalnya benturan fisik atau kecelakaan. Hal ini juga termasuk karena paparan racun yang berlebihan dan kondisi iskemia(kurangnya oksigen ke ginja). Pendarahan parah, syok, obstruksi pembuluh darah ginjal, dan gagal ginjal prerenal kronis bisa menyebabkan iskemia. Apabila darah yang mengalir ke ginjal tidak cukup dalam jangka waktu lama, maka ginjal akan mulai menyusut dan mulai kehilangan kemampuannya untuk berfungsi.

Gagal ginjal intrinsik kronis: Jenis ini terjadi apabila ada kerusakan jangka panjang akibat penyakit ginjal intrinsik, yang disebabkan oleh trauma langsung pada ginjal, sehingga terjadi pendarahan parah atau kekurangan oksigen.

Gagal ginjal pasca ginjal kronis: Penyumbatan saluran kemih yang membuat buang air kecil terhambat lambat laun akan menyebabkan tekanan pada ginjal dan akhirnya membuat ginjal rusak.

Cara Dokter Mendiagnosa Gagal Ginjal

Ada beberapa test yang bisa digunakan dokter untuk mendiagnosa jika terjadi gagal ginjal, yakni:

Memeriksa sampel urin: Dokter akan mengambil sampel urin dan memeriksanya dilaboratorium untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan termasuk gula dan protein kedalam urin yang tidak biasanya. Hal ini juga bisa memeriksa endapan urin dari kemungkinan adanya sel darah merah dan putih untuk  melihat tingkat bakteri.

Lihat juga :   Cara Alami cepat menyembuhkan flu dan demam

Melihat volume urin: Ini adalah uji yang sederhana, jika urin keluaran rendah maka menunjukkan adanya penyumbatan oleh penyakit dan cedera.

Uji sampel darah: Ini untuk melihat zat yang disaring oleh ginjal seperti urea darah dan kreatinin. Peningkatan zat ini dalam darah menunjukkan gagal ginjal akut.

Scanning: MRI atau CT Scan akan memberikan gambaran ginjal dari pasien yang diperiksa, yang bisa digunakan dokter untuk melihat kemungkinan kelainan atau penyumbatan pada ginjal.

Biopsi: Biopsi adalah mengambil sampel jaringan dari ginjal untuk mengetahui normal atau tidaknya ginjal atau kemungkinan ada organisme menular.

Cara Pengobatan Gagal Ginjal:

Cuci Darah Rutin sesuai jadwal dokter: Cuci darah adalah proses penyaringan darah supaya bersih dari zat-zat racun dan lainnya mengunakan mesin yang  menggantikan fungsi ginjal disebut dialisis. Hal ini tergantung dari dialisis, anda bisa diberikan mesin dialisis yang besar atau mesin yang portabel. Selain cuci darah, pasien mungkin juga diharuskan mengikuti diet rendah kalium dan garam.

Cuci darah tidak menyembuhkan gagal ginjal, tapi hanya memperpanjang hidup jika dilakukan secara rutin.

Transplantasi ginjal: Ginjal akan diganti dari ginjal donor yang cocok untuk pasien, sehingga mungkin bisa menunggu lama untuk mendapatkannya. Pun, transplanasi ginjal tidak selalu berhasil dan masih harus minum obat pasca operasi.

Cara Pencegahan Gagal Ginjal

Dengan demikian, betapa pentingnya menjaga kesehatan ginjal yang amat vital bagi tubuh kita. Untuk mencegah gagal ginjal, pertama jangan minum obat tanpa resep dokter sembarangan atau minum jamu yang tidak jelas. Mengambil dosis obat misalnya yang paling umum saja seperti aspirin(penghilang rasa sakit) yang terlalu tinggi dapat membuat kadar racun dalam darah meningkat dalam waktu singkat. Hal ini dapat membebani ginjal yang bisa membuat gagal ginjal.

Kita juga harus mengurangi paparan bahan kimia seperti pembersih rumah tangga, temb*kau, pestisida, serta produk-produk beracun lainnya.

Banyak gangguan ginjal atau gangguan pada saluran kemih yang berakhir menjadi gagal ginjal ketika  tidak dirawat dengan baik. Jika harus minum obat, selalu ikuti petunjuk minum obat dengan benar sesuai saran dan yang diresepkan dokter, terakhir selalu menjalankan gaya hidup sehat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *