Khasiat Manfaat Lada Hitam

khasiat manfaat lada hitamLada hitam adalah jenis rempah-rempah spesial yang terkenal sejak zaman kuno. Lada adalah tanaman asli dari hutan hujan tropis dinegara India Selatan, Kerala, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Advertisement

Lada adalah salah satu tanaman dari keluarga Piperaceae dari genus piper, dan memiliki sebutan ilmiah Piper nigrum. Lada adalah tanaman merambat, yang memiliki buah berbentuk kecil dan bulat. Buah lada adalah buah berbiji tunggal, dan berukuran sekitar 5 mm.

Beberapa jenis warna merica yang ditemukan di pasar sebenarnya adalah buah yang sama, namun berbeda dalam hal kematangan atau karena metode pengolahan tertentu. Umumnya, merica dipanen ketika masih setengah matang, selanjutnya akan berubah menjadi merah. Selanjutnya kada dijemur  hingga kering di bawah sinar matahari, yang pada akhirnya akan mengerut dan berubah warna menjadi hitam. Lada putih diambil saat buah telah masak, dan kemudian direndam didalam air garam untuk menghilangkan kulit luar yang gelap, dan akhirnya yang tinggal hanya warna putih biji merica .

Lada hitam memiliki rasa pedas yang kuat, karena minyak atsiri seperti piperin. Minyak atsiri akan menguap jika disimpan di udara terbuka dalam waktu yang lama.

Merica yang tumbuh dihutan hujan terutama Indonesia memang mirip dengan lada hitam, namun memiliki perbedaan karakteristik pada tangkainya. Serta memiliki rasa yang khas dan kaya minyak esensial seperti monoterpen dan cubebene.

Khasiat Manfaat lada Hitam bagi kesehatan

Lada termasuk dalam daftar tanaman yang memiliki kandungan senyawa kimia yang mengesankan, dan diketahui memiliki manfaat pencegahan penyakit dan mendukung kesehatan. Lada telah lama dipergunakan sebagai bahan pengobatan, karena sifatnya yang anti inflamasi, karminatif, serta anti kembung.

Mengandung minyak esensial

Lada hitam memiliki manfaat kesehatan karena mengandung minyak esensial seperti piperine, amina alkaloid, yang memberikan rasa pedas pada lada. Selain itu jutga mengandung berbagai monoterpen hidrokarbon seperti sabinene, pinene, terpenene, limonene, mercene, dll, yang menghasilkan aroma lada.

Lihat juga :   Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan

Menguatkan pencernaan

Berbagai zat aktif yang disebutkan di atas pada lada dapat meningkatkan motilitas usus, serta menguatkan pencernaan dengan jalan meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Juga ditemukan bahwa piperin dalam lada dapat membantu meningkatkan penyerapan selenium, vitamin B-kompleks, beta-karoten, serta nutrisi lain dari makanan.

Sumber mineral penting

Merica hitam mengandung mineral dalam jumlah yang baik, seperti kalium, kalsium, seng, mangan, besi, dan magnesium. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan tubuh untuk bekerjasama dengan enzim antioksidan, superoksida dismutase. Zat Besi sangat penting untuk respirasi sel dan produksi sel darah.

Sumber vitamin B kompleks

Lada hitam juga merupakan sumber yang sangat baik dari kelompok vitamin B kompleks penting,  seperti piridoksin, riboflavin, thiamin dan niacin.

Sumber antioksidan

Lada juga merupakan sumber yang baik anti oksidan dari vitamin, seperti vitamin C dan vitamin A . Tak cukup hanya itu, lada hitam juga kaya akan antioksidan polifenol flavonoid , seperti karoten, cryptoxanthin, zea-xanthin dan likopen. Senyawa-senyawa ini akan membantu tubuh untuk menghilangkan radikal bebas berbahaya serta membantu melindungi tubuh dari kanker.

Memperoleh lada, penyimpanan, penggunaan dan keamanan lada hitam

Lada Hitam tersedia sepanjang tahun. Namun, membeli lada hitam juga harus teliti, karena tak jarang banyak dipalsukan.

Lada dapat disimpan pada suhu kamar selama bertahun tahun ketika masih utuh, dan dapat digiling ketika akan dipergunakan. Namun lada bubuk harus disimpan didalam lemari es dalam wadah yang kedap udara.

Penggunaan lada hitam untuk pengobatan

  1. Lada hitam telah digunakan dalam terapi dalam kedokteran gigi sebagai antiseptik, untuk mencegah pembusukan gigi dan pembengkakan gusi.
  2. Lada hitam juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati perut kembung dan gangguan pencernaan. Namun, ini masih belum ditemukan data secara klinis.
  3. Menambah stamina, bubuk lada bisa dicampurkan kedalam telur setengah matang.
Lihat juga :   Manfaat Sereh untuk Kesehatan

Untuk memasak

Lada hitam adalah salah satu rempah-rempah yang paling banyak digunakan pada hampir semua jenis masakan. Untuk menjaga aroma dan rasanya agar tetap utuh, umumnya lada ditambahkan pada akhir resep. Memasak lada yang terlalu lama akan menguapkan minyak esensial, jadi ini tentu akan merugikan manfaatnya .

Peringatan keamanan

Hidangan yang disajikan dengan jumlah lada hitam yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan, serta pendarahan pada lambung penderita maag. Oleh karena itu, resep yang menggunakan lada harus dihindari oleh individu yang menderita sakit maag, ulcerative colitis, dan kondisi diverticulitis.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Khasiat Manfaat Lada Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *