Khasiat Manfaat Royal Jelly

Khasiat Manfaat royal jellyManfaat royal jelly bagi kesehatan secara luas sudah banyak dikenal, dan universitas di seluruh dunia pun sedang mempelajari lebih banyak mengenai manfaat kegunaan royal jelly lebih banyak lagi. Royal jelly adalah zat yang hanya diproduksi oleh lebah, kualitas tinggi dari madu lebah.

Advertisement

Royal jelly terutama berguna untuk meningkatkan vitalitas tubuh secara keseluruhan, serta membantu untuk menyeimbangkan hormon. Royal jelly juga baik untuk membantu gangguan tidur, dan  memulihkan kembali energi secara lebih cepat setelah habis kerja seharian. Selain itu, bantuan royal jelly terhadap kulit agar senantiasa sehat dan bersinar.

Berikut ini Khasiat Manfaat royal jelly bagi Kesehatan Royal Jelly,  yang didukung oleh penelitian para ilmuwan:

Mengandung Antioksidan tinggi

Antioksidan adalah kemampuan untuk membersihkan tubuh oleh hasil zat hasil oksidasi yang bersifat racun. Dan royal jelly banyak mengandung antioksidan penting, agar terhindar dari efek buruk seperti  kanker, penyakit jantung dan kondisi degeneratif lainnya. Tetapi para ilmuwan telah menemukan makanan tertentu juga mengandung  sejumlah besar antioksidan, seperti sayuran, tomat dll.

Royal Jelly kebetulan juga menjadi salah sumber antioksidan yang baik. Sebagaimana dilaporkan dalam Journal of Agricultural Food Chemistry pada tahun 2008, Royal Jelly mengandung beberapa zat antioksidan dengan jumlah yang sangat tinggi.

Menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh

Karena Royal Jelly diindikasikan memiliki potensi immuno-modulator bagi manusia, sekelompok ilmuwan di University of the Ryukyus di Jepang melakukan penelitian untuk menentukan apakah Royal Jelly bisa mengubah perkembangan autoimunitas sistemik pada tikus.

Autoimunitas adalah keadaan di mana sistem kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Penyakit seperti Rheumatoid Arthritis dan banyak alergi adalah salah satu gangguan akibat autoimun.

Tikus-tikus secara genetik cenderung untuk mengidap Lupus, merupakan jenis gangguan auto imun yang serius.

Selama studi, para ilmuwan menemukan bahwa tikus yang diberikan royal jelly mendapat penundaan yang signifikan mengidap Lupus, dan hidup jauh lebih lama dibandingkan tikus yang tidak mendapatkan royal jelly.

Namun manusia bukan seperti  tikus, namun penelitian ini mendukung banyak testimonial dari orang-orang yang telah melaporkan menggunakan Royal Jelly untuk meningkatkan keseimbangan sistem kekebalan tubuh mereka .

Peningkatan Fungsi Otak

Penelitian yang dilakukan Gifu Pharmaceutical University di Jepang telah memberikan penjelasan tentang kaitan royal jelly dengan peningkatan fungsi otak.

Lihat juga :   Jenis lemak yang baik dan yang buruk bagi kesehatan

Para ilmuwan memberi makan pada tikus senyawa beracun yang dirancang untuk mematikan sel-sel otak,  dan kemudian memberi mereka Royal Jelly. Dan ilmuwan  menemukan bahwa royal jelly bukan hanya melindungi otak, tetapi juga merangsang fungsi kognitif dan perbaikan ke otak.

Perlindungan terhadap Liver

Royal jelly memiliki kemampuan untuk melindungi liver. Para ilmuwan di University of Erciyes, Turki memberi makan royal jelly pada tikus yang telah diberi racun liver. Mereka menemukan bahwa pemberian royal jelly dapat melindungi tikus dari racun yang telah diberikan. Efek perlindungan diketahui setelah 7 hari, yang diperlihatkan dengan ditandainya pada jaringan liver yang terkena.

Anti Peradangan

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya,  seperti penyakit Alzheimers, arthritis dan bahkan beberapa jenis kanker.

Para ilmuwan di Laboratorium Biokimia Hayashibara di Jepang menguji aktivitas anti-inflamasi dari Royal Jelly. Para ilmuwan menemukan bahwa pemberian Royal Jelly menekan senyawa pro inflamasi, dan menyimpulkan bahwa RoyalJelly memiliki sifat anti inflamasi.

Jadi, jika ada riwayat penyakit jantung atau penyakit Alzheimer dalam keluarga Anda, Royal Jelly atau suplemen royal jelly sangat baik untuk menekan resiko tersebut.

Penyembuhan luka pada Kulit

Para ilmuwan di Departemen Farmakologi, Nihon University di Jepang menguji apakah Royal Jelly dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Para ilmuwan memberikan makan tikus harian sejumlah royal jelly ,  dan menemukan aktivitas anti-inflamasi dari royal jelly dengan mengurangi eksudasi dan pembentukan kolagen. Royal jelly juga memperpendek masa penyembuhan dari lesi kulit, sehingga para ilmuwan menyatakan jika Royal jelly mampu meningkatkan terhadap penyembuhan luka.

Hal ini tidak mengherankan bagi kita yang telah lama menggunakan royal jelly untuk kesehatan kulit selama bertahun-tahun. Royal Jelly mengandung nutrisi tertentu dan nitrisi yang mendukung peremajaan kulit,  seperti flavonoid, asam nukleat, asam dekanoat, enzim, dan hormon.

Royal jelly mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kolin asetil-dan seng, yang semuanya sangat baik untuk kulit. Studi menunjukkan bahwa asam yang ditemukan pada Royal Jelly berkontribusi pembetukan kolagen.

Mengontrol Gula Darah dan Diabetes

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa royal jelly memiliki aktivitas yang baik untuk insulin. Namun, ada sejauh ini masih belum ada uji klinis yang  mendukung temuan ini. Sekelompok dokter Jerman di Rumah Sakit Justus Liebig-University Jerman telahmelakiukan penelitian terhadap dua puluh relawan dengan menjalani tes toleransi standar glukosa oral (OGTT) dan setelah sebuah OGTT kedua setelah konsumsi 20 g royal jelly. Para dokter menemukan bahwa,  setelah 2 jam,  serum kadar gula 20 relawan yang mengkonsumsi 20g royal jelly jauh lebih rendah, daripada saat mereka belum mengkonsumsinya.

Lihat juga :   Cara sehat mengatasi sulit buang air besar

Osteoporosis

Sekelompok ilmuwan Jepang meyakini jika Royal Jelly  memiliki efek menguntungkan bagi penderita osteoporosis.

Setelah melakukan studi pada tikus dan dalam tabung reaksi, para dokter menemukan bahwa Royal jelly dapat mencegah osteoporosis dengan cara meningkatkan penyerapan kalsium pada usus, sehingga menjadi pencegahan yang efektif untuk osteoporosis.

Jadi masuk akal jika melengkapi asupan kalsium dan vitamin D dengan royal jelly, jika Anda menderita osteoporosis atau keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini. Menurut studi ini, royal jelly akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium,  dan pada akhirnya kalsium akan cepat masuk kedalam struktur tulang Anda.

Kanker Pay*d ara

Sekelompok ilmuwan di Universitas Kyushu Jepang meyakini efek perlindungan dari Royal Jelly terhadap resiko kanker pay* d ara. Studi ini menemukan bahwa Royal jelly dapat menghambat pertumbuhan sel kanker oleh akibat yang diperoleh dari lingkungan. Kita semua setiap hari terkena puluhan penyebab kanker estrogen melalui lingkungan kita, bisa melalui air yang kita minum, kosmetik, kimia plastik dan dari makanan kita. Kita mungkin dituntut lebih bijaksana untuk melindungi diri dari penyebab kanker ini dengan mengkonsumsi royal jelly.

Mengontrol kadar Kolesterol

Sekelompok peneliti di Jepang memeriksa efek dari Royal Jelly terhadap kadar kolesterol darah pada 15 relawan.

Mereka memberi setengah relawan dengan 6 gram Royal Jelly per hari selama 4 minggu. Relawan yang mengkonsumsi royal jelly diketahui  jumlah low-density lipoprotein (LDL)  menurun secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi royal jelly.

Jadi jelas bahwa Royal Jelly dapat menurunkan kolesterol jahat, namun tidak merugikan jumlah kolesterol baik. Luarbiasa!

Jadi Jika Anda diketahui memiliki kadar LDL atau kolesterol jahat yang tinggi, mungkin Royal Jelly adalah pilihan yang aman untuk menurunkannya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *