Khasiat Manfaat Tomat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tomat merupakan tanaman buah sayur yang sudah sangat populer didunia. Kalau di Indonesai, biasanya membuat sambel tanpa tomat rasanya kurang lengkap, bikin sup tanpa tomat juga terasa kurang pas. Dimakan mentah enak, dijus juga rasanya segar. Harga tomat yang terjangkau dan mudah didapatkan, karena tomat tak terlalu sulit dibudidayakan dan mudah berbuah lebat didaerah tropis seperti negeri tercinta ini. Tapi meskipun tergolong gampang didapat, banyak orang yang kurang suka makan tomat sebagai buah atau jus, padahal manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan sungguh luarbiasa!

Advertisement

Berikut Khasiat Manfaat Tomat yang Begitu besar bagi Tubuh:

Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan

 

Tomat Kaya akan Vitamin C, Meningkatkan kekebalan tubuh

Ingin sehat dari makanan tak perlu jauh-jauh, buat tomat yang familier ini ternyata kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Secara umujm buah tomat dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C , yang baik  dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membuat Cantik dan Awet Muda

Ternyata kandungan nutrisi bermanfaat pada tomat bukan hanya itu saja sobat, karena menurut penelitian, tomat juga sumber lycopene yang terbukti dapat mencegah kerut dan bintik hitam akibat sinar matahari. Lycopene adalah senyawa antioksidan yang tergolong ampuh, sehingga lebih efektif untuk memperlabat proses penuaan pada kulit akibat sinar matahari. Ingin merawat kecantikan?,, tak usah jauh-jauh karena lycopene pada tomat akan senantiasa menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Lycopene bisa menjadi perisai terhebat dalam menangkal serangan dari luar yang dapat meyebabkan kerusakan kulit akibat efek radikal bebas. Menurut para pakar kecantikan, makan pasta tomat yang dicampur dengan minyak zaitun, yang dilakukan rutin selama 10 minggu yanhg ditambahkan  kedalam menu sehari-hari dapat mencegah penuaan dan kerutan pada kulit.

Tomat pencegah penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Rowett Research Institute, Aberdeen Skotlandia mendapatkan manfaat tomat yang dapat mencegah penggumpalan darah penyebab utama  penyakit jantung dan stroke. Coba perhatikan biji tomat, biji tomat terlihat diselimuti lapisan tipis berwarna kuning seperti gel. Gel tersebut menurut penelitian ternyata dapat menjaga platelet, yaitu partikel kecil yang dijumpai pada plasma darah dan pembekuan darah hasil dari proses penggumpalan. Dengan demikian, maka hal itu dapat menghilangkan pembekuan yang mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Lihat juga :   Manfaat Kubis bagi kesehatan

Tomat juga tinggi serat, kalium, vitamin C, dan  kolin yang semuanya mendukung untuk kesehatan  jantung.

Tomat juga mengandung folat, yang membantu untuk menyeimbangkan kadar homosistein, yaitu asam amino yang dihasilkan oleh pemecahan protein yang dikatakan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Pengaturan kadar homosistein oleh folat akan mengurangi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Kalium yang tinggi tak hanya dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, tetapi juga dikenal melindungi otot dari kerusakan, menjaga kepadatan mineral tulang, serta  mengurangi produksi batu ginjal .

Mencegah kanker

Selain berguna untuk mencegah terjadinya penuaaan dini kulit, Lycopene pada tomat juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Manfaat ganda bisa sobat peroleh dengan mengkonsumsi buah tomat, untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sekaligus juga mencegah penyakit lainnya.

Vitamin C bekerja sebagai antioksidan bersama dengan lycopene dan lain-lainnya. Dengan demikian tomat dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas. yang sudah diketahui menyebabkan kanker.

Hasil studi yang disiarkan dalam jurnal Molecular Cancer Research, asupan tinggi beta-karoten terkait menangkal tumor penyebab kanker prostat. Tomat juga mengandung tinggi beta-karoten, zat yang memberikan warna khas pada tomat termasuk lycopene.

Sebuah studi yang meneliti penduduk Jepang menunjukkan bahwa konsumsi beta-karoten dapat mengurangi risiko kanker usus besar . Sementara Asupan serat dari konsumsi buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan menurunkan risiko kanker kolorektal.

Lycopene adalah polifenol, atau senyawa nabati yang telah dikaitkan dengan pencegahan kanker prostat.

Menjaga Tekanan Darah yang Sehat

Mengatur asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Sementara meningkatkan asupan kalium juga sama pentingnya dengan itu karena efeknya untuk pelebaran arteri dan mengendalikan dampak buruk natrium. Baca juga : Gejala umum tekanan darah tinggi / Hipertensi

Mencegah Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang kian marak saja, bahkan sekarang tak hanya didominasi kalangan orang tua saja. Gaya hidup yang buruk salah satu penyebabnya, adalah kurangnya asupan nutrisi dan antioksidan dari makan buah dan sayur – orang lebih memilih junkfood dan mamin olahan yang sarat zat berbahaya sekaligus minim nutrisi.

Lihat juga :   Manfaat Buah delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan serat tinggi serta berbagai vitamin dan mineral penting dalam tomat menurunkan risiko penyakit diabetes type 1 dan 2, jika disertai dengan olahraga teratur plus diet sehat dan seimbang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Satu cangkir tomat menyediakan sekitar 2 g serat.

Mencegah Sembelit

Asupan makanan yang tinggi kadar air dan serat seperti buah tomat bisa membantu mencegah dehidrasi serta mendukung pergerakan usus yang normal. Serat membantu mengumpulkan limbah feses dan mengeluarkan semua tanpa sisa sehingga membantu mengurangi sembelit .

Kesehatan Mata

Sudah berulang disebutkan diatas bahwa Tomat merupakan sumber kaya likopen, juga lutein, dan beta-karoten. Kesemuanya merupakan zat antioksidan kuat yang terbukti melindungi mata dari kerusakan, katarak, dan  degenerasi makula.

Beta-karoten dalam tomat merupakan bentuk dari vitamin A, yang sudah lama dikenal melindungi kesehatan mata.

Bagaimana Tomat bagi wanita hamil?

Folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan terutama saat Ibu sedang hamil terutama untuk melindungi bayi dari cacat tabung saraf. Tomat adalah sumber folat alami yang baik selain telur, hati, dan daging yang bisa sebagai tambahan dari asupan buah sehat selama kehamilan.

Kandungan Nutrisi Tomat

Tomat mengandung serat , kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A, dan antioksidan termasuk alpha lipoic acid, lycopene, kolin,  folat, beta karoten, zea xhantin, dan lutein.

Memasak Tomat bisa meningkatkan jumlah  zat antioksidan:

Tomat memang enak walaupun dimakan pada saat masih segar, akan tetapi jika memungkinkan, sebaiknya tomat dikonsumsi setelah dimasak daripada yang masih mentah. Hal ini bukan tanpa alasan, karena setelah tomat dimasak, justru kandungan  lycopene akan meningkat hingga 4 kali lipatnya!.

Makan Tomat mentah/segar baik sebagai jus atau buah-buahan juga bagus:

Cara menyajikan Tomat sebagai jus tomat , dan diminum setiap hari,  maka Anda akan mendapatkan lycopene dan vitamin C. Selain bisa didapatkan pada tomat, lycopene juga bisa sobat peroleh melalui produk suplemen. Namun mengkonsumsi lycopene dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. jadi, sepertinya lebih baik jika mendapatkan lycopene secara langsung dari buah tomat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *