Khasiat Manfaat Tomat

Tomat merupakan tanaman buah sayur yang sudah sangat populer didunia. Membuat sambel tanpa tomat kurang lengkap, bikin sup tanpa tomat juga kurang pas. Dimakan mentah enak, dijus juga rasanya segar. Harga tomat yang terjangkau dan mudah didapatkan, karena tomat tak terlalu sulit dibudidayakan dan mudah berbuah lebat.

Advertisement

Khasiat manfaat tomat dapat mencegah penuaan kulit, sekaligus  berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Khasiat Manfaat TomatIngin sehat dari makanan tak perlu jauh-jauh, buat tomat yang familier ini ternyata kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Secara umujm buah tomat dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C , dan baik untuk dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ternyata kandungan nutrisi bermanfaat pada tomat bukan hanya itu saja sobat, karena menurut penelitian, tomat juga sumber lycopene yang terbukti dapat mencegah kerut dan bintik hitam akibat sinar matahari. Lycopene adalah senyawa antioksidan yang tergolong ampuh, sehingga lebih efektif untuk memperlabat proses penuaan pada kulit akibat sinar matahari. Ingin merawat kecantikan?,, tak usah jauh-jauh karena lycopene pada tomat akan senantiasa menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Lycopene bisa menjadi perisai terhebat dalam menangkal serangan dari luar yang dapat meyebabkan kerusakan kulit akibat efek radikal bebas. Menurut para pakar kecantikan, makan pasta tomat yang dicampur dengan minyak zaitun, yang dilakukan rutin selama 10 minggu yanhg ditambahkan  kedalam menu sehari-hari dapat mencegah penuaan dan kerutan pada kulit.

Tomat memang enak walaupun dimakan pada saat masih segar, akan tetapi jika memungkinkan, sebaiknya tomat dikonsumsi setelah dimasak daripada yang masih mentah. Hal ini bukan tanpa alasan, karena setelah tomat dimasak, justru kandungan  lycopene akan meningkat hingga 4 kali lipatnya!.

Lihat juga :   Manfaat Buah Alpokat untuk kesehatan

Cara menyajikan Tomat sebagai jus tomat , dan diminum setiap hari,  maka Anda akan mendapatkan lycopene dan vitamin C. Selain bisa didapatkan pada tomat, lycopene juga bisa sobat peroleh melalui produk suplemen. Namun mengkonsumsi lycopene dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. jadi, sepertinya lebih baik jika mendapatkan lycopene secara langsung dari buah tomat.

Selain berguna untuk mencegah terjadinya penuaaan dini kulit, Lycopene pada tomat juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Manfaat ganda bisa sobat peroleh dengan mengkonsumsi buah tomat, untuk menjaga kesehatan kulit wajah, sekaligus juga mencegah penyakit lainnya.

Tomat pencegah penyakit penggumpalan darah penyebab sakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh Rowett Research Institute, Aberdeen Skotlandia mendapatkan manfaat tomat yang dapat mencegah penggumpalan darah penyebab utama  penyakit jantung dan stroke. Coba perhatikan biji tomat, biji tomat terlihat diselimuti lapisan tipis berwarna kuning seperti gel. Gel tersebut menurut penelitian ternyata dapat menjaga platelet , yaitu partikel kecil yang dijumpai pada plasma darah dan pembekuan darah hasil dari proses penggumpalan. Dengan demikian, maka hal itu dapat menghilangkan pembekuan yang mengakibatkan penghambatan pembuluh darah .

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *