Makanan sehat untuk anak-anak usia sekolah

Advertisement

makanan sehat untuk anakAda sekitar setengah dari semua anak makan siang ketika mereka disekolah, termasuk makanan kecil baik yang dibawa dari rumah maupun dibeli pada kantin atau penjual makanan disekitar sekolah. Namun kebanyakan anak menyukai ketika ia membeli makanan kecil disekolah yang terbungkus maupun tidak. Tapi sayangnya, banyak makanan yang dijual, baik dibungkus maupun tidak ternyata tidak sehat bagi anak. Bahkan sebagian bisa dikategorikan mengandung bahan kimia yang tak baik bagi perkembangan mereka.

Menurut Food Standard’s Agency study, sembilan dari 10 Makanan berbungkus mengandung makanan tinggi gula, garam,pengawet,pewarna dan lemak jenuh dan kurang dari setengahnya yang  mengandung buah. Untuk itu, sebaiknya anak kecil diberi bekal makanan dari rumah yang lebih sehat, dimana mereka sedang banyak membutuhkan nutrisi baik untuk masa perkembangan mereka.

Berikut adalah paket makan siang yang bergizi bagi anak-anak Anda, sekaligus aman demi kesehatan dan perkembangannya:

Roti Gandum

Roti gandum yang diberi selai kacang , pisang atau keju rendah lemak dan tomat

Menambahkan Sayuran

Sayuran seperti wortel yang dicincang, jagung, brokoli,bayam,kacang polong dan kentang panggang bisa ditambahkan kedalam menu makan anak. Wortel tinggi serat, vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Menambahkan Ikan pada makanan

Ikan Tuna merupakan makanan sehat, selain itu ikan tuna adalah ikan yang banyak disukai anak-anak. Ikan tuna kalengan bisa menjadi pilihan karena lebih rendah merkuri. Namun makan ikan tuna perlu dibatasi hanya maksimal 2 porsi seminggu. Ikan tuna merupakan sumber protein dan menyediakan asam lemak esensial omega-3 dan banyak mengandung vitamin dan mineral.

Menambahkan telur

Sebagian besar ahli gizi kini setuju bahwa telur dapat menjadi bagian yang sehat dari diet Andak Anda. Telur adalah sumber protein yang baik,  dan mengandung beberapa zat besi dan banyak vitamin dan mineral lainnya. Telur memang mengandung kolesterol, tetapi lebih banyak lemak tak jenuh yang ini justru diperlukan tubuh. Telur setiap hari juga baik untuk kebanyakan anak-anak.

Sereal

Ganti kue seperti biskuit atau cokelat dengan roti atau sereal yang rendah gula (periksa pada label). Sereal gandum diperkaya kalsium dan telah diambahkan serat. Tergantung dari diet anak Anda, Anda juga bisa mencari sereal untuk sarapan yang diberi  zat besi dan mineral tambahan lainnya.

Menambahkan dua porsi buah

Meskipun bukan apel atau buah pir, untuk menambah variasi bisa diberikan buah anggur, salad buah, sepotong melon, sekotak kecil kismis atau sekaleng jus buah.

Minuman

Ganti minuman soda dengan jus buah tanpa gula, susu semi-skim atau minuman yoghurt tanpa gula yang rendah lemak. Jangan lupa tetap menambahkan air mineral/air putih yang cukup.

Buah segar

Potong buah menjadi potongan yang seukuran gigitan  anak-anak, agar mereka lebih mudah untuk memakannya,  atau membeli irisan buah segar yang mungkin mudah didapat ditempat Anda.

Buah kering

Buah kering seperti , keripik buah yang diopen, kismis atau makanan kecil dalam kemasan dari buah.

Camilan

Popcorn yang dibuat tanpa garam atau gula bisa menjadi camilan sehat bagi anak.

Makanan tepat atau gizi seimbang selain menambah kesehatan/vitalitas yang menunjang pertumbuhan anak, juga dapat meningkatkan kesehatan otak dan berkaitan dengan daya ingat, konsentrasi.

Advertisement