Makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah

khasiat pare untuk kesehatanBagi penderita diabetes, menjaga keseimbangan pola makan adalah hal yang mutlak harus dilakukan. Selain menghindari makanan yang dapat memicu lonjakan gula darah, yang tak kalah penting bagi penderita diabetes adalah mengetahui makanan yang dapat menurunkan gula darah. Dengan demikian kadar gula darah akan terjaga dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai keluhan yang terkait dengan penyakit diabetes.

Advertisement

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes:

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, dan juga serat, sehingga akan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh tanpa mendapat efek samping peningkatan kadar gula darah. Terutama kacang kedelai yang sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal ini karena kedelai memiliki indeks glisemik rendah, artinya tidak akan menyebabkan naiknya gula darah secara drastis.

Ikan laut berlemak

Ikan laut jenis berlemak merupakan pilihan yang bagus bagi penderita diabetes yang menyukai makan ikan. Ikan salmon atau ikan tuna adalah jenis ikan laut yang diketahui banyak mengandung asam lemak omega-3. Mengkonsumsi asam lemak omega-3 dikenal juga akan manfaatnya untuk menurunkan level trigliserida dalam darah, serta dapat meredakan inflamasi. Karena asam lemak omega-3 bermanfaat juga untuk membantu melancarkan peredaran darah, maka secara tidak langsung juga membantu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah.

Apel

Apel adalah salah satu jenis buah sehat yang diketahui mengandung zat aktif bernama kuersetin, yakni yang dapat membantu untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Menurut sebuah penelitian di Finlandia, orang yang banyak mengonsumsi buah apel, serta makanan lain yang tinggi kuersetin berisiko lebih rendah 20%  terhadap penyakit diabetes dan serangan jantung. Buah-sayuran yang mengandung tinggi kuersetin lainnya seperti tomat, sayuran berdaun hijau, dan anekah jenis buah beri.

Lihat juga :   Daftar makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Pare

Buah pare yang rasanya pahit sebenarnya telah populer dikenal dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini karena kandungan kalsium yang tinggi dalam buah pare, yang dipercaya dapat merangsang pankreas untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, sehingga akan menjaga keseimbangan gula darah.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan, yaitu yang dikenal dengan nama polifenol. Polifenol yang bermanfaat sebagai antioksidan ini berkhasiat untuk melancarkanperedaran aliran darah, sehingga penyaluran gula menjadi lebih merata keseluruh tubuh. Menurut penelitian, teh hijau mengandung jenis polifenol bentuk lain yang disebut EGCG, dan telah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula darah.

Kayu Manis

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Human Nutrition Research Center di Maryland, Amerika, mengkonsumsi ½ sendok teh kayu manis dapat membuat sel-sel tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin. Sehingga hal ini dapat menyebabkan proses konversi gula darah untuk dijadikan energi didalam tubuh akan menjadi semakin efektif.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *