Makanan Yang harus dihindari untuk efektifitas Olahraga

Makanan merupakan faktor yang sangat menentukan terhadap kinerja olahraga oleh para atlet. Makanan yang di makan sebelum ataupun setelah latihan, dapat mempengaruhi fisik serta kesehatan mental atlit. Makan makanan dalam jumlah yang tepat adalah hal lain yang perlu untuk dipertimbangkan, karena tentu Anda tidak ingin terganggu oleh perut yang kosong.

Advertisement

Untuk bisa fokus dalam melakukan olahraga, Anda harus tahu apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh makan. Dan supaya Anda bisa membimbing diri kepada apa yang harus dimakan dan apa yang tidak baik dimakan, Anda harus mengukur efek dari latihan/olahraga, durasi, serta jenis olahraga yang Anda jalankan. Jika olahraga atau latihan yang Anda lakukan membutuhkan daya tahan tinggi, maka Anda mungkin harus bergantung pada diet karbohidrat, serta meniadakan sebagian besar makanan lainnya dari daftar. Namun jika olahraga atau latihan yang Anda jalankan sangat ringan, maka Anda bisa memilih diet yang seimbang dengan jumlah protein, karbohidrat dan vitamin yang moderat. Apapaun Anda harus  benar-benar memahami, apapun diet yang Anda lakukan, ada beberapa makanan yang harus ditiadakan untuk jenis kegiatan olahraga.

Daftar Makanan yang Tidak baik untuk Olahraga

Beberapa makanan berikut ini sebaiknya dikeluarkan dari daftar makanan saat Anda sebelum atau sedang melakukan kegiatan olahraga. Serta juga dijelaskan, kenapa bisa mempengaruhi performa saat berolahraga jika tetap dikonsumsi:

Makanan manis

Makanan manis, seperti kue, kue kering, puding, es krim, permen, biskuit dll, harus dihindari sebelum melakukan olahraga yang membutuhkan daya tahan tinggi, karena dapat menyebabkan kadar gula darah turun, yang akhirnya dapat menyebabkan kelelahan. Makanan yang kaya gula juga dapat menyebabkan perut kembung, yang pada akhirnya menimbulkan gas atau gangguan pencernaan.

Lihat juga :   Penyebab Penyakit Arteri Koroner (CAD)

Kafein

Pengaruh kafein bisa bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang mungkin akan merasakan bahwa kafein memberikan lebih banyak energi saat melakukan aktivitas olahraga. Sedangkan yang lain mungkin akan merasakan gugup, atau merasa sulit berkonsentrasi setelah mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Selain itu, asupan minuman seperti teh dan kopi dapat menyebabkan dehidrasi saat olahraga. Efek samping lainnya seperti mual dan sakit kepala, juga bisa terkait dengan minuman yang mengandung kafein. Kafein juga dikenal sebagai diuretik,  yang artinya hal itu dapat menyebabkan kekurangan cairan tubuh, atau dapat mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Kafein memang bisa jadi menambah energi, namun  efek negatif  lebih banyak jika mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Makanan gorengan

Karena makanan yang digoreng yang sarat dengan minyak, maka tubuh akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna lemak yang ada di dalamnya. Anda mungkin akan merasa mengantuk dan tidak dapat berkonsentrasi saat melakukan aktivitas apapun, karena gorengan akan membuat perut menjadi berat. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan gorengan harus dihindari sebelum melakukan kegiatan latihan yang ketat .

Makanan berlemak

Hindari makanan berlemak seperti daging ( terutama daging merah), serta produk daging seperti sosis, burger dan ham dan dressing seperti mayones, saus krim dan krim salad. Juga hindari minum susu full cream sebelum bermain olahraga. Makanan seperti ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa dicerna dan dipecah dalam tubuh. Makanan berlemak biasanya disajikan dalam bentuk digoreng, makanan cepat saji atau makanan panggang. Oleh karena itu, olahragawan wajib untuk mengurangi atau menghilangkan konsumsi makanan berlemak sebelum latihan atau olahraga yang membutuhkan ketahanan tinggi. Namun, jika mengkonsumsi makanan berlemak adalah suatu yang diharuskan, maka sebaiknya memilih makanan lain, seperti yogurt, roti gandum, bagel, energy bar, dll,  yang lebih tinggi mengandung karbohidrat namun relatif lebih rendah kadar lemak.

Lihat juga :   Makanan yang baik untuk darah rendah

Makanan Kaya Serat

Makanan berserat sangat sulit untuk memecah, dan perlu waktu lama untuk dicerna sebelum bisa diserap oleh tubuh. Jika makanan berserat dikonsumsi sebelum olahraga, bisa menyebabkan kram perut atau kram otot yang tentunya akan menghambat kinerja. Makanan yang tinggi serat biasanya terdapat pada buah-buahan dan sayuran yang dimakan bersama kulitnya, seperti apel , kacang-kacangan, lentil, aprikot dan plum. Makanan ini harus benar-benar dihindari,  atau setidaknya dikupas dulu sebelum dikonsumsi. Kelompok makanan ini juga bisa diganti dengan makanan tinggi karbohidrat atau protein.

Minuman bersoda

Terlepas dari rasanya yang manis, minuman bersoda dapat menyebabkan masalah lambung bila dikonsumsi sebelum atau setelah melakukan setiap jenis kegiatan olahraga. Minuman bersoda dapat menyebabkan masalah keasaman pada pencernaan. Hal ini juga dapat menyebabkan peningkatan insulin yang tajam, serta diikuti dengan penurunan kadar gula secara drastis pasca latihan.

Hal ini juga diperlukan untuk mengukur jenis tubuh dan juga jenis olahraga, sebelum memutuskan makanan apa yang harus dicoret dari daftar. Banyak orang yang tak memahami dengan ‘ waktu ‘ . Dengan waktu yang tepat, maka makanan-makanan ini bisa meningkatkan kesehatan daripada merusak kinerja. Namun ini adalah dasar sebelum latihan, dan yang tidak harus ditaati dalam segala keadaan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *