Manfaat bawang putih untuk membantu mengurangi lemak

Advertisement

Manfaat bawang putih untuk pengobatanManfaat bawang putih telah diketahui sangat besar bagi kesehatan, dan ternyata juga sangat baik untuk membantu menurunkan tingkat lemak dalam tubuh. Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah yang paling populer digunakan sebagai bumbu memasak. Bawang putih Memiliki aroma serta rasa yang kuat, selain sangat penting untuk bumbu masakan juga dikenal akan khasiatnya untuk pengobatan.

Bawang putih yang bernama ilmiah allium sativum telah digunakan oleh orang Mesir bertahun-tahun yang lalu sebagai bahan untuk pengobatan. Bawang putih di Eropa pada jaman dahulu juga telah diketahui manfaat kesehatannya, yaitu bawang putih yang dicampur dengan anggur dapat melindungi tubuh dari Wabah Hitam yang sangat berbahaya bagi kesehatan pada saat itu. Dalam Perang Dunia I dan II parajurit juga diberikan bawang putih untuk melindungi mereka dari gangren.
Telah kita bahas sebelumnya mengenai manfaat bawang putih untuk pengobatan, secara spesifik disini akan kita bahas tentang manfaatnya untuk membantu dalam mengurangi lemak dan masalah berat badan. Baca juga: Minuman untuk membantu membakar lemak dalam tubuh

Berikut bagaimana Bawang putih bisa membantu dalam mengurangi lemak tubuh, untuk menurunkan berat badan dan kesehatan.

Sebuah studi tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan yang dilakukan oleh ahli kimia Italia CJ Cavallito telah menemukan sebuah senyawa penting dalam bawang putih. Senyawa ini disebut dengan allicin. Allicin adalah senyawa yang menyebabkan bau kuat pada bawang putih, dan merupakan sumber banyak manfaat bagi kesehatan .

Manfaat bawang putih untuk membantu mengurangi kelebihan lemak

  • Salah satu manfaat bawang putih yang berasal dari senyawa allicin adalah kemampuannya untuk menekan nafsu makan seseorang, dan dengan demikian akan sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Cara kerja senyawa ini adalah dengan mengirimkan sinyal ke otak, dan menginformasikan bahwa seseorang sudah kenyang. Sehingga tentunya tidak akan mudah tergoda untuk banyak ngemil. Seperti kita tahu, ngemil adalah salah satu faktor terbesar bagi seseorang mengapa ia menjadi kegemukan.
  • Bawang putih juga dapat meningkatkan metabolisme seseorang dengan jalan merangsang sistem saraf tubuh untuk melepaskan hormon adrenalin. Hormon ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga dapat menyebabkan kalori dalam tubuh cepat terbakar. Dampak akhirnya juga akan mengakibatkan penurunan berat badan. Bawang putih juga juga dapat meningkatkan suhu tubuh, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.
  • Kandungan minyak dalam bawang putih mendorong peristaltik tubuh, yaitu kemampuan tubuh mengurangi lemak dengan cara mengeluarkannya dari dalam tubuh. Hal ini secara langsung juga membantu tubuh menghilangkan kelebihan cairan dengan jalan meningkatkan jumlah urin. Hasilnya, metabolisme tubuh menjadi semakin cepat, sehingga dapat mengeluarkan lemak lebih cepat dari sel-sel tubuh. Hasil akhirnya, bawang putih dapat membantu menghilangkan kelebihan berat badan.
  • Ada juga penelitian yang dilakukan terhadap senyawa allicin (ditemukan dalam bawang putih), yang bertujuan untuk menguji apakah bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung dan mencegah diabetes. Hasil penelitian menunjukkan ternyata allicin efektif untuk menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes dan serangan jantung. Para peneliti juga mendapati, bahwa partisipan yang menerima bahan khusus dari bawang putih ini tidak mengalami penambahan berat badan.
  • Manfaat Lain bawang putih bagi kesehatan adalah kemampuannya yang dapat membantu tubuh untuk menghilangkan masalah pencernaan. Hal ini diyakini karena bawang putih dapat menjaga fungsi pencernaan usus agar tetap normal dan baik. Bawang putih juga dapat mengobati pembengkakan atau iritasi pada saluran lambung, serta dapat merangsang aktivitas organ pencernaan yang berbeda.
Advertisement