Manfaat Buah Cherry bagi kesehatan

Advertisement

manfaat buah ceriBuah Cherry atau Ceri, disebagian daerah Indonesia juga dikenal dengan nama kersen, merupakan buah dari tanaman pohon yang umumnya ditanam sebagai tanaman pelindung panas. Ini karena cabang pohon Ceri yang sangat kerap serta daunnya yang sangat lebat bisa meneduhkan dari sinar matahari. Buah Cherry memang telah lama dikenal bisa dimakan, dan bahkan buahnya memiliki rasa manis yang unik banyak disukai anak-anak.

Buah Cherry dengan ukuran diameter buah hingga 2 cm ini adalah buah berbiji yang terletak didalam kulit yang bercampur dengan daging buahnya.Warna buah cherry jika sudah masak,  kulitnya yang tipis ini berwarna merah kehitaman dan mengkilap. Tahukah Anda jika buah cherry ini ternyata banyak mengandung gizi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan?

Berikut kandungan gizi dan manfaat buah ceri untuk kesehatan

Ceri adalah salah satu buah dengan kalori yang sangat rendah, namun merupakan sumber kaya nutrisi, vitamin, dan mineral. Dan yang kedua, buah ceri rasanya manis serta banyak mengandung senyawa yang penting lainnya untuk kesehatan.

Sumber Antioksidan yang kuat

Pigmen adalah senyawa flavonoid polifenol yang dikenal sebagai glikosida antosianin. Anthocyanin adalah yang membuat pigmen warna pada buah dan sayuran seperti merah, ungu atau biru, terutama yang terkonsentrasi di kulit. Antochyanin diketahui memiliki sifat anti-oksidan yang kuat.

Anti peradangan

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa anthocyanin dalam buah ceri juga bersifat  anti inflamasi,  dengan cara menghalangi tindakan enzim siklooksigenase-1, dan 2 . Dengan demikian, mengkonsumsi ceri memiliki efek kesehatan yang potensial mengurangi rasa yang menyakitkan pada penyakit kronis seperti artritis gout, fibromyalgia (kondisi otot yang menyakitkan) dan cedera olahraga.

Efek melawan kanker dan penuaan

Studi penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam ceri juga membantu tubuh manusia untuk melawan kanker, penuaan dini, penyakit saraf, dan kondisi pradiabetes.

Menenangkan syaraf

Buah ceri sangat kaya akan melatoninn. Melatonin adalah antioksidan yang dapat melintasi penghalang darah keotak otak dengan mudah,  dan menghasilkan efek menenangkan pada saraf otak, menenangkan sistem iritasi saraf, yang membantu meringankan neurosis, insomnia dan kondisi sakit kepala.

Kaya mineral penting

Buah Cherry juga sumber seng, zat besi, kalium, dan mangan dan tembaga. Kalium adalah mineral untuk jantung sehat, sebuah nutrisi penting dari sel dan cairan tubuh yang berguna untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Melindungi tubuh dari efek radikal bebas

Buah, ceri  sangat kaya flavonoid poli fenolik dan antioksidan seperti lutein, zea-xanthin dan beta karoten. Senyawa ini bertindak sebagai zat perlindungan terhadap efek  radikal bebas berbahaya, sehingga berperan dalam memperlambat proses penuaan, mencegah kanker dan berbagai penyakit lain. Sifat zat anti inflamasi buah ceri ditemukan efektif untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung , dengan melakukan pembersihan tubuh  terhadap radikal bebas. (Referensi kesehatan: Nutrient to reduce cancer risk)

Advertisement