Manfaat Buah delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikanBuah Delima pada umumnya ditemukan dan tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim tropis.  Walaupun buah ini termasuk langka, namun masih tersedia buah impor dipasaran. Buah delima dibeberapa negara terkenal sebagai buah yang memiliki nilai khasiat tinggi bagi kesehatan, sehingga termasuk buah yang ada dalam daftar makanan sehat setiap hari. Buah delima terkenal akan kandungan vitamin dan antioksidan, yang diyakini baik untuk perawatan kulit dan kesehatan secara alami.

Advertisement

Manfaat Buah delima bagi Kesehatan

 

Mencegah kanker :

Jumlah tinggi zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. Dengan demikian makan buah ini dapat menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payud*ra dan kanker paru-paru.

Mencegah penyakit jantung :

Antioksidan dalam buah delima akan menurunkan kolesterol jahat (LDL),  dan meningkatkan kolesterol baik(HDL) . Dengan demikian akan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat.

Meningkatkan kekebalan tubuh:

Buah delima yang berukuran menengah mengandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian. vitamin C sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi makan buah delima setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh Anda .

Menyehatkan Kulit

Vitamin C juga berguna untuk membantu memproduksi kolagen untuk kulit yang sehat. Minyak Delima berasal dari biji delima, yang dapat diterapkan pada tubuh. Zat anti oksidan akan melindungi kulit dari polusi,  serta mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.

5 . Mencegah osteoartritis :

Jus buah delima jika diminum setiap hari bisa memberikan kekuatan untuk tulang, serta mencegah kondisi osteoarthritis .

Menyehatkan Arteri  :

Plak yang terbentuk pada arteri bisa dikikis dengan cara makan buah delima setiap hari. Arteri yang sehat akan memastikan kesehatan jantung, serta terhindar dari darah tinggi, dan stroke.

Tekanan darah tinggi:

Jus buah delima jika diminum setiap hari akan dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 5 %. Ini juga merupakan cara terbaik, yang sekaligus akan menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Mengendalikan berat badan :

Hal ini karena Manfaat antioksidan dari buah delima, jika diminum setiap hari akan membantu Anda untuk mengendalikan berat badan. Anda bisa memasukkan buah delima kedalam diet harian Anda untuk menghilangkan kalori ekstra .

Lihat juga :   Manfaat Buah Markisa

Mencegah penyakit Alzheimer :

Jika buah delima dikonsumsi setiap hari, akan bisa membantu  mencegah penyakit Alzheimer. Dan jika dimakan oleh orang yang sudah terkena penyakit ini, maka akan memperlambat perkembangannya. Hal ini juga akan meningkatkan otak penderita, dan akan membantu untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik dan lebih aktif.

Untuk mendapatkan semua manfaat bagi kesehatan dan kecantikan dari buah yang lezat ini, pastikan Anda makan buah delima dengan ukuran rata-rata atau sedang. Bisa juga dengan minum jus buah delima setiap hari.

Manfaat buah delima untuk kulit

Buah delima yang merah ini juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit Anda. Didalamnya dikemas akan senyawa dan nutrisi menyehatkan, seperti zat Antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan antipenuaan dini. Seringkali buah delima dimasukkan kedalam berbagai macam produk perawatan kulit. Berikut manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan kulit:

Menjaga Kesehatan Kulit :

Kolagen adalah komponen dasar kulit,  yang menjamin kulit agar tetap lembut, halus dan kencang. Senyawa tertentu dalam buah delima akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga. Hal ini juga membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar tetap halus dan lentur. Selain itu, buah ini juga merangsang proliferasi keratinosit , sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik.

Membantu Regenerasi sel:

Kerusakan kulit seringkali yang menjadi penyebab masalah kulit seperti pigmentasi kulit dan bintik-bintik hitam terkait usia. Delima akan memberikan manfaat dalam hal ini untuk melindungi epidermis ( lapisan luar kulit ), dan memfasilitasi regenerasi sel kulit di epidermis  (lapisan kulit dalam). Delima juga membantu produksi antioksidan alami oleh tubuh, yang akhirnya akan membantu meregenerasi sel kulit. Juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki jaringan kulit dan penyembuhan luka .

Pengobatan Jerawat :

Jerawat bisa disebabkan oleh karena masalah pencernaan, atau ketidakseimbangan hormon. Delima yang merupakan sumber yang kaya vitamin C , bisa mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat. Delima juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Jika Anda mengoleskan jus delima pada daerah yang terkena jerawat, akan mencegah jerawat sekaligus bekasnya dengan menumbuhkan jaringan baru di daerah yang terkena.

Lihat juga :   Manfaat mentimun untuk menurunkan berat badan

Bermanfaat untuk Kulit Kering :

Struktur molekul delima yang kecil memungkinkannya untuk menembus kedalam kulit, sehingga efektif untuk mengobati masalah kulit kering. Delima memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kerin , pecah-pecah dan iritasi karena mengandung asam punicic (asam lemak omega5 , yang mencegah hilangnya kelembaban).

Bermanfaat untuk Kulit Berminyak:

Minyak delima juga sangat bagus untuk membantu kulit berminyak, bahkan sering juga digunakan kedalam produk perawatan kulit. Hal ini bertujuan untuk kulit berjerawat, untuk memeranginya jerawat, mengurangi jaringan parut,  dan menenangkan iritasi kulit ringan.

Anti penuaan dini:

Delima memiliki sifat anti penuaan, sehingga bisa membantu meremajakan kulit kembali secara internal maupun eksternal. Jus buah delima bermanfaat untuk kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akibat proses  penuaan. Minyak biji delima akan membantu memperkuat lapisan epidermis,  yang akan mengurangi atau menunda kulit keriput. Buah delima akan memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan awet muda. Juga akan memperpanjang umur fibroplasts, yaitu sel yang ikut dalam memproduksi kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin menunjang kulit agar memiliki elastisitas, sehingga tetap awet muda dan meminimalkan terjadinya keriput.

Perlindungan kulit dari sinar matahari :

Buah delima adalah cara bagus untuk melawan efek sinar matahari yang bersifat merusak kulit. Hal ini karena delima mengandung antioksidan yang penting untu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat radikal bebas. dengan demikian akan mencegah kanker kulit,  menghilangkan tanda kulit terbakar,  dan mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit lain akibat sinar matahari. Minyak biji delima bisa memberikan perlindungan terhadap kanker kulit, karena ia mengandung banyak asam ellagic, yaitu antioksidan polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit.

Mengobati luka dan Radang Kulit :

Ekstrak buah delima sama dengan salep apapun untuk mengobati peradangan kulit. Hal ini karena delima mengandung polifenol, serta senyawa lain yang memiliki sifat anti inflamasi. Biji delima juga memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima, serta menerapkan ekstrak atau minyak biji delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. Selain itu, luka yang diobati tidak meninggalkan bekas setelah sembuh.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *