Manfaat Jinten Hitam

Advertisement

Jinten hitam adalah tanaman rempah yang sudah sejak lama dikenal sebagai bahan untuk membuat jamu. Bahkan Jinten hitam saat ini sudah dikenal diseluruh dunia lho, bukan hanya sebagai bahan jamu herbal, jinten hitam kini sudah banyak dipasarkan dalam bentuk produk seperti kapsul dan minyak.

Apa sih tanaman jinten hitam ini?, berikut mari kita bahas manfaat jinten hitam sebagai bahan pengobatan tradisional.

Manfaat Jinten HitamDi indonesia jinten hitam sudah dipergunakan turun temurun semenjak jaman nenek moyang sebagai bahan campuran untuk obat herbal tradisional.
Jinten hitam diyakini memiliki khasiat yang besar dalam membantu pengobatan kanker. Jinten hitam dikenal kaya akan nutrisi yang bisa menjaga daya tahan tubuh dan dapat menjaga revitalisasi otak. Oleh karena itu,  jinten hitam sangat baik untuk manula,  karena tubuh lansia lebih  rentan terhadap penyakit dan daya ingat yang menurun . Ini bukan Bukan tanpa alasan, sebab para ahli telah mengungkapkan bahwa jinten hitam ini mengandung 15 macam asam amino dan 9 asam amino essensial. Asam amino esensial tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup oleh tubuh, oleh karena itu jinten hitam akan sangat memenuhi kebutuhan itu. Nah, tuh kan?,,,, jadi jinten hitam ini tidak bisa disepelekan, mengenai khasiat dan manfaatnya.

Kandungan dan manfaat yang terdapat pada jinten hitam, menurut penelitian yang pernah dilakukan.

Jinten hitam untuk suplemen gizi: Kandungan zat yang ada didalam jinten hitam adalah betakaroten atau provitamin-A, zat besi, potassium dan sodium.
Jinten hitam mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium, dan potassium.Walaupun unsur-unsur mineral tersebut tak banyak dibutuhkan tubuh, namun berfungsi penting sebagai kofaktor. Sebagai suplemen penambah gizi, Anda bisa mengkonsumsi minyak dari jinten hitam ini setengah sendok teh  3 kali sehari.

Jinten hitam untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Jinten hitam baik untuk orang yang sedang mengalami gangguan dari fungsi kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terganggu, membuat anak menjadi rentan terkena serangan virus, misalnya influenza. Jinten hitam dapat diberikan kepada seseorang yang sedang menderita flu agar cepat sembuh, karena sifatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jinten hitam untuk pengobatan asma dan alergi: Jinten hitam mengandung protein kinase C yang diketahui bisa menghambat pelepasan histamin. Histamin merupakan zat yang dilepaskan oleh sistem tubuh karena reaksi dari alergi. Untuk penderita Asma Bronkial dan penyakit alergi yang lainya ,bisa diatasi dengan jinten hitam dan tanpa efek samping. samping. Pengobatan asma dan alergi dapat dilakukan dengan minum minyak jinten hitam setengah sendok yang dicampur dengan satu sendok madu kedalam cangkir yang berisi air hangat. Larutan jinten hitam tersebut dapat diminum pagi hari sebelum sarapan dan sesudah makan malam. Selama melakukan pengobatan ini, hindarilah zat pemicu alergi yang biasa terdapat pada makanan yang dingin seperti.

Jinten hitam untuk Obat kanker: Asam lemak yang terkandung dalam jinten hitam dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jinten hitam memiliki kemampuan memberi stimulasi tubuh untuk produktivitas sumsum tulang ,imunitas sel dan produksi interferon. Jinten hitam juga berguna untuk melindungi sel-sel yang normal , melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.
Cara pengobatan, campurkan setengah sendok teh minyak jinten hitam kedalam satu gelas jus anggur, diminum sebanyak tiga kali sehari. Manfaat jinten hitam akan berlangsung selama 2 minggu terhadap organ yang terserang kanker.

Begitulah, pada dasarnya sumber daya alam tanah air kita memang besar sekali. Termasuk jinten hitam, tanaman berkhasiat tinggi dapat mudah tumbuh ditanah-tanah kita.

Advertisement