Manfaat Labu – Kandungan gizi labu

Manfaat labu - Kandungan gizi labuLabu sudah tahu kan?,,, buah tanaman yang merambat ditanah ini memiliki tekstur yang lembut jika dimasak dengan daging yang berwarna kuning. Labu biasa dikenal masyarakat sebagai sayuran, selain itu juga biasa dihidangkan setelah direbus begitu saja. Manfaat dari labu lainnya yang sering diolah adalah bijinya, atau hasil olahannya disebut dengan kwaci labu[ Baca: Kandungan nutrisi dan manfaat biji labu untuk kesehatan].  Labu pada awalnya diyakini berasal di Amerika kuno. Labu atau pumpkins berasal dari kata Yunani pepõn, yang berarti ‘melon besar’. Selama bertahun-tahun, sebutan tersebut berubah menjadi pumpkins di Perancis, Inggris dan Amerika.

Advertisement

Kemudian banyak masyarakat yang  memperkenalkan pie labu kepada dunia, yaitu makanan dari labu yang dibelah lalu dibuang bijinya, dan di dalamnya diisi dengan susu, rempah dan madu. Atau kalau kita, cara mengolah labu gampang,, pilih labu yang baik atau yang sudah tua, ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap oranye dan lebih keras. Potong potong dengan ukuran sesuai selera, kemudian dikukus. Labu siap untuk dikonsumsi,,,,. Labu sangat cocok sekali untuk dimasukkan kedalam diet Anda, karena manfaat labu yang baik bagi kesehatan.

Berikut manfaat labu dan kandungan gizi pada labu

  1. Labu hanya terdapat 49 kalori per 250 gramnya, itu artinya labu hampir bebas lemak dan sekaligus dapat membantu untuk mengurangi kolesterol. Diet lemak dan menurunkan kolesterol?,,, labu bisa Anda manfaatkan.
  2. Biji labu kering atau dipanggang atau sering disebut dengan kwaci adalah sumber protein, mineral, vitamin dan asam lemak Omega-3.
  3. Labu Kaya serat, vitamin A, C dan E dan mineral, dan labu akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas.
  4. Warna oranye pada labu mengandung beta-karoten yang tinggi, sebuah antioksidan yang mengubah vitamin A dan membantu mengurangi risiko kanker tertentu dan penyakit jantung. Beta- karoten,,,hmmm,,, memang bermanfaat bagi kesehatan jantung.
    Mengandung  B-Kompleks vitamin seperti folat, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin, dan asam pantotenat, dan mineral seperti tembaga, kalsium, besi dan fosfor.
  5. Biji dan kulit labu mangandung  magnesium, kalium dan seng yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, yaitu baik untuk kekebalan, kekuatan dan kepadatan tulang. Labu juga sangat bagus untuk membantu melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Lihat juga :   Makanan Yang baik untuk Menurunkan Darah Tinggi

Cara Memilih, memotong dan menyimpan labu

Pilih labu yang memiliki gagang buah sepanjang satu sampai dua inci dari batang. Hindari memilih labu dengan noda dan bintik-bintik. Ketika memotong labu, awali dengan menyingkirkan batang lebih dahulu. Potong sebanyak yang Anda butuhkan dan dinginkan sisanya dilemari es setelah dibungkus

Resep labu

Parut labu, lalu tumbuk untuk dibuat yoghurt. Bumbui hanya dengan menambahkan garam, cabai bubuk dan bisa ditambahkan ketumbar atau kelapa.
Sayur labu:Labu juga bisa anda konsumsi sebagai sayuran, labu dikupas lalu dipotong kecil-kecil dan dimasak santan.

Labu dimata ahli

Naini Setalvad, lifestyle and disease management consultant, mengatakan. “Labu mengandung  beta-karoten sebanyak dua kali lipat dari betakaroten yang ada pada wortel. Labu juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena labu memiliki indeks glikemik yang rendah. Labu sangat mudah diolah,  dan mudah diperoleh dipasar mana saja. Selain itu, labu tersedia sepanjang tahun! ”

Yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi labu

Labu termasuk diuretik, yaitu memiliki sifat dapat membantu membilas racun dalam tubuh – Jika terlalu banyak makan labu dapat menyebabkan dehidrasi atau berlebihan buang air kecil. Kebanyakan asupan betakaroten dalam tubuh bisa membuat semburat warna kuning pada kulit. Jadi, meskipun labu enak dan bergizi, jangan terlalu banyak juga jika mengkonsumsinya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *