Manfaat Makan Buah Pir bagi Ibu Hamil

Advertisement

kandungan gizi dan manfaat buah pir bagi kesehatanPir adalah jenis buah yang aman dan baik dikonsumsi oleh wanita hamil, selain rendah kalori, buah pir mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Ada beberapa varietas buah Pir yang bisa dipilih oleh ibu hamil untuk diet mereka, seperti Bosc, Bartlett, Anjou, Starkrimson dan Comice. Selain buah Pir segar bisa dimakan begitu saja, Ibu bisa dapat memasaknya untuk dijadikan makanan yang memenuhi selera.

Berikut beberapa manfaat penting bagi Ibu hamil jika makan buah Pir:

Pir mengandung Asam Folat

Menurut Pear Biro Northwest, Satu buah Pir menyediakan sekitar 12 mikrogram asam folat. Meskipun mungkin tidak kelihatan banyak, namun wanita yang sedang hamil harus banyak mendapatkan asam folat sebanyak yang  ia bisa selama kehamilan. Memang Tidak banyak makanan yang mengandung asam folat, dan itulah mengapa kebanyakan dokter menganjurkan wanita usia subur untuk mengkonsumsi suplemen yang akan mencukupi kebutuhan asupan asan folat harian Anda. Asam folat sangat penting bagi kehamilan, terutam pada saat trimester pertama kehamilan. Asam folat atau vitamin B9 berperan sangat penting dalam pencegahan gangguan tabung saraf. Keterbelakangan mental adalah salah satu resiko yang dapat menimpa bayi ketika semasa dalam kandungan ibunya kekurangan asupan folat.

Vitamin C

Pir merupakan buah sumber vitamin C tinggi. Satu buah pir mengandung sekitar 7 miligram vitamin C, yang merupakan 11 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita hamil ataupun tidak hamil. Vitamin C berguna untuk membantu tubuh melawan infeksi, dan ini faktor yang sangat penting selama masa kehamilan. Makan buah pir atau makanan lainnya, seperti beras, kacang atau daging, akan membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Kekurangan zat besi umum selama kehamilan, yang membuat asupan vitamin C menjadi sangat penting daripada sebelum hamil.

Kaya Serat

Pir juga merupakan sumber serat yang sangat baik, yang berguna untuk membantu meringankan sembelit. Sembelit adalah kondisi yang biasa dialami oleh wanita hamil. Jika Anda mengambil suplemen zat besi selama kehamilan, maka Anda mungkin akan lebih rentan mengalami sembelit, dan untuk itu harus makan banyak makanan yang mengandung tinggi serat. Makan pir beserta dengan kulit, jika ingin mendapatkan kandungan serat lebih banyak. Menurut Pear Biro Northwest, satu buah pir mengandung 4,5 gram serat ,  dengan 1,8 gram pektin, yaitu yang merupakan jenis serat larut yang akan membantu proses pencernaan.

Kalori buah Pir

Meskipun Anda mungkin tak perlu khawatir dengan asupan kalori selama kehamilan, pir tidak akan membuat berat badan meningkat. Satu buah pir hanya mengandung sekitar 100 kalori. Karena mengandung serat yang tinggi, maka buah pir cukup bisa mengenyangkan, serta memberikan energi yang sehat untuk melewati hari. Pir juga mengandung dua jenis karbohidrat sederhana, yaitu fruktosa dan glukosa, yang mudah dicerna dan akan memberikan energi yang sehat.

Advertisement