Manfaat Makan Buah Salak bagi Kesehatan

manfaat makan buah salakBuah salak atau yang bernama latin Sallaca Edulis,  merupakan buah tanaman yang banyak ditemui di daerah tropis seperti di negara kita Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand.  Ada banya varietas salak yang dihasilkan dari beberapa daerah perkebunan salak di Indonesia, yaitu salak pondoh, salak bali, salak swaru, dan salak condet. Dua varietas salak yang paling dikenal memiliki rasa yang baik adalah salak Bali dan salak pondoh. Buah salak yang telah matang rasanya manis, atau manis asam, dan beberapa varietas ada yang terasa sedikit sepat.

Advertisement

Buah salak ini juga banyak diminati oleh warga benua 4 musim(seperti negara Eropa dan Amerika), meskipun hanya tumbuh baik di daerah tropis. Masyarakat disana menyebut buah salak dengan nama yang unik, yaitu snake fruit. Mungkin karena kulit buah salak yang bersisik mirip seperti kulit ular.

Fakta Kandungan Gizi Buah Salak

Buah salak yang banyak diminati ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik, tak kalah dengan buah impor yang berasal dari negara dengan 4 musim. Buah salak termasuk buah eksotis Indonesia yang mengandung tinggi kalori, setiap 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kkal, protein 0,8 g, karbohidrat 90,3 g, lemak 0,4 gram, kalsium 38 mg, fosfor 31 mg, dan zat besi 3,9 mg. Walaupun tak terlalu tinggi, buah salak juga mengandung Vitamin C, yaitu sebesar 8,4 mg. Terutama juga, salak mengandung kalium dan pektin, dua senyawa yang juga sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh kita.

Manfaat makan Buah Salak bagi kesehatan

Karena kandungan gizinya yang cukup lengkap, makan buah salak juga bagus untuk menunjang kesehatan. Berikut manfaat bagi kesehatan, yang bisa kita didapatkan dari mengonsumsi buah salak:

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan Manfaat buah melon

Meningkatkan Kinerja Otak

Buah salak telah diklaim dapat meningkatkan kinerja otak, yang telah diungkapkan oleh hasil penelitian. Efek tersebut dikaitkan oleh para ahli akan kandungan kalium dan pektin dalam buah salak. Kalium adalah senyawa yang bermanfaat untuk sistem saraf otonom (SSO), yaitu yang merupakan pengendali detak jantung, meningkatkan fungsi otak, dan proses fisiologi tubuh yang penting lainnya.

Mencegah kanker prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang menjadi momok kaum lelaki, sama dengan wanita yang mengkhawatirkan masalah kista ovarium atau kanker p*yud*ra.

Menurut sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam  jurnal “Integrative Cancer Therapies”, diketahui bahwa pektin dalam buah salak ternyata juga memiliki potensi mencegah dan mengobati kanker prostat. Cara kerja pektin untuk pencegahan prostat adalah dengan cara menghambat reproduksi sel kanker,  serta menurunkan risiko terjadinya apoptosis, yaitu sel yang memprogram kematiannya sendiri.

Baik untuk Kesehatan Mata

Buah salak ternyata juga mengandung betakaroten, yaitu senyawa yang diketahui efektif untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Dari hasil penelitian menyebutkan, bahwa kandungan betakaroten dalam buah salak lebih besar 5,5 kali daripada yang terdapat dalam buah mangga, dan 5 kali lebih besar daripada dari buah semangka.

Sementara yang paling banyak dikenal baik bagi kesehatan mata adalah umbi wortel. Namun jika suatu hari Anda bosan dengan jus wortel, maka Anda dapat menggantinya dengan membuat jus salak untuk menjaga kesehatan mata.

Mencegah Sembelit

Benarkah buah salak dapat mencegah sembelit?, bukankah sebaliknya?…..

Mitos yang selama ini berkembang dimasyarakat adalah bahwa salak dapat menyebabkan susah BAB. Jangan takut dengan mitos tersebut, sebab buah salak telah dilengkapi dengan serat dalam kulit arinya. Serat dalam kulit ari buah salak cukup tinggi, dan itu justru akan memperbaiki masalah pencernaan yang berhubungan dengan susah BAB. Jadi sebaiknya salak jangan dibuang kulit arinya ketika dimakan.

Lihat juga :   Manfaat Jeruk Lemon untuk kesehatan

Tanin dalam buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi masalah lain pencernaan, yaitu masalah diare.

Membantu Diet menurunkan berat badan

Serat dikenal sebagai zat yang baik untuk melancarkan pencernaan, selain itu juga membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan serat pada buah salak cukup tinggi, maka juga akan membantu mencegah Anda untuk makan dalam porsi yang besar. Jadi jika Anda sedang dalam rangka melaksanakan program diet menurunkan berat badan, salak juga akan sangat membantu Anda.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *