Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Minyak kelapa biasanya dibuat oleh ibu ibu secara tradisional, dan umumnya dipergunakan untuk minyak rambut pada jaman dahulu. Dan untuk jaman sekarang, rasanya sudah tak banyak lagi ibu yang mau membuat minyak kelapa sendiri. Karena produk minyak goreng maupun minyak rambut sudah tak sulit lagi didapatkan.

Advertisement

Minyak kelapa banyak digunakan di negara-negara tropis seperti India, Sri Lanka, Thailand, Filipina , Indonesia dll, yaitu memiliki produksi minyak kelapa terbaik. Bahkan Minyak ini juga pernah populer di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Kanada, namun di tahun 1970 telah banyak digantikan oleh minyak jagung dan minyak kedelai. Minyak kelapa pernah dianggap berbahaya bagi tubuh, karena kandungan yang tinggi lemak jenuh hingga dekade terakhir  yaitu tahun 2000-an.

Manfaat Minyak KelapaMinyak kelapa memiliki manfaat  yang dikaitkan dengan kandungan asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat, yang memiliki sifat seperti antimikroba, antioksidan, antijamur, antibakteri dan bersifat menenangkan.

Dalam perawatan kesehatan, minyak kelapa memiliki banyak kegunaan, antara lain; perawatan rambut, perawatan kulit, menghilangkan stres, menjaga kadar kolesterol, menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan, melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat membantu agar terhindar dari  masalah ginjal, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, perawatan gigi, dan kekuatan tulang.

Apakah asam laurat dalam minyak kelapa digunakan oleh tubuh kita?

Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang diklaim untuk membantu menangkal virus dan bakteri , penyebab penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, dan bahkan HIV. Juga dalam memerangi bakteri berbahaya lainnya  seperti listeria monocytogenes, helicobacter pylori, dan protozoa seperti  giardia lamblia. Sebagai hasil dari berbagai manfaat kesehatan yang didapat dari minyak kelapa, meskipun mekanisme kerjanya secar tepat tidak diketahui, minyak kelapa telah banyak digunakan dalam sistem pengobatan tradisional India.

Berikut, The Coconut Research Center telah menyusun berbagai macam manfaat minyak kelapa dalam pengobatan tradisional maupun modern.

Sebelum kita membahas manfaat minyak kelapa secara rinci, mari terlebih dahulu kita memahami komposisinya.
Komposisi Minyak Kelapa:

  1. Minyak kelapa terdiri dari lebih dari sembilan puluh persen dari lemak jenuh (Ups! Jangan panik dulu), dan dengan beberapa jenis asam lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Minyak kelapa murnipun tidak jauh berbeda.
  2. Asam lemak jenuh: Kebanyakan adalah zat trigliserida rantai menengah, yang seharusnya untuk mengasimilasi dengan baik. Asam laurat adalah kontributor utama, dengan tersedia  lebih dari empat puluh persen, kemudian diikuti oleh asam kaprat, asam kaprilat, asam miristat dan palmitat.
  3. Asam lemak tak jenuh ganda: Asam linoleat.
  4. Asam lemak tak jenuh tunggal: Asam oleat.
  5. Poly-fenol: kelapa mengandung asam galat, yaitu asam fenolat. Yaitu poli-fenol yang seharusnya bertanggung jawab atas aroma dan rasa minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan poli-fenol.
  6. Derivatif tertentudari asam lemak lain seperti betain, ethanolamide, etoksilat, ester lemak, polisorbat lemak, monogliserida dan poliol ester.
  7. Klorida lemak, lemak alk*hol sulfat dan asam lemak alk*hol eter sulfat, yang semuanya adalah turunan dari alk*hol lemak.
  8. Vitamin-E , vitamin K dan mineral seperti zat besi.

Berikut ini Manfaat minyak kelapa secara rinci:

Untuk Perawatan rambut

Minyak kelapa adalah salah satu sumber nutrisi alami terbaik untuk rambut. Yaitu dapat membantu  pertumbuhan rambut yang sehat dengan  memberikan lapisan mengkilap. Hal ini efektif dalam mengurangi kerugian protein, baik bagi rambut yang rusak maupun rambut yang tidak rusak.

Sebagian besar orang dulu di negara-negara seperti negara asia tenggara mengoleskan minyak kelapa pada rambut mereka setiap hari setelah mandi. Ini berguna sebagai kondisioner yang sangat baik dan membantu pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Hal ini juga bermanfaat untuk menyediakan protein dan gizi penting yang diperlukan untuk rambut yang rusak. Studi penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh kelelahan hygral.

Memijat kepala secara teratur dengan minyak kelapa untuk memastikan bahwa kulit kepala Anda bebas dari ketombe, bahkan untuk kulit kepala yang kering. Hal ini juga membantu dalam menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan Manfaat Kacang mete bagi kesehatan

Oleh karena itu minyak kelapa baik digunakan sebagai minyak perawatan rambut dan atau untuk pembuatan berbagai kondisioner, dan krim bebas ketombe. Minyak kelapa biasanya dioleskan jika digunakan untuk perawatan rambut.

Untuk Perawatan kulit

Minyak kelapa merupakan minyak pijat yang sangat baik untuk kulit juga. Ini bertindak sebagai pelembab efektif pada semua jenis kulit, termasuk kulit kering. Manfaat dari minyak kelapa pada kulit adalah sebanding dengan minyak mineral. Namun, tidak seperti minyak mineral, karena minyak kelapa tak memiliki efek samping yang merugikan pada kulit. Oleh karena itu minyak kelapa adalah solusi aman untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit. Ini juga dapat menunda kulit keriput dan kulit kendur yang biasanya datang pada usia tua. Minyak kelapa juga membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit, termasuk psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya. Oleh karena itu minyak kelapa digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk perawatan tubuh seperti sabun, lotion, krim, dll, yang digunakan untuk perawatan kulit. Minyak kelapa juga membantu dalam mencegah penuaan dini dan penyakit degeneratif karena antioksidan.

Mencegah Penyakit Jantung

Ada banyak terjadi kesalahpahaman bahwa minyak kelapa tidak baik untuk jantung, karena banyak mengandung lemak jenuh. Namun kenyataannya, minyak kelapa bermanfaat bagi jantung. Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam laurat sekitar 50%, yang membantu dalam mencegah berbagai masalah jantung, termasuk terhindar dari kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Lemak jenuh dalam minyak kelapa tidak berbahaya seperti yang terdapat dalam minyak sayuran lainnya. Minyak kelapa tidak menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini juga membantu mengurangi resiko cedera pada arteri, sehingga dapat membantu dalam mencegah aterosklerosis.

Menurunkan Berat badan

Minyak kelapa sangat berguna untuk mengurangi berat badan. Hal ini karena minyak kelapa mengandung asam lemak pendek dan rantai menengah yang membantu dalam mengurangi kelebihan berat badan. Minyak kelapa juga mudah dicerna, sehingga membantu dalam fungsi sehat dari tiroid dan sistem enzim. Selanjutnya,  metabolisme tubuh akan meningkat dengan menghilangkan stres pada pankreas, sehingga mampu membakar lebih banyak energi untuk membantu orang obesitas dan kelebihan berat badan. Oleh karena itu, banyak orang yang tinggal di daerah  pesisir tropis mengkonsumsi  minyak kelapa setiap hari untuk minyak goreng utama. Umumnya mereka  tidak gemuk/obesitas atau kelebihan berat badan.

Membantu Pencernaan

Penggunaan internal minyak kelapa dilakukan terutama digunakan sebagai minyak goreng. Minyak kelapa membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan, dengan demikian dapat mencegah berbagai perut dan terkait dengan masalah pencernaan  termasuk sindrom iritasi usus besar. Lemak jenuh dalam minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba dan membantu berurusan dengan berbagai bakteri, jamur, parasit, dll, penyebab gangguan pencernaan. Minyak kelapa juga membantu usus dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan asam amino.

Imunitas

Minyak kelapa juga baik untuk sistem kekebalan tubuh, karena mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat yang memiliki antijamur, antibakteri dan antivirus. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin yang diklaim untuk membantu dalam berurusan dengan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, dan bahkan HIV. Ini membantu dalam memerangi bakteri berbahaya seperti listeria monocytogenes dan heliobacter pylori,serta protozoa berbahaya seperti giardia lamblia .

Membantu proses Penyembuhan dan menghindari infeksi

Ketika digunakan pada infeksi, minyak kelapa membentuk lapisan kimia yang melindungi bagian tubuh yang terinfeksi dari debu eksternal, udara, jamur, bakteri dan virus. Minyak kelapa adalah yang paling efektif untuk membantu mengobati memar, karena dapat mempercepat proses penyembuhan dengan memperbaiki jaringan yang rusak.

Infeksi: Minyak kelapa sangat efektif terhadap berbagai infeksi karena antijamur, antivirus, dan antibakteri sifat-sifatnya. Menurut Pusat Penelitian Kelapa, minyak kelapa mematikan virus yang menyebabkan influenza, campak, hepatitis, herpes, dll , juga mematikan bakteri penyebab bisul, infeksi tenggorokan, infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gonore, dll . Minyak kelapa juga efektif pada jamur dan ragi yang menyebabkan kandidiasis, kurap, kutu air, sariawan, ruam popok, dll

Lihat juga :   Jenis lemak yang baik dan yang buruk bagi kesehatan

Lain-lain

Penggunaan minyak kelapa juga akan sedikit membantu untuk berbagai hal berikut:

Hati: Kehadiran trigliserida rantai menengah dan asam lemak membantu dalam mencegah penyakit hati, karena mereka zat mudah diubah menjadi energi ketika telah mencapai hati, sehingga mengurangi beban kerja pada hati dan juga mencegah akumulasi lemak.

Ginjal: Minyak kelapa membantu dalam mencegah penyakit ginjal dan kandung empedu. Hal ini juga dapat membantu dalam melarutkan batu ginjal.

Pankreatitis: Minyak kelapa juga diyakini berguna dalam mengobati pankreatitis.

Bebas Stres: Minyak kelapa sangat menenangkan dan karena itu membantu dalam menghilangkan stres. Menerapkan minyak kelapa ke kepala diikuti dengan pijatan lembut membantu dalam menghilangkan kelelahan mental.

Diabetes: Minyak kelapa membantu dalam mengendalikan gula darah, karena dapat meningkatkan sekresi insulin. Hal ini juga membantu dalam pemanfaatan yang efektif dari glukosa darah, sehingga mencegah dan mengobati diabetes.

Tulang: Seperti disebutkan sebelumnya, minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyerap mineral penting. Termasuk kalsium dan magnesium yang diperlukan untuk perkembangan tulang. Dengan demikian minyak kelapa sangat berguna bagi perempuan yang rentan terhadap osteoporosis setelah usia paruh baya.

Perawatan gigi: Kalsium merupakan elemen penting hadir dalam gigi. Karena minyak kelapa memfasilitasi penyerapan kalsium oleh tubuh, membantu dalam mendapatkan gigi yang kuat. Minyak kelapa juga dapat menghentikan proses kerusakan gigi.

HIV dan kanker: Hal ini diyakini bahwa minyak kelapa juga dapat memberikan peran penting dalam mengurangi kerentanan virus pasien HIV dan kanker. Penelitian awal telah menunjukkan indikasi efek minyak kelapa untuk mengurangi viral load pada pasien HIV .

Akhirnya, minyak kelapa juga sering disukai oleh atlet dan binaragawan,  dan bagi mereka  yang sedang berdiet. Alasannya, minyak kelapa mengandung kalori lebih rendah daripada minyak lainnya, kandungan lemaknya yang mudah diubah menjadi energi dan tidak menyebabkan penumpukan lemak di jantung dan arteri. Minyak kelapa membantu dalam meningkatkan energi dan daya tahan, dan dapat meningkatkan kinerja atlet.

Minyak kelapa dan penyakit Alzheimer: Ada laporan penelitian yang dilakukan oleh Dr Newport menyatakan,  bahwa minyak kelapa berguna untuk mengobati penyakit Alzheimer. Selain itu ada ada bukti ilmiah atau pengetahuan tradisional minyak kelapa yang digunakan untuk mengobati Alzheimer. Hal yang tidak diketahui secara tradisional adalah bahwa minyak kelapa membantu dalam meningkatkan fungsi otak dalam bentuk apapun.

Mengapa minyak kelapa padat?

Tidak seperti kebanyakan minyak lainnya, minyak kelapa memiliki titik leleh yang tinggi – sekitar 24-25 derajat Celcius atau 76-78 F. Oleh karena itu minyak kelapa padat pada suhu kamar, dan akan meleleh ketika suhu lebih tinggi. Oleh karena itu, tak perlu risau karena ini sudah sifatnya. Dan Minyak kelapa tak perlu disimpan dilemari es.

Cara menggunakan minyak kelapa:? Jika Anda menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut, untuk melelehkan minyak kelapa bisa dilakukan dengan bantuan panas matahari/dijemur. Atau  juga dapat mengambil beberapa minyak kelapa,  memasukkannya ke dalam mangkuk kecil dan dipanasi di atas api (jangan menggunakan microwave). Kemudian ambil minyak pada telapak tangan, kemudian  menggunakannya pada rambut Anda.

Jika Anda ingin menggunakannya untuk konsums, cukup mengganti minyak mentega atau minyak sayuran dengan minyak kelapa. Ingat,  jangan beralih ke minyak kelapa sepenuhnya, karena Anda akan kehilangan manfaat dari minyak lainnya dan produk susu.

Dapatkah saya menggunakan minyak kelapa untuk memasak: Ya, di sebagian besar daerah tropis, orang menggunakan minyak kelapa untuk memasak.

Saya tidak suka rasa minyak kelapa. Apa yang harus saya lakukan:? Cobalah menggunakan minyak kelapa dalam beberapa resep yang berbeda, Ini yang dapat membantu Anda. Jika merasa mual setelah makan minyak kelapa, jangan lah dipaksa. Seperti yang terjadi dengan item makanan lainnya, tubuh Anda mungkin bisa saja alergi terhadap minyak kelapa, dan pilihan terbaik adalah untuk tidak mengkonsumsinya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *