Manfaat Telur untuk kesehatan

manfaat telur bagi kesehatanMungkin masih banyak orang yang merasa kebingungan mengenai makan telur dan kesehatan . Hal ini karena Kuning telur dikenal akan kandungan kolesterolnya yang tinggi. Tapi kalangan medis masih terus mendalami tentang diet kolesterol dan ukuran yang berbeda dari tingkat kolesterol dalam darah, yang berhubungan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Advertisement

Sebuah hasil dari studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi telur ternyata tidak mempengaruhi kadar kolesterol darah secara keseluruhan pada 115 orang dewasa yang sehat. Terlebih lagi, penelitian terbaru lainnya menemukan beberapa bukti bahwa makan telur utuh akan meningkatkan HDL – yaitu kadar kolesterol baik yang berguna untuk melindungi jantung.

“Ada masalah yang lebih besar pada diet orang diAmerika dengan kolesterol,” kata Drew Ramsey, MD asisten profesor klinis Psikiatri di Columbia University College of Physicians & Surgeons, yang mempelajari hubungan antara perilaku gaya hidup seperti diet dan kesehatan psikologis. “Tidak ada data dibagian atas yang menunjukkan atas kekhawatiran orang tentang pilihan makanan ini. Semua orang setuju dengang itu bahwa Masalah nyata pada diabetes dan obesitas adalah terlalu banyak makan makanan olahan.”

Telur kaya akan nutrisi penting

Beberapa nutrisi khusus pada kuning telur justru akan membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Kuning telur adalah salah satu sumber makanan kaya kolin vitamin B-kompleks, yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi neurologis yang lebih baik serta mengurangi peradangan. Ada bukti juga bahwa diet kolin yang banyak pada kuning telur ini akan membantu perkembangan otak janin jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat kolin adalah meningkatkan perasaan yang baik serta rasa kebahagiaan. Kolin akan terurai menjadi bethane, yang akan digunakan selama siklus metilasi, yang pada gilirannya akan membantu menghasilkan hormon ‘kebahagiaan’, seperti serotonin, dopamin, norepinefrin, Ramsey menjelaskan.

Lihat juga :   Cara sehat mengatasi sulit buang air besar

Kuning telur juga mengandung dua karotenoid, lutein dan zeaxanthin, yang melindungi kesehatan dari indra penglihatan. Dan, seperti yang telah kita dilaporkan sebelumnya, telur juga mengandung belerang.

Belerang adalah nutrisi penting yang membantu penyerapan vitamin B , yang berguna untuk fungsi hati. Belerang juga diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen dan keratin, yaitu telur dapat membantu pemeliharaan rambut agar berkilau, kuku yang kuat dan kulit bersinar.

Manfaat kuning telur bagi kesehatan seharusnya tidak menutupi kebaikan dari putih telur, karena walau bagaimanapun, telur merupakan rendah kalori, rendah lemak dan sumber protein yang sempurna. Bahkan, telur dianggap sebagai “standar emas”, yaitu sebagai gambaran dari tingkat kualitas proteinnya,¬† karena asam amino pada telur¬† yang paling mudah dicerna bagi manusia.

Batasan konsumsi telur yang baik

Tapi meskipun kuning telur sudah jelas merupakan makanan yang baik bagi kesehatan, namun untuk mengkonsumsi telur tetap harus menggunakan batasan. Mayo Clinic merekomendasikan agar mengkonsumsi tidak lebih dari empat butir per minggu, yang merupakan jumlah yang mereka temukan untuk membuat orang dewasa menjadi sehat (seperti yang dilansir huffington post).

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *