Tips Mengatasi jerawat secara Alami

Cara mengatasi jerawat secara alamiAda banyak cara untuk mengatasi jerawat. Selain menggunakan produk anti-jerawat yang biasa ditemukan di toko kosmetik, Anda juga dapat mencoba solusi alami yang lebih aman, lebih ramah lingkungan dan tentu saja mudah diperoleh. Ada beberapa bahan alami yang berkhasiat untuk secara efektif menghilangkan jerawat.

Advertisement

Penyebab Jerawat

Sebelum berbicara tentang bagaimana untuk menyingkirkan jerawat, kita harus tahu apa penyebab jerawat. Hormon adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan jerawat. Hal ini umumnya lebih sering terjadi pada remaja. Tapi pada dasarnya semua orang di segala usia bisa berjerawat. Beberapa wanita dewasa umumya lebih banyak memiliki jerawat,  karena hormon yang terjadi pada saat kehamilan, siklus menstruasi, atau ketika mulai atau berhenti minum pil KB.
Ada tiga faktor yang menyebabkan jerawat:
a. Produksi minyak berlebih oleh tubuh
b. Berlebihan sel-sel kulit yang mati, sehingga menyebabkan iritasi pada pori-pori.
c. Pertumbuhan bakteri pada kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak. Jerawat akan menyebabkan bintik-bintik merah dengan pusat putih yang akan tumbuh ketika pori-pori tersumbat meradang dan terinfeksi. Penutupan dan peradangan ini terjadi pada pori-pori kulit yang menghasilkan benjolan di bawah permukaan kulit yang disebut kista.

Belum diketahui apa yang menyebabkan peningkatan produksi minyak penyebab jerawat. Tapi beberapa hal seperti hormon, bakteri, perawatan medis tertentu dan keturunan bisa menjadi andil sebagai penyebab.

Berikut cara alami untuk mengatasi jerawat

1. Kulit jeruk dan Lemon

Buah jeruk seperti jeruk lemon memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran dan residu dari kulit. Jus lemon merupakan bahan yang paling efektif untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya. Untuk jerawat membandel, Anda bisa menggunakan kulit jeruk. Parut kulit jeruk sampai halus, tambahkan sedikit air untuk membentuk pasta. Oleskan pasta kulit jeruk pada daerah kulit wajah yang berjerawat, diamkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas.

Lihat juga :   Cara Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

2. Mentimun

Mentimun adalah anti-oksidan alami yang mampu untuk mengatasi jerawat. Selain itu, mentimun juga memberi efek menenangkan peradangan akibat jerawat. Mentimun diparut halus, lalu tempelkan pada jerawat dan daerah berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Madu

Ambilah madu murni, dan oleskan pada jerawat, biarkan sekitar 10-15 menit, dan bilas. Lakukan ini setiap hari sampai jerawat mengering dan menghilang.

4. Pepaya

Blender pepaya sampai halus , lalu oleskan ke komedo dan jerawat yang meradang, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Peradangan akan berkurang, dan kulit wajah halus dan bercahaya.

5. Mentimun, oatmeal, yoghurt

Haluskan satu mentimun kecil dan satu cangkir oatmeal dalam blender, kemudian aduk. Kombinasikan campuran ini dengan yogurt. Oleskan masker ramuan tadi pada wajah dan leher, tunggu selama 30 menit. Basahi kain dengan air hangat dan lembut untuk menyeka wajah. Bilas sisa masker dengan air hangat.

6. Kuning telur

Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Tempatkan kuning telur di piring, aduk dengan garpu atau sendok. Pakaikan kuning telur pada wajah secara merata, biarkan kering selama 15 menit. Gunakan kain basah untuk menghilangkan kuning telur dan bilas wajah Anda dengan air hangat.

7. Kenari dan yoghurt

Hancurkan kenari sampai menjadi bubuk halus, buat sebanyak 2 sendok teh, lalu campurkan dengan yogurt polos. Pijat wajah Anda dengan campuran ini  dan biarkan selama 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

8. Aloe Vera.

Ambil lidah buaya, potong beberapa bagian, dan kupas kulit luarnya, oleskan pada jerawat, dan ulangi melakukan cara ini setiap pagi dan sore. Jika Anda cukup sabar, jerawat mungkin dapat mengering dan mengelupas selama 3 hari. Selain itu lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat membandel. Baca juga: Lidah buaya untuk mengatasi jerawat

Lihat juga :   Mengatasi rambut rontok dengan bawang merah

Tips untuk mencegah jerawat

Mencegah tentu kebih baik, berikut ini enam langkah yang perlu Anda ikuti agar jerawat tak mau bercokol diwajah Anda:

1. Cuci wajah Anda setiap pagi dan malam.

Minyak atau kotoran yang menempel pada wajah semalaman dapat menyebabkan infeksi kulit dan menyebabkan jerawat. Cuci wajah Anda dengan jerawat formula khusus yang mengandung  setidaknya 2% asam salisilat untuk membantu menjaga pori-pori agar tetap bersih.

2.Pakai pelembab

Pastikan untuk mencuci wajah Anda di pagi hari dengan menggunakan pelembab berlabel  noncomedogenic dan  bebas minyak . Hal ini akan melindungi kulit Anda dari bahan yang digunakan dalam make-up setiap hari. Gunakan pelembab di malam hari jika kulit Anda sangat kering.

3. Setelah mencuci wajah Anda di malam hari

Terapkan obat jerawat yang mengandung tidak lebih dari 2,5% benzoil peroksida. Hal ini akan mengurangi bakteri penyebab jerawat dan memberikan kulit mempunyai  kesempatan untuk beristirahat pori-pori  yang berisi minyak berlebih. Terapkan baik di pagi hari, tapi tidak lebih dari dua kali sehari untuk menghindari bintik-bintik merah.

4. Jangan menggunakan scrub atau produk yang dapat membuat kulit abrasif.

Hal ini dapat menyebabkan pecahnya jerawat, sehingga terjadi infeksi yang akan menyebarkan bibit jerawat. Coba sekali dalam seminggu memakai masker yang mengandung belerang.

5. Make up Anda bisa menjadi penyebab jerawat.

Pastikan untuk membersihkan semua kuas  wajah sesering mungkin. Kuas kotor bisa membawa bakteri yang menyebabkan jerawat. Beralih ke makeup mineral yang tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

6.Retin-A

Retin-A dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan juga dapat menjadi solusi jangka panjang untuk mengontrol jerawat. amun hati-hati dalam menggunakannya dan ikuti saran ahli dermatologis.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *