Top 5 makanan sehat yang harus dimakan

manfaat bawang putihKita semua tahu bahwa sayuran hijau tua seperti bayam dan kangkung itu kaya dengan vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Atau seperti buah beri, apel, teh hijau merupakan diantara banyak makanan sumber terbaik antioksidan yang penting untuk melawan radikal. Sementara makanan seperti ikan salmon yang mengandung lemak esensial omega-3 , dimana penting untuk mencegah penyakit jantung, gangguan mental bahkan penyakit terkait. Itulah kemudahannya sekarang, diera akses informasi yang semakin mudah dan cepat ini tidak sulit bagi orang untuk menemukan informasi gizi.

Advertisement

Namun tahukah Anda bahwa, ada beberapa jenis makanan super yang seringkali kita sepelekan manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa makanan super ini sebenarnya sangat akrab dalam kehidupan kita, sangat mudah didapat serta murah harganya.

Berikut adalah beberapa makanan yang mungkin telah diabaikan,  hanya karena tidak menyadari potensi terbaiknya bagi kesehatan.

1. Bawang putih dan bawang merah.

Kebanyakan orang mungkin hanya mengerti jika memasak tanpa menggunakan bawang merah atau bawang putih tak akan sedap. Bawang putih dan bawang merah ternyata akan memberikan manfaat bagi kesehatan yang mungkin akan mengejutkan Anda. Kedua bahan bumbu ini menawarkan sistem daya kekebalan bagi tubuh Anda. Bawang putih, di satu sisi memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sementara senyawa sulfur dan polifenol yang ditemukan dalam bawang bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sudah jelas sekali jika kedua bahan ini adalah termasuk makanan super, menyedapkan masakan serta menyehatkan badan.

2. Kacang polong.

Pada dasarnya kacang-kacangan memiliki kandungan gizi yang unik, yang farang didapat dari sumber nabati lainnya[Baca: Manfaat kacang-kacangan]. Kacang polong umumnya lebih banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai sayuran yang lezat. Kacang polong Tidak hanya baik untuk jantung, tapi juga kaya akan vitamin penting lainnya. Nutrisi penting dari kacang polong adalah kandungan beta karoten dan lutein, yaitu yang berkontribusi untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan penglihatan.

Lihat juga :   10 Alasan Kesehatan makan Buah Apel

3. Kacang-kacangan.

Ada banyak varietas kacang-kacangan, termasuk kacang merah, lentil, buncis, kacang hijau dan kacang tanah. Ada banyak kacang yang umum dihidangkan sebagai sayuran, salad,minuman, lauk, dsb. Kacang-kacangan mengandung tinggi serat, yang penting untuk menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu kacang juga merupakan sumber karbohidrat kompleks, dimana yang akan mengenyangkan. Manfaat yang tak boleh disepelekan dati kacang-kacangana adalah kemampuannya untuk mengurangi kadar kolesterol, yang berarti juga dapat mengurangi risiko untuk kondisi umum seperti penyakit jantung dan diabetes .

4. Tomat.

Tomat juga seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu didapur, misalnya membuat sambal trasi atau memasak sayur asem, saus tomat dsb. Kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral dana antioksidan kuat, membuat buah tomat bermanfaat untuk jantung yang sehat. Kita sudah membahas manfaat tomat secara khusus, baca disini!

5. Seledri.

Sayuran ini seringkali hanya digunakan sebagai hiasan kuliner atau sebagai bahan pelengkap masakan. Bagi yang suka, seledri biasa dimakan sebagai salad. lalu apa manfaatnya seledri?,, Seledri hampir tidak ada lemak, bahkan seledri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), seledri juga berkontribusi untuk kesehatan jantung serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, K, dan B6, serta elektrolit vital seperti  kalium, dan magnesium.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *