Manfaat mengkonsumsi Bit(beet) Bagi Kesehatan

Manfaat makan bit bagi kesehatanBit (beet) adalah bentuk tanaman umbi yang dikenal berwarna merah keunguan(ada juga yang hijau), dan umum diolah sebagai sayuran dan jus. Walaupun masih kurang umum, tapi beberapa supermarket mungkin sudah menyediakan jenis sayuran jenis ini. Jika Anda masih kurang akrab atau belum kenal dengan bit, disini akan sedikit kami ulas tentangnya.

Bit merupakan tanaman yang terkenal lezat sebagai makanan. Bahkan selain enak untuk sayuran, umbi bit juga nikmat diolah menjadi minuman jus yang menyehatkan. Ia banyak menyediakan nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, bit banyak mengandung gula, sehingga sangat cocok sebagai makanan/minuman penambah energi.

Berikut ini beberapa manfaat penting mengkonsumsi bit bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui!

Tinggi vitamin dan mineral

Bit menyediakan mineral termasuk kalium, magnesium, serat, fosfor, zat besi; serta vitamin A, C, Vitamin B, betakaroten, betasianin, dan asam folat. Namun masih banyak lagi jenis nutrisi yang dapat ditemukan pada bit selain yang disebutkan diatas. Bit terutama sangat bermanfaat bagi wanita yang sedang hamil, karena menyediakan vitamin B , asam folat, dan zat besi yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi selama kehamilan dan  untuk tubuh wanita hamil itu sendiri.

Pendetoks liver alami

Bit juga bisa dikatakan baik sebagai tonik untuk hati, membersihkan darah, dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Sangat tepat sekali, karena Anda juga didukung oleh rasanya yang enak.

Menyehatkan mental

Bit diketahui mengandung betaine, yaitu substansi yang sama yang digunakan pengobatan depresi. Juga mengandung trytophan, yang berkhasiat mengendorkan pikiran dan menciptakan rasa tenang – mirip dengan Cokelat. Bit juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Lihat juga :   Kandungan gizi dan Manfaat Asparagus Bagi kesehatan

Bisa untuk menguji tingkat asam lambung

Bagaimana bisa bit digunakan untuk itu?. Jika Anda makan banyak bit atau jus bit, kemudian urin Anda berubah menjadi merah muda,  maka bisa berarti Anda memiliki asam lambung yang rendah. Jika pipis masih jernih, buat lagi jus bit. Banyak ahli gizi menggunakan bit dan jus bit untuk menguji kadar asam lambung, dan berpendapat jika baik menambahkan bit kedalam diet Anda sekarang.

Sumber energi yang tinggi

Bit sebenarnya rendah kalori, namun disisi lain ia tinggi kandungan gula. Dengan demikian menjadikannya sebagai makanan alami sumber energi terbaik. Sangat sedikit makanan yang ditemukan dari alam sebagaimana bit dalam hal ini.

Bit merupakan tambahan yang bagus untuk setiap kebutuhan makanan. Dengan jumlah nutrisinya yang tinggi, rasanya lezat, dan banyak manfaat.  Jadi siapapun bisa memasukkan bit kedalam keranjang belanjaan tanpa ragu lagi.

Sebagai Afrodisiak

Salah satu manfaat bit yang pertama kali dikenal adalah oleh orang Romawi kuno, yaitu sebagai afrodisiak. Hal ini ternyata bukanlah hanya sebatas cerita legenda semata, karena bit diketahui oleh ilmu kesehatan modern mengandung boron dalam jumlah tinggi – yaitu senyawa kimia dalam tanaman yang secara langsung berhubungan dengan produksi hormon sek*ual manusia.

Resep bit :

Jika Anda sedang membuat jus buah atau sayuran, cobalah untuk menambahkan bit. Gunakan dalam jumlah sedikit pada awalnya untuk melengkapi kelembutan dan kelezatan jus buah yang Anda buat.

Leave a Reply