Daftar Makanan sehat untuk Panjang umur

Semua orang mungkin ingin memiliki umur yang panjang yang didukung oleh kesehatan yang selalu prima hingga usia tua.

Advertisement

Diet sehat adalah salah satu pilihan dari gaya hidup kita agar memperlambat proses penuaan dan menunda timbulnya penyakit kronis yang berkaitan dengan usia. Diet makanan yang bergizi akan mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit.

Memilih makanan yang tepat agar panjang umur serta selalu sehat walafiat tidaklah harus sulit atau mahal.

Berikut ini daftar makanan yang menunjang kesehatan, sehingga memberikan kesempatan untuk panjang umur

 

Apel

Apel merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, berguna untuk melawan radikal bebas,  yaitu zat yang dihasilkan oleh proses oksidasi dalam tubuh yang menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan dan terlibat dalam proses penuaan dan timbulnya beberapa penyakit. Sebuah studi mengatakan bahwa perempuan dewasa yang rutin mengonsumsi apel akan menurunkan resiko 13% sampai 22% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Kacang almond

Kacang Almond adalah sumber vitamin E  dan lemak yang sehat. Almond juga kaya akan nutrisi, termasuk zat besi, kalsium, vitamin E, serat, riboflavin, dan magnesium. Sebuah tinjauan ilmiah yang diterbitkan Nutrition Review menemukan bahwa almond adalah makanan yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat.

Jeruk lemon

Sebuah jeruk lemon akan mencukupi asupan harian vitamin C, yaitu yang dapat membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan memperkuat tulang. Citrus flavonoid yang ditemukan dalam lemon dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan berperan sebagai anti inflamasi.

Brokoli

Brokoli kaya akan serat, folat, kalium, kalsium dan fitonutrien. Fitonutrien merupakan senyawa yang mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis penyakit kanker. Brokoli juga mengandung beta karoten, antioksidan, serta vitamin C. Tak Hanya brokoli,  Sebagian besar  sayuran menawarkan semua zat yang sangat berguna bagi kesehatan, sehingga akan memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Lihat juga :   Kandungan dan Manfaat Brokoli Bagi kesehatan

Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung 70 persen kakao yang kaya akan flavonoid. Tapi jangan berlebihan – hanya satu  kotak kecil cokelat hitam telah memenuhi kebutuhan itu.

Bawang putih

Ada banyak alasan untuk menambahkan keluarga bawang, salah satunya adalah senyawa belerang yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah banyak jenis penyakit kanker. Bawang putih juga baik untuk jantung karena dapat mencegah penggumpalan darah yang berbahaya, serta dapat membantu menurunkan kolesterol.

Alpukat

Banyak orang menghindari alpukat karena kandungan lemaknya tinggi, karena mereka percaya jika menghindari semua lemak akan mengarahkan kepada kesehatan yang lebih baik dan lebih mudah untuk menjaga berat badan.  Namun sebenarnya tidak demikian, karena sekitar 75% dari kalori dalam alpukat berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Teh hijau

Teh hijau populer akan kandungan katekin, yaitu yang melawan peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Kedelai

Seperti halnya pada jenis kacang-kacangan lainnya, kedelai  kaya akan nutrisi tapi kedelai memiliki protein yang lengkap. Kedelai menawarkan semua jenis asam amino esensial, dan isoflavon yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker pay* d ara dan kanker prostat.

Kopi

Semakin banyak saja studi yang membuktikan bahwa kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan. Selain berpotensi dapat menurunkan risiko diabetes, minum kopi dapat mengurangi risiko penurunan mental yang berkaitan dengan usia.

Bluberi dan buah-buahan yang kaya antioksidan lainnya

Makanan tinggi antioksidan seperti bluberi, jus anggur, dan kenari akan membantu melindungi dari kehilangan memori dan bahkan demensia.

Paprika

Paprika  sarat dengan vitamin C, dan tak terlalu banyak menawarkan gizi.  Paprika relatif mengandung rendah gula, serta menyediakan sedikit serat .

Lihat juga :   Manfaat dan resiko mandi berendam air hangat

Beras

Serat yang dikemas dan nutrisi pada beras dipadatkan sehingga dapat mengenyangkan. Beras dapat  membantu untuk menurunkan tekanan darah. Karena mengenyangkan, Makan nasi akan menghindarkan kita seharian untuk ngemil makanan yang buruk bagi kesehatan.

Jamur

Jamur telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan respon sistem kekebalan. Jamur juga telah ditemukan memiliki sifat anti kanker yang kuat.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *