Cara Diet Alami dan Cepat Menurunkan Berat Badan

Cara Diet Alami makin disadari betapa pentingnya bagi kesehatan. Cara alami tentunya tidak menggunakan bantuan obat-obatan tertentu yang justru bisa menimbulkan dampak kesehatan yang tidak diinginkan atau lebih mahal daripada sekedar kurus. Cara alami memang butuh kesabaran, namun hasilnya sehat dan bisa permanen. Mengenai cepat atau tidaknya tergantung kedisiplinan tiap individu pelaku diet “menguruskan” badan ini.

Advertisement

Manfaat Buah dan Sayur untuk Berat Badan

sayur dan buah untuk diet alami

Makanan untuk menurunkan berat badan tidak selalu rumit. Anda hanya cukup memasukkan jenis sayuran dan buah yang berwarna warni kedalam menu sehari-hari. Kenapa harus buah dan sayuran? makan buah-buahan dan sayuran karena hanya makanan tersebut yang mengandung sebagian besar vitamin dan mineral, serat, dan antioksidan kuat yang bermanfaat melawan penyakit.

Rahasia pertama dari buah-buahan dan sayuran adalah simpel; yaitu kaya akan gizi namun paling rendah kalori; sehingga Anda bisa makan lebih banyak sayur dan buah.

Baca juga : Manfaat Serat untuk tubuh
Rahasia kedua, mengenyangkan. Buah pir dan selada merah yang tinggi air juga tinggi serat. Kedua kandungan ini tidak hanya menjaga asupan kalori kita tetap rendah, juga membuat perut merasa lebih kenyang dan lama. Ini artinya akan mengekang Anda untuk ngemil memakan-makanan yang berbasis kalori seperti makanan yang manis, makanan gorengan, atau atau cake yang penuh mentega.

Kenapa anda selalu ingin ngemil?. tentu karena merasa lapar bukan, anda sadari atau tidak. Dengan makan buah atau sayur yang tinggi serat,  maka anda akan selalu kenyang sehingga hasrat ngemil akan berkurang. Meskipun tak terasa, ngemil walau tampak sedikit-sedikit makanan tinggi kalori bisa sangat mempercepat kegemukan. Ini bisa ditekan dengan makan banyak serat dari sayuran dan buah.

Berikut Cara -Cara untuk Diet alami untuk Mendapatkan Badan yang kurus dan Sehat :

Cara Diet alami

Catat Menu Anda setiap hari

Sekarang banyak rumah makan yang dikelola khusus untuk pelaku diet sehat. Tentu disini hanya menyediakan menu rendah kalori. Pilih jenis resto yang mendukung program diet alami anda, daripada memili resto cepat saji yang menhadirkan aneka makanan tinggi lemak dan kalori.

  • Tuliskan sarapan, makan siang, makan malam, dan pilihan makanan ringan selama seminggu. Hal ini untuk membantu Anda dalam membuat makanan dengan lebih cepat.
  • Untuk sarapan Anda mungkin cukup dengan1/2 jeruk dan semangkuk oatmeal, atau Anda bisa menumis sayuran.
  • Untuk makan siang Anda bisa makan salad sayuran seperti selada, bayam, bit, wortel, 1/2 bagian alpukat, dan kacang hitam.
  • Untuk makan malam Anda mungkin bisa makan ikan  dan satu porsi beras merah.
  • Jika Anda butuh camilan, ambil protein dan buah atau sayuran. Cobalah telur rebus lebih baik daripada kue atau roti putih karena telur rebus tinggi protein dan membuat kenyang.
Lihat juga :   Manfaat Luarbiasa Antioksidan terhadap kesehatan dan kecantikan

Menakar Porsi Makan Anda

Menghitung asupan kalori, membatasi kelompok makanan, membatasi karbohidrat atau lemak tidak selalu mudah untuk diikuti semua orang. Mengkonsumsi semua jenis makanan namun berhati-hati dalam membuat porsinya adalah cara yang lebih mudah dan lebih alami untuk membantu menurunkan berat badan.
Ketika Anda mengukur dan melihat ukuran porsi Anda, maka Anda secara alami akan membatasi beberapa kalori yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Makan diet seimbang.

Makan makanan yang tepat akan banyak membantu Anda untuk menuju berat badan yang ideal mdan mempertahankannya.
Makan diet seimbang ialah mengkonsumsi asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh dan fungsinya.
Anda harus mengkonsumsi porsi yang disarankan dari setiap kelompok makanan untuk membantu Anda memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Mengukur ukuran porsi Anda bisa membantu Anda dalam melaksanakan cara diet alami ini.
Selain mengonsumsi makanan dari setiap kelompok makanan, adalah bagus untuk mengelompokkan berbagai macam makanan. Sebagai contoh, setiap sayuran berbeda  yang memiliki kandungan vitamin yang sehat, mineral dan antioksidan.

Konsumsi protein

Protein adalah sebuah nutrisi yana sangat dibutuhkan dalam diet Anda. Protein bisa membuat Anda lebih kenyang, sehingga sangat  membantu mendukung penurunan berat badan secara alami. Porsi protein yang baik 3  hingga 4 ons per makan akan membantu menjaga asupan kalori Anda terkendali.
Anda harus fokus lebih sedikit makan daging-dagingan untuk membantu cara diet alami menurunkan berat badan. Ganti dengan ikan, daging sapi tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, telur,  susu rendah lemak, serta berbagai jenis biji-bijian dan kacang-kacangan. Sertakan satu porsi snack protein setiap kali Anda makan untuk membantu mencukupi minimum asupan makanan harian.

Sayuran dan Buah-buahan.

Buah dan sayuran akan memberikan Anda banyak nutrisi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan sedikit kalori.
Meskipun kedua buah-buahan dan sayuran rendah kalori,  namun masih penting untuk mengukur porsi Anda. Jaga porsi Anda 1 cangkir kecil buah  atau 1/2 cangkir . Sayuran 1 cangkir atau 2 cangkir sayur berdaun hijau.

Konsumsi Biji-bijian

Biji-bijian mencakup sebagian besar makanan, yaitu termasuk beras merah, beras, quinoa, gandum dll. . Biji-bijian menambah asupan serat, protein dan nutrisi penting lainnya untuk diet alami Anda.

Lihat juga :   Manfaat Olahraga Bersepeda / Gowes Bagi Kesehatan

Memoderasi Makanan yang Bertentangan dengan Cara Diet

Jangan cuma menghitung kalori dan menghukum diri dengan tidak makan permen atau makanan berlemak. Tetap makan, tapi porsinya dikurangi untuk makanan yang kurang sehat dan tidak sering.
Cara diet menurunkan berat badan secara alami berarti tidak melarang makanan tertentu atau menghindari secara bersama dan total. Tapi makanan favorit Anda perlu dimoderasi. Mungkin sekali dalam seminggu atau 2 kali dalam seminggu atau hanya beberapa kali saja dalam sebulan.

Baca juga : Makanan terbaik untuk diet Menurunkan berat badan
Jika Anda makan makanan yang tinggi lemak atau gula, misalnya saat keluar rumah bersama teman atau acara tertentu, maka anda harus mengkompensasinya dengan makan-makanan yang rendah lemak dan rendah gula dalam beberapa hari ke depan atau olahraga digym lebih keras dari biasanya.

Minum air.putih cukup

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi memiliki banyak manfaat ketika berbicara diet alami menurunkan berat badan. Terhidrasi juga membantu dalam mendukung tubuh yang sehat. Minum air  yang dianjurkan antara 8 -13 gelas sehari. Gantikan minuman energi atau minuman manis bersoda dengan air mineral. Baca : Ukuran Minum Air yang sehat

Olahraga  cukup

Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Merupakan cara diet alami yang menyehatkan termasuk menyehatkan jantung.
Dianjurkan untuk melakukan latihan cardio sekitar selama 150 menit setiap minggu dan termasuk 2 hari latihan otot.
Tingkatkan kegiatan sehari-hari yang melibatkan fisik. Misalnya berjalan ke toko, atau menggunakan15 menit waktu istirahat di tempat kerja untuk berjalan-jalan.
Carilah jenis olahraga yang Anda sukai, karena dengan cara itu Anda akan bersemangat untuk melakukannya. Latihan yoga,  seni tari, atau senam erobik bisa menjadi pilihan latihan Anda. Jangan menganggap olahraga sebagai hukuman, cobalah untuk memikirkan tentang manfaat bagi tubuh dan kesehatan Anda.

Hindari stres dengan piknik atau bergaul dengan kerabat, misalnya curhat atau menjalankan hobi. Dengan demikian anda akan terhindar dari negmeil berlebihan, yang seing dilakukan orang ketika secara emosional merasa tertekan.

Tidur yang Cukup.

Kurang tidur bisa merugikan kesehatan baik fisik maupun mental, serta membuat lebih sulit bagi anda untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk memastikan bahwa Anda sudah mendapatkan jam tidur berkualitas sekitar 8 jam setiap malam(dewasa).

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *