7 Makanan yang baik bagi kesehatan gigi

Sebelumnya kita telah membahas tentang 7 makanan yang buruk bagi gigi. Dan kali ini, apa saja makanan yang bisa meningkatkan kesehatan gigi, sehingga gigi tampak putih bersih, kuat dan tak mudah berlubang. Didalamnya terdiri dari buah, ikan, kacang, sayur dan keju. Nah, ingin agar salah satu aset tubuh kita ini bisa terjaga sepanjang masa, kita bisa melakukan upaya melalui makanan yang kita konsumsi.

Advertisement

Berikut ini 7 Makanan yang baik bagi kesehatan gigi

 

1) Air

Air bukanlah seperti makanan padat lainnya,  namun air juga berguna sebagai zat untuk mencegah gigi berlubang. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi adalah penting, untuk menjaga gigi agar tetap sehat. Bakteri lebih mudah berkembang biak dan membentuk masalah pada gigi, ketika aliran air liur mengering. Itulah salah satu yang menjadi alasan, jika pada malam hari, kita lebih rentan terhadap gigi berlubang. Air akan menyapu keasaman dan residu gula residu yang ditinggalkan oleh makanan. Berkumur air disaat mulut Anda sering, dan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari akan menjaga gigi!

2) Apel

Beberapa jenis apel ada yang sangat asam, yang bisa berdampak buruk bagi gigi Anda. Tetapi jika Anda mendapatkan buah apel yang cukup netral, dengan cukup keasaman untuk memberikan rasa yang baik, itu bisa menjadi makanan yang luar biasa untuk melawan gigi berlubang. Apel sangat berserat dan dapat membantu untuk membersihkan noda yang ditinggalkan oleh makanan lain, serta kandungan airnya yang tinggi membuat air liur Anda mengalir. Meskipun dengan hanya mengunyah apel saja tidak cukup untuk menjaga gigi dalam kesehatan yang sempurna, namun apel dapat membantu untuk menangkal dampak buruk dari makan makanan kering, seperti buah kering atau biskuit.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga bagi kesehatan

3) Kacang

Penelitian klinis yang telah dilakukan menunjukkan jika kacang baik untuk gigi. Hal ini karena Kacang-kacangan rendah gula, serta mengandung lemak tak jenuh ganda, yang dapat membantu mencegah penyakit gusi. Banyak kacang-kacangan mengandung jumlah tinggi kalsium dan fosfor, yang dapat membantu untuk memperkuat gigi. Satu-satunya hal yang bisa lebih buruk dari kacang adalah ketika anda sedang mencoba untuk mengupas kulitnya dengan gigi Anda!

4) Seledri

Seledri adalah jenis sayuran hijau, tapi sayuran yang satu ini tidak memiliki pigmen warna yang terdapat pada sayuran berwarna hijau lain seperti bayam. Seledri sarat dengan air, yang sekali lagi akan membantu produksi air liur. Serat dalam seledri juga dapat membantu untuk membersihkan gigi secara alami.

5) Keju

Ada kontroversi dengan keju, tapi satu hal yang pasti: keju adalah teman baik bagi Anda. Dokter gigi saya pernah memberikan saya nasihat untuk makan sepotong kecil keju setelah makan. Keju bersifat Menyerap keasaman dan mengembalikan PH alami mulut ke keadaan basa. Keju juga memiliki sifat melawan penyebab gigi berlubang lainnya. Untuk beberapa alasan, mengunyah keju ternyata dapat mengurangi jumlah bakteri kariogenik di dalam mulut. Keju sangat tinggi akan kalsium dan fosfor, yang diketahui penting untuk kesehatan gigi.

6) Salmon

Ikan salmon sarat dengan vitamin D, yang akan menjadi penting jika Anda tidak mengkonsumsi dari suplemen. Vitamin D akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium yang dibutuhkan. Juga,  tambahan sedikit protein akan membantu untuk menyeimbangkan gula dalam diet terutama vegan.

7) Xylitol

Xylitol adalah jenis gula yang sebenarnya baik untuk gigi  (nama kimia gula alk* hol nonfermentable, yang tidak dapat digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi). Xilitol juga ditemukan dalam beberapa makanan alami, namun kini dimasukkan juga kedalam suatu produk. Beberapa studi telah menemukan bahwa, penggunaan xilitol aman dan efektif untuk mencegah gigi berlubang. Anda bisa mendapatkan permen karet yang dipermanis dengan xylitol, di toko makanan kesehatan Anda. Ini bukanlah permen karet biasa, namun bisa berguna terutama ketika Anda tidak punya waktu untuk menyikat gigi setelah makan diluar.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *