Apakah Buah alpukat buruk bagi Kesehatan?

apakah buah alpukat buruk bagi kesehatanAlpukat hingga kini masih merupakan salah satu dari beberapa buah-buahan dan sayuran yang dipertanyakan dampaknya terhadap kesehatan. Meskipun buah alpukat telah diketahui merupakan sumber vitamin K, folat, kalium dan serat, Alpukat juga tinggi lemak. Hal ini perlu diketahui bahwa makanan dengan tinggi lemak tidak selalu membuat sebuah makanan itu buruk bagi kesehatan. Alpukat memang mangandung lemak tinggi, namun itu adalah jenis lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak baik yang mempromosikan kesehatan jantung dan beberapa fungsi dasar bagi tubuh. Hal ini karena Lemak tak jenuh tunggal akan membentuk kolesterol baik(HDL), dimana juga bermanfaat untuk menekan jumlah bad kolesterol(LDL).

Advertisement

Bila Anda makan buah alpukat dalam jumlah yang sedang, maka akan membuatnya sebagai tambahan diet yang sehat.

Kalori Buah alpukat

Banyak orang, terutama bagi yang memonitor asupan kalori menghindari makan buah alpukat, karena alpukat mengandung kalori tinggi dan lemak. Satu cangkir potongan dadu buah alpukat mengandung 240 kalori dan 22 gram lemak. Coba Bandingkan ini dengan secangkir brokoli. Brokoli hanya  menyediakan 52 kalori dan 0,6 gram lemak, atau secangkir kacang hijau hanya menyediakan 44 kalori dan 0,3 gram lemak.

Lemak dalam alpukat

Lemak dalam alpukat terutama yang banyak adalah lemak tak jenuh tunggal. Menggunakan lemak tak jenuh tunggal sebagai pengganti lemak jenuh atau lemak trans dapat membantu untuk menurunkan kolesterol. Tubuh memerlukan beberapa lemak untuk membantu pembentukan hormon, bekerjanya organ dalam, menjaga rambut dan kulit agar sehat dan membantu untuk menyerap vitamin tertentu. Anda harus mengkonsumsi antara 25 dan 35 persen kebutuhan kalori harian Anda dari lemak, terutama lemak tak jenuh. Untuk diet 2.000 kalori, yaitu antara 55 g dan 77 g lemak per hari. Satu porsi alpukat cocok untuk melaksanakan rekomendasi ini.

Lihat juga :   Manfaat dan Makanan Sumber Vitamin D

Nutrisi buah alpukat

1 cangkir buah alpukat potong dadu menyediakan banyak nutrisi lain yang akan mempromosikan kesehatan. Mendapatkan 10 g serat setiap hari akan membantu menjaga pencernaan agar berjalan lancar, serta berkontribusi untuk menurunkan kolesterol – demi kesehatan jantung. Alpukat per cangkir dadu juga menyediakan 25 persen dari kecukupan gizi yang dianjurkan dari vitamin C  berdasarkan diet 2.000 kalori. Alpukat menawarkan 39 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan(RDA), vitamin K yang penting untuk pembekuan darah, vitamin E 16 persen, dan antioksidan. Alpukat juga merupakan sumber folat(vitamin B9), dimana ini yang akan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah serta perkembangan janin. Satu cangkir potongan dadu buah alpukat menawarkan 30 persen dari kebutuhan harian folat yang direkomendasikan(RDA. Satu cangkir alpukat juga menyediakan kalium sebanyak 21 persen dari RDA, lebih banyak dari buah pisang yang berukuran kecil.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *