Buah-buahan yang baik untuk diabetes

buah ceri

Kondisi diabetes akan memaksa seseorang untuk melaksanakan diet ketat, terutama pada makanan dengan kadar gula. Sementara itu tubuh juga membutuhkan cukup nutrisi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan sehari-hari. Buah adalah pilihan makanan yang banyak menyediakan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tapi jika memiliki diabetes, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana memperlakukan buah agar dapat masuk ke dalam diet Anda?. Menurut American Diabetes Association (ADA) buah yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat,  harus menjadi bagian dari diet diabetes – hanya perlu mengetahui seperti apa yang Anda lakukan kepada karbohidrat Anda. Kuncinya adalah hanya untuk mengawasi ukuran porsi , serta menjauhi buah-buahan kalengan seperti dalam sirup atau jenis olahan lain dari buah yang menggunakan gula tambahan. Jika Anda menggunakan indeks glikemik (GI) untuk mengelola diabetes Anda, sebagian besar buah adalah pilihan yang baik,  karena buah memiliki GI yang rendah.

Advertisement

Berikut beragam buah-buahan segar yang dapat memuaskan selera , serta akan menjaga kadar gula darah dengan pilihan yang rendah karbohidrat dan tinggi nutrisi.

Buah Berri untuk memenuhi kebutuhan Antioksidan

Jika Anda suka dengan buah blueberry, stroberi, atau jenis berri lain, maka Anda mempunyai kesempatan untuk memanjakan diri. Menurut ADA, buah berry adalah makanan terbaik diabetes karena kaya antioksidan, vitamin, dan serat namun rendah karbohidrat. Tiga perempat cangkir blueberry segar menyediakan 62 kalori dan 16 gram karbohidrat.

Ceri mencegah Peradangan

Ceri adalah buah yang rendah karbohidrat, berglikemik rendah dan aman untuk diet diabetes. Dua belas ceri manis menyediakan 59 kalori dan 14 gram karbohidrat, tapi ceri tart mungkin menjadi pilihan yang sangat baik. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa ceri tart mengandung  agen anti-inflamasi lebih banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Ceri Tart juga mengandung antioksidan, yang berguna untuk melawan penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Ceri bisa dibeli segar, kalengan, beku, atau kering. Tapi karena banyak buah-buahan dalam kaleng datau kering mengandung gula tambahan, maka pastikan untuk memeriksa label kemasan.

Lihat juga :   Manfaat Cokelat bagi kesehatan

Buah Persik(peaches) untuk memenuhi kebutuhan Kalium

Buah persik yang segar dan harum dapat dimasukkan kedalam diet diabetes rendah karbohidrat Anda. Buah persik mengandung vitamin A dan C, kalium, dan serat.

Aprikot untuk memenuhi kebutuhan serat

Aprikot yang manis rendah karbohidrat dan juga tambahan yang bagus untuk paket makan diabetes Anda. Satu buah aprikot hanya menyediakan 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. Empat aprikot segar dalam satu porsi menyediakan 70 persen lebih kebutuhan vitamin A harian yang disyaratkan. Buah aprikot juga merupakan sumber serat yang baik.

Apel untuk mencukupi kebutuhan Vitamin

Satu buah apel segar setiap hari akan benar-benar bisa menjauhkan Anda dari dokter. Satu buah apel kecil hanya mengandung 54 kalori dan 14 gram karbohidrat. Apel juga mengandung serat dan sumber yang baik vitamin C. Jangan kupas apel Anda, karena kulit apel justru penuh antioksidan – namun harus dipastikan telah dicuci bersih untuk menghilangkan residu pestisida yang tertinggal.

Jeruk untuk memenuhi Vitamin C

Makan satu buah jeruk saja Anda sudah mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam satu hari. Jeruk rendah karbohidrat, glikemik rendah dengan hanya 15 gram karbohidrat dan 62 kalori. Jeruk juga mengandung folat dan kalium, yang bisa membantu untuk menormalkan tekanan darah.

Pir untuk mendapat Kalium dan Serat

Pir adalah buah yang rendah karbohidrat, jadi merupakan tambahan yang bijaksana untuk paket makan diabetes Anda. Pir adalah sumber kalium dan serat yang baik. Tidak seperti kebanyakan buah, buah pir benar-benar justru tekstur dan rasanya akan meningkat setelah dipetik. Simpan pir pada suhu kamar sampai matang  sempurna untuk dimakan , kemudian bisa  disimpan dalam lemari es. Baca juga: Akibat jika tubuh kekurangan kalium

Lihat juga :   Macam-macam Vitamin untuk membantu menurunkan berat badan

Buah Kiwi rendah karbohidrat

Buah kiwi yang Lezat merupakan sumber kalium yang baik, serat, dan vitamin C. Satu buah kiwi besar menyediakan sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat, sehingga menjadikannya sebagai tambahan cerdas untuk diet diabetes Anda. Kiwi tersedia sepanjang tahun,  dan akan bertahan didalam kulkas sampai tiga minggu.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *