Camilan sehat yang tidak membuat gemuk

Manfaat ubi jalarSeringkali orang tak menyadari dan menganggap camilan tak akan berpengaruh dengan berat badan. Jika memiliki pendapat demikian terkadang banyak salahnya, apalagi makan camilan yang kebanyakan cara produksinya digoreng dan berpenyedap tinggi. Camilan seperti ini umumnya berasa sangat gurih dan lezat, jadi membuat ingin terus untuk mengunyahnya. Akibatnya, makan camilan ini justru akan membuat seseorang melupakan makanan utamanya dan cenderung akan memakan camilan dalam jumlah yang lebih besar. Inilah alasan kenapa orang yang suka ngemil, maka berat badannya akan meningkat secara dramatis. Cemilan yang gurih dan enak justru lebih banyak mengandung lemak, daripada nutrisi penting yang sangat dibutuhkan tubuh.

Advertisement

Mungkin pada awalnya dimulut akan tak terasa begitu nikmat, tapi dengan kebiasaan Anda nanti pasti akan ketagihan juga. Rasa camilan enak hanya sebatas leher keatas dan hanya dalam waktu singkat. Sementara jika telah sampai leher kebawah, yang timbul adalah tidak enak bagi tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut ini beberapa camilan sehat yang selain dapat menjaga badan tetap langsing, juga akan memenuhi banyak nutrisi dan mineral penting yang akan menjaga kesehatan kita.

Ketela rebus

Ubi jalar kaya flavonoid, mineral serta serat yang sehat bagi pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Ubi jalar atau ketela rambat atau sweet potato baik bagi kesehatan, dan lebih sehat dan tak membikin gemuk jika di makan hanya dengan direbus. Anda juga bisa menambahkan singkong rebus sebagai camilan sehat Anda.

Sayuran

Siapa bilang sayuran tidak bisa dijadikan camilan?,,,brokoli dan kentang bisa direbus dan dimakan sebagai camilan yang sehat. Wortel bisa dimakan setelah direbus dan diolesi dengan selai kacang. Wortel dan tomat mentah bisa diblender sebagai minuman yang sehat. Kentang memang sehat, namun tidak jika makan keripik kentang yang digoreng.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga bagi kesehatan

Irisan buah

Kupas buah kesukaan Anda, iris beberapa potong dan sediakan didepan Anda saat menonton televisi. Buah seperti pisang, buah kiwi, jeruk, melon, semangka atau buah apa yang disenangi.

Apel juga sangat sehat sebagai camilan, selain tak membikin gemuk, ada 10 alasan kesehatan makan buah apel.

Buah beri

Buah beri, seperti blue beri, black beri, stroberi  semuanya baik bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung. Tinggi antioksidan untuk mencegah penyakit dan serat yang baik bagi pencernaan, sehingga tubuh awet langsing. Hal ini karena buah berri juga dikenal dapat membantu membakar timbunan lemak.

Kedelai atau edamame

Kedelai atau edamame cukup hanya direbus bersama kulitnya, dan jadikan camilan yang gurih disela waktu isitirahat Anda. Zat dalam kedelai sangat menyehatkan dan tak ada resiko apapun jika sering mengkonsumsinya.Mengkonsumsi kedelai agar tetap sehat adalah dengan tidak menggorengnya serta dicampur garam.

Kedelai adalah sumber protein nabati dan juga serat, yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk lebih lengkapnya, baca : Manfaat kedelai.

Jagung Manis

Jagung manis mengandung beberapa Vitamin B seperti folat(B9) dan tiamin (B1). Vitamin B adalah vitamin esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Makan jagung manis yang direbus tidak akan membuat kegemukan, karena rendah lemak dan kolesterol. Jagung beku akan membuat kenyang lebih lama, sehingga akan mengurangi keinginan ngemil.

Popcorn juga tidak bikin gemuk jika dijadikan camilan, asal tak ditambahkan mentega dan banyak garam.

Biji-bijian dan kacang kacangan

Kacang seperti kacang tanah dan almond mengandung protein tinggi, omega 9, magnesium, kalsium dan serat serta rendah lemak jenuh dan rendah kalori. Namun makan kacang jangan ditambahkan dengan garam. Biji-bijian juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan kacang sebagai camilan sehat, seperti biji bunga matahari dan biji labu. Baca juga: Kacang-kacangan dan biji-bijian.

Lihat juga :   Kandungan Gizi dan manfaat Jamur untuk kesehatan

Oat

Gandum dikenal baik bagi kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit jantung. Selain itu, gandum juga mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan serta bikin kenyang lebih lama.

Alpukat

Alpukat memang mengandung lemak, namun lemak terbanyak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan. Alpukat justru akan membantu untukmembakar timbunan lemak dalam tubuh Anda, sehingga sangat baik dimasukkan kedalam makanan diet menurunkan berat badan. Alpukat juga kaya berbagai nutrisi penting seperti vitamin E dan folat yang tinggi. Makan buah alpukat tanpa gula, agar tetap sehat dan tak menyebabkan kegemukan.

Ingin tetap melakukan ngemil, namun berat badan ingin tetap terjaga dan tetap sehat?, Kini saatnya untuk merubah haluan kearah ngemil yang sehat dengan beberapa makanan seperti yang telah disebutkan diatas.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *