Cara Alami cepat menyembuhkan flu dan demam

Seperti kita tahu, flu adalah gejala yang diakibatkan oleh virus dan bukan karena bakteri. Virus flu akan dengan mudah menyerang kita pada saat sistem kekebalan kita sedang menurun, dan flu akan segera menyingkir setelah kekebalan tubuh kita menguat kembali. Itulah kenapa tiap orang akan berbeda-beda waktu sembuh mereka dari influensa, ada yang hanya 3 hari sembuh , bahkan ada yang sampai berhari-hari. Terpenting adalah tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap kuat,  agar flu cepat menyingkir serta tak mudah terkena flu kembali.

Advertisement

Berikut beberapa tips alami untuk membantu mempercepat kesembuhan gejala  influensa

Berkumur Air Garam

Berkumurlah dengan air garam yang hangat sampai empat kali per hari untuk membantu meredakan sakit tenggorokan. Obat lama yang masih populer adalah berkumur dengan madu atau cuka apelyang dicampur madu. Namun jangan melakukan ini pada anak dibawah usia 12 tahun.

Banyak Istirahat

Bila Anda sedang sakit flu, maka Anda akan merasa lemah karena sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk melawan flu. Istirahat yang cukup saat terserang flu adalah obat terbaik. Berbaringlah ditempat tidur sebanyak mungkin, dan jaga agar tubuh tetap hangat dengan selimut.

Minum banyak air hangat

Menurut LiveStrong, minum cairan hangat bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Minum banyak cairan juga akan membantu mencegah dehidrasi, dan akan menenangkan peradangan pada membran tenggorokan dan hidung.

Minum teh hijau

Teh hijau (Camellia sinensis) mengandung polifenol, antioksidan ampuh yang dipercaya akan memberikan efek meningkatkan imunitas tubuh nya. Untuk mengoptimalkan manfaat teh hijau untuk mengatasi flu, masukkan teh hjau tak kurang dari satu menit dalam air mendidih.

Perbanyak vitamin C

Sebuah studi menunjukkan bahwa vitamin C mungkin akan menurunkan risiko terkena flu bagi orang yang pekerjaannya dalam lingkungan stres yang tinggi. Mereka akan beresiko lebih rendah 50% untuk terserang flu,  jika mereka mendapat dosis harian vitamin C. Jdi jika Anda merasa banyak tekanan dalam pekerjaan, dapatkan asupan vitamin C baik dari makanan atau suplemen vitamin C sesuai dosis harian direkomendasikan.

Lihat juga :   Manfaat Teh Hijau

Probiotik:

Disebut juga sebagai bakteri “baik” – dan dapat ditemukan dalam yogurt, atau makanan lain. Yogurt bukan hanya untuk menekan pertumbuhan bakteri “buruk”,  tapi mungkin juga akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dengan cara yang lain.

Mandi Air hangat dan dingin

Bukti telah menunjukkan bahwa mandi setiap hari dengan air hangat yang dilanjutkan dengan air dingin, atau air dingin saja dapat mengurangi durasi dan frekuensi gejala flu biasa. Di Eropa, mandi uap telah terbukti dapat mengurangi gejala flu.

Hidroterapi pada umumnya digunakan untuk mengobati gejala nyeri pada beberapa pasien,  termasuk penderita stroke dan sakit tubuh.

Makan sup ayam

Beberapa laporan menunjukkan bahwa sup ayam dapat mengurangi gejala flu biasa.Dalam Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh para peneliti di University of Nebraska, menyimpulkan bahwa sup ayam bisa mengandung beberapa zat dengan manfaat obat yang menguntungkan. Sup dikatakan akan menyebabkan efek anti-inflamasi ringan, yaitu yang dikenal untuk meringankan gejala infeksi saluran pernapasan atas. Meskipun ilmuwan tidak tahu mana komponen yang dapat menyebabkan efek ini, namun dalam pemnelitian laboratorium tiga kelompok sup ayam (tidak dengan kaldu sendiri) menunjukkan pengurangan terhadap pergerakan neutrofil (sel darah putih yang umum dalam darah yang menangkal infeksi). Secara teoritis, menghentikan neurtrophils pergi ketempat lain akan mengurangi aktivitas pada saluran pernapasan bagian atas,  yang menyebabkan gejala flu.

Jika gejala flu masih belum menunjukkan penyembuhan hingga sampai 7 hari, kemungkinan Anda membutuhkan bantuan perawat medis atau dokter.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *