Cara Alami mencerahkan kulit Ketiak gelap

Cara Alami mencerahkan kulit Ketiak gelapYang pasti terpikirkan terhadap Ketiak adalah mencukurnya, terutama jika ingin menggunakan kaos atau baju lengan pendek. Hal lain yang seringkali berhubungan dengan ketiak adalah masalah keringat dan bau badan, sehingga banyak produk kosmetik bisa mendarat diatasnya. Namun sebaiknya Anda berhati-hati dalam memperlakukan salah satu daerah Anda yang tersembunyi tersebut, karena kulit ketiak sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai masalah. Jika salah perlakuan beberapa kondisi bisa saja terjadi, seperti: Ruam, perubahan warna ke gelap, Infeksi, Rambut tumbuh kedalam, Kista, Jerawat, Hyperhydrosis (keringat berlebih), Pembengkakan kelenjar getah bening, dan Bisul.

Advertisement

Banyak hal bisa terjadi berawal dari daerah kecil yang sering disepelekan ini. Akan tetapi pigmentasi atau perubahan warna adalah salah satu keluhan yang paling banyak oleh wanita, bahkan oleh pria sekalipun.
Penyebab perubahan warna ketiak

Kulit ketiak yang berubah menjadi gelap terutama disebabkan oleh penggunaan jangka lama bahan kimia pemutih, krim penghilang rambut, deodoran, antiperspiran, dl. Kebiasaan mencukur berlebihan dan dalam jangka yang lama juga dapat menyebabkan perubahan warna atau penggelapan kulit didaerah yang sangat sensitif ini. Kehamilan seringkali juga menyebabkan warna kulit, tapi kalau yang ini bisa berubah sendiri dalam beberapa bulan.

Orang yang memiliki kulit gelap lebih rentan terhadap penggelapan ketiak, karena jumlah melanin yang lebih banyak dalam tubuh. Melanin adalah pigmen pelindung yang melindungi kulit terhadap sinar UV. Kehamilan dan perubahan hormonal adalah penyebab lain tersedniri. Kemungkinan lain bisa jadi karena diabetes, karena kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan penggelapan warna kulit. Erythrasma, atau infeksi bakteri kronis juga merupakan penyebab lain dari masalah ini. Rambut yang tumbuh ke dalam karena terlalu sering dicukur juga bisa membuat kulit ketiak menjadi terlihat berwarna lebih gelap. Memang banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan masalah ini, namun Anda bisa mencoba beberapa metode alami berikut ini.

Lihat juga :   Mengatasi rambut rontok dengan bawang merah

Tips cara Alami untuk mengatasi kulit ketiak yang berwarna gelap

Jika Anda ingin terbebas dari masalah ini, entah ikut trend mode menggunakan baju tanpa lengan, sekedar untuk kepercayaan diri, atau masalah bau dan lainnya, cobalah beberapa cara alami mengembalikan kecerahan kulit ketiak Anda berikut ini:

1. Kentang:

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa kentang yang lezat ini juga merupakan pemutih dan anti-iritasi alami. Parut kentang atau bisa juga diblender, kemudian pergunakan pada ketiak Anda.. Beberapa kali penggunaan akan mengembalikan ketiak yang gelap menjadi cerah.

2. Baking soda:

Ambil bubuk baking soda, dan cara menggunakannya sama seperti ketika Anda menggunakan bedak. Bahan ini memiliki keistimewaan yaitu tidak berbau, anti iritasi, dan bermanfaat untuk menghilangkan masalah keringat berlebih, bau dan gatal.

3. Cendana:

Cendana identik dengan bahan kosmetika untuk kulit yang cantik, harum. Oleskan pasta cendana yang dicampur dengan air mawar selama sekitar 10 sampai 15 menit untuk mencerahkan dan menyegarkan kulit ketiak yang gelap. Selain bisa meringankan kulit, kayu cendana juga akan menghilangkan masalah bau badan, serta menenangkan rasa gatal hampir seketika.

4. Masker pemutih alami:

Cara cepat untuk mencerahkan kembali ketiak Anda adalah dengan cara menutupinya dengan pasta yang terbuat dari campuran yogurt, bubuk kunyit dan jus lemon. Seperti halnya pada masker wajah, cuci kembali “masker” ini sebelum benar-benar mengering. Produk pencerah kulit yang banyak tersedia ditoko juga bekerja dengan cara yang sama.

5. Vitamin E:

Penggunaan secara langsung produk kecantikan yang tinggi vitamin E dalam bentuk minyak atau krim,  terbukti sangat berguna untuk mengatasi warna gelap pada kulit didaerah ini. Vitamin E adalah senyawa yang terkenal untuk mempertahankan keremajaan dan kelembutan kulit.

Lihat juga :   Rahasia agar rambut tetap sehat

6. Madu:

Sebagian besar dari kita mungkin belum tahu akan manfaat madu bila diterapkan secara langsung pada kulit. Madu adalah toner serta agen pencerah kulit alami. Oleskan pada ketiak Anda dengan campuran madu, jus lemon dan gula. Ramuan ini juga akan membantu mengurangi bau ketiak.

7. Kulit Jeruk / Lemon:

Buah jeruk dan lemon mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi, yang juga merupakan exfoliant(pengelupasan) dan pemutih kulit alami. Keringkan kulit jeruk, tumbuk menjadi bubuk, dan campur dengan air mawar. menggosok ketiak dengan ramuan ini akan membuatnya kembali menjadi cerah alami. Ini bukan cara yang instant, butuh beberapa waktu untuk memperbaiki masalah.

8. Batu Apung:

Batu apung adalah bahan alami untuk Exfoliant kulit, yang telah lama digunakan oleh nenek moyang kita. Gosok kulit ketiak Anda menggunakan batu apung dengan lembut. Cara ini akan membantu Anda dalam menghilangkan lapisan kulit yang gelap. Namun, jangan terlalu bersemangat, karena hal ini akan menyebabkan lecet.

9. Mencabut bulu ketiak :

Cara ini adalah cara yang paling umum untuk mencegah kulit ketiak gelap, yang akan memberikan 2 manfaat sekaligus. Satu, tidak menyebabkan masalah rambut tumbuh ke dalam, dan yang kedua secara efektif mengangkat sel kulit mati. Cara ini akan memberikan penampilan kulit yang cerah.

10. Bedah Kosmetik:

Banyak orang yang masih khawatir menggunakan cara ini, jadi temukan ahli yang benar-benar profesional untuk penanganan jenis ini. Teknologi Laser juga terus berkemban, dan mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Operasi mungkin saja tidak memberikan hasil yang sama bagi setiap orang, namun masih layak dicoba jika solusi lain tak menuntaskan masalah Anda.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *