Cara sehat mengatasi sulit buang air besar

manfaat jogging bagi kesehatanSembelit bisa saja merupakan gejala dari suatu penyakit, tetapi lebih sering karena faktor gaya hidup. Sembelit hampir pernah dialami oleh setiap orang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan sulit BAB, misalnya kurang asupan  serat, kurang minum air, kurang olahraga,  stroke, masalah usus besar, athau karena ketergantungan pada obat pencahar,.

Advertisement

Dikatakan orang mengalami konstipasi atau sembelit jika mendapati frekuensi BAB kurang dari 2 kali dalam seminggu. Buang air besar tidak teratur serta feses yang keras yang kadang-kadang menyebabkan rasa sakit saat BAB. Tentu saja kondisi seperti  ini akan menyebabkan ketidaknyamanan,bahakan kondisi yang lebih lanjut bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Berikut tips untuk mengatasi sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara umum :

1. Minum banyak air

Langkah pertama untuk meringankan gejala sembelit yang perlu dilakukan adalah minum cukup air. Jika tubuh Anda kurang cairan, maka feses akan sulit untuk keluar. Meningkatkan asupan cairan sebenarnya adalah sebuah langkah yang mudah dan murah, akan tetapi banyak orang menjadi lupa untuk minum. Agar mendapatkan asupan cairan yang cukup, Anda bisa minum di antara waktu makan atau minum air sesaat setelah bangun tidur pada pagi hari.

Dibutuhkan beberapa liter air tambahan dari jumlah yang biasanya untuk meningkatkan fungsi usus. Memperbanyak minum air seperti minuman bersoda atau kopi tidak memiliki kualitas yang sama seperti air putih biasa. Jika Anda sudah minum lebih dari 3 liter,  tetapi masih saja mengalami  sembelit, dehidrasi mungkin bukanlah penyebab dari masalah sembelit.

2. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Langkah berikutnya adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik. Jika setiap hari Anda hanya duduk di depan komputer, kemudian setelah dirumah hanya menonton TV setelah makan malam, maka pastikan untuk dapat menggerakkan tubuh.

Lihat juga :   Makanan yang baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala

Anda bisa menambahkan aktivitas fisik dengan berolahraga secara teratur. Salah satu gerakan yang dapat membantu adalah dengan membungkuk dan memutar punggung dan otot perut. Gerakan ini akan merangsang usus atau buang air besar lebih mudah dan lancar. Manfaat lain dari olahraga adalah bahwa Anda akan merasa haus, sehingga dapat menambahkan asupan air lagi.

3. Jangan suka Menunda atau menahan

Banyak orang yang menderita sembelit karena mereka suka menunda atau menahan saat ingin buang air besar. Hal ini jelas bertentangan dengan sistem alami tubuh. Oleh karena itu, langkah ketiga untuk meringankan sembelit adalah menghindari menunda atau menahan ketika tubuh memberikan signal akan buang air besar.

4. Tambah konsumsi serat

Sulit BAB bisa jadi merupakan pertanda jika Tubuh kurang serat. Makan lebih banyak makanan berserat tinggi adalah salah satu langkah yang harus Anda lakukan untuk meringankan sembelit. Serat mudah didapat dari makanan-makanan terutama buah, sayuran, biji-bijian serta kacang-kacangan. Untuk sementara kurangi minum susu, makan daging dan makanan gorengan. Hal ini dapat membantu untuk meringankan sembelit yang Anda alami.

5. Kurangi konsumsi makanan olahan

Makanan olahan atau makanan kemasan yang memiliki waktu simpan tertentu biasanya mengandung pengawet, dan zat pengawet tidak baik untuk kesehatan pencernaan.

6. Batasi konsumsi makanan dan obat-obatan yang bisa menyebabkan sembelit.

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan sembelit, misalnya roti yang terbuat dari gandum putih atau produk olahan dari susu, keju, daging, dan telur. Demikian pula dengan obat-obatan seperti antasida juga bisa menyebabkan sembelit.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *