Daftar rempah / bumbu yang paling menyehatkan

Jika Anda berpikir makan sayuran setiap hari adalah hal yang membosankan, untuk itu Anda bisa mendapatkan manfaat sehat yang lain dari rempah-rempah. Ada puluhan bahan bumbu dan rempah-rempah yang dapat ditambahkan kedalam salad , daging, atau makanan dan minuman. Rempah atau bumbu terbukti dapat mengubah masakan dari rasa dasar yang hambar menjadi sedap dan beraroma. Itu saja belum cukup, karena berbagai jenis rempah atau bumbu dapur ternyata juga banyak mengandung senyawa atau nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan dapat membantu untuk melindungi Anda terhadap penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung, karena mereka kaya dengan zat anti oksidan dan zat anti inflamasi.

Advertisement

Berikut adalah beberapa  bumbu / rempah-rempah terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan:

Kayu manis

Selain lezat, kayu manis juga akan membantu tubuh Anda untuk mengatur kadar gula darah, yaitu dengan membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Kayu manis memiliki sifat anti-kanker yang kuat,  dan akan meningkatkan profil kolesterol Anda (menurunkan LDL, meningkatkan HDL).
Ada 3 jenis kayu manis: Ceylon, Cassia dan Saigon. Ceylon adalah “true cinnamon”, karena memiliki rasa termanis. Cassia adalah yang paling umum, dan memiliki rasa yang lebih keras, kurang manis dari Ceylon. Saigon bahkan kurang manis dan yang paling mahal dari ketiganya. Semua memang memiliki sifat yang sedikit berbeda, namun semuanya sama-sama mengagumkan.

Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang populer di Asia. Kunyit dikalangan para ahli dikenal sebagai rempah dengan kandungan anti oksidan kuat yang disebut curcumin. Curcumin adalah zat yang paling dominan dalam kunyit,  yang paling ampuh sebagai zat anti inflamasi dan dapat melindungi tubuh kita dari segala macam penyakit kronis. Menurut penelitian, curcumin adalah solusi alami dan aman sebagai penghilang rasa sakit.
Sebuah studi tentang kurkumin telah menemukan bahwa curcumin meningkatkan umur cacing gelang rata-rata 39 persen . Studi lain pada lalat buah menunjukkan peningkatan hidup sebesar 25% . Hal ini telah diberikan alasannya, bahwa kurkumin dapat mengurangi jumlah kerusakan sel yang terjadi selama proses penuaan, serta melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Jadi, kunyit merupakan resep awet muda!

Lihat juga :   Manfaat Buah Mengkudu

Oregano

Oregano  adalah penambah kekuatan masakan italia, dan bisa didapat disupermarket. Merupakan ramuan antibakteri yang kuat, sumber alami vitamin K, yaitu vitamin yang larut dalam lemak yang akan melindungi jantung Anda. Oregano juga merupakan sumber yang baik mineral mangan, zat besi dan serat.

Jahe

Jahe adalah rempah-rempah yang sedikit memiliki rasa pedas yang sangat khas. Jahe adalah pelawan kanker yang potensial, dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan lemak dalam darah. Jahe memiliki sifat antibiotik, sifat anti-inflamasi dan anti-jamur yang kuat. Jahe juga baik untuk perut – dapat membantu pencernaan dan mencegah bisul.

Cabai merah dan cabai rawit

Capsaicin, adalah zat yang memberikan rasa pedas pada cabai, bersama capsinoids akan meningkatkan thermogenesis ( memanaskan tubuh) , yang akan membantu Anda untuk membakar lemak . Capsaicin memiliki efek anti-inflamasi yang kuat , dan hal ini digunakan untuk mengobati rasa sakit yang terkait dengan arthritis, psoriasis dan penyakit lainnya.

Cabai merah dan cabe rawit, juga telah terbukti dapat mengurangi trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Melindungi kolesterol dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menyebabkan aterosklerosis(pengerasan arteri, penyebab sakit jantung dan darah tinggi).
Manfaat kesehatan lain dari cabai adalah mengurangi terhadap risiko diabetes tipe 2 (menurunkan jumlah insulin), membunuh sel-sel kanker prostat, dan pencegah bisulan.

Lada hitam

Lada hitam adalah primadonanya rempah-rempah, lada hitam akan membantu pencernaan Anda untuk merangsang produksi asam klorida. Manfaat besar lainnya bagi kesehatan adalah meningkatkan kesehatan gigi dan bertindak sebagai antidepresan.

Mint

Apkah Anda menyukai tentang aroma mint yang menyegarkan ? Mint digunakan dalam berbagai macam produk seperti pasta gigi, permen karet, obat kumur, permen, dll , dan tidak ada jenis lain yang dapat mengalahkannya.
Mint dapat membantu pencernaan Anda, yaitu mengaktifkan kelenjar yang bertugas mengeluarkan air liur serta  enzim pencernaan. Beberapa orang menggunakan minyak mint untuk mencegah rasa mual saat perjalanan. Mint dapat melonggarkan hidung, tenggorokan atau paru-paru, atau asma.

Lihat juga :   Kandungan gizi dan Manfaat Kedelai

Mint juga baik untuk membersihkan darah, kulit dan mulut. Mint juga dapat memutihkan gigi dan memerangi bau mulut. Coba tambahkan daun mint segar pada teh hijau murni.

Jinten

Jinten merupakan sumber zat besi , satu sendok makan jinten memenuhi 15% dari asupan harian yang direkomendasikan. Jinten adalah rempah-rempah lain yang dapat membantu kerja sistem pencernaan dengan merangsang sekresi enzim pankreas, dengan demikian akan membantu usus menyerap nutrisi dengan lebih baik.
Jinten memiliki sifat anti-karsinogenik dan dapat membantu mendetoksifikasi hati Anda.

Kemangi

Kemangi adalah sumber vitamin K ,  2 sendok teh kemangi akan memberikan Anda  60% dari dosis harian yang direkomendasikan. Kemangi juga memiliki sifat antibakteri dan dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oleh oksidasi dan radiasi. Juga ampuh sebagai herbal anti inflamasi. Makan lalapan takkan nikmat tanpa kemangi.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *