Efek dan Pengaruh Gigi berlubang terhadap kesehatan

Advertisement

Cara Alami mencegah gigi berlubangOrang bilang, sakit gigi rasanya luarbiasa, dan bahkan katanya lebih sakit dari sakit apapun. Jika Anda belum pernah sakit gigi, saya cuma berpesan agar Anda jangan sampai mengalami sakit yang satu ini.

Sakit gigi, yang terasa sakit bukan hanya pada gigi, tapi seluruh kepala pun bisa menerima dampak sakitnya. Mudah marah, sulit tidur, tak bisa konsentrasi dan akhirnya kerjaan terbengkalai. Untuk itu, rajinlah merawat gigi, dengan jalan melaksanakan tips mencegah gigi berlubang, dan sering cek-up kedokter gigi secara berkala. Dengan demikian, jika ada kemungkinan gigi berlubang, maka akan segera diketahui, sehingga lebih mudah untuk ditanggulanginya. Tahu tidak, bahwa gigi sakit yang diakibatkan oleh lubang pada gigi bisa berdampak buruk kepada kesehatan yang lain, terutama dapat mengganggu fungsi otak?.

Kenapa gigi berlubang bisa mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya?

Pada kasus gigi berlubang akan terjadi abses atau penimbunan nanah, jika tidak segera  mendapat penanganan yang tepat. Dengan demikian, bakteri menumpuk dalam abses pada gigi berlubang juga akan menyebar keseluruh organ tubuh melalui pembuluh darah.

Pada dasarnya mulut kita itu sudah dipenuhi oleh miliaran bakteri. Apalagi jika ditambah dengan abses pada gigi berlubang, maka akan menjadi berlipat-lipat bakterinya. Bahayanya adalah ketika semua bakteri itu masuk kedalam aliran pembuluh darah, dan kemudian akan bercampur dengan darah lantas menyebar keseluruh tubuh. Tinggal kita menunggu saja, dimana bakteri yang ikut aliran darah tersebut akan berhenti. Hal ini bisa di jantung, pada persendian, ginjal atau bahkan pada otak. Dan bakteri seperti itu biasanya akan berhenti dan hinggap, lantas menggerogoti pada organ tubuh yang sedang lemah.

Sakit gigi bisa mempengaruhi otak?

Yang penting diwaspadai adalah ketika milyaran bakteri tersebut telah berhenti diotak, tentunya kondisi ini akan sangat mengganggu kehidupan seseorang. Kalau fungsi otak terganggu, tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup dan menurunkan aktivitas harian.

Jadi sangat fatal jika sampai bakteri kalau tersebut sudah nempel di otak, sebab sudah pasti akan menggrogoti sel-sel didalam otak. Akibatnya?,,, mungkin sudah bisa di bayangkan, misalkan otak itu adalah  ibarat CPU komputer. Bagaimana jadinya jika komputer sudah terinfreksi virus.

Sudah sakitnya minta ampun, makan sulit, bau mulut, serta gangguan otak. Banyak banget efek dari sakit gigi, makanya mulai sekarang rawat ia dengan baik-baik.

Advertisement