Efek tidur Miring Kekanan bagi Kesehatan dan Kehamilan

tidur miring kananAnda pasti sudah tahu bahwa Tidur merupakan kebutuhan biologis penting bagi kita. Dengan cukup tidur, maka kita akan mendapatkan kesegaran kembali akibat aktifitas kita yang kita kerjakan setiap hari. Selama tidur malam adalah waktu bagi tubuh untuk melakukan memperbaiki diri sendiri, tumbuh, dan proses pembuangan racun keluar dari tubuh. Tak hanya tidur akan mempengaruhi kualitas fisik dan mental Anda, posisi tidur pun juga demikian. Posisi tidur  miring kekanan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, namun sebaliknya posisi miring kekiri justru akan meningkatkan kesehatan Anda.

Advertisement

Tidur miring kekanan adalah posisi tidur yang umum, namun harus dihindari karena berpotensi sangat membahayakan kesehatan. Jika Anda lebih suka tidur diposisi ini, sekarang mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk merubahnya sejak dari sekarang.

Berikut risiko jika memiliki kebiasaan tidur miring kekanan

Untuk Wanita Hamil

Walaupun posisi tidur sulit dikontrol jika sudah terlelap, namun khusus bagi ibu hamil disarankan untuk menghindari miring ke kanan. Ada beberapa alasannya termasuk:

  • Berkurangnya Sirkulasi darah ke janin
  • Tidur miring kanan tidak baik bagi plasenta, dimana yang memiliki fungsi penting untuk kesehatan bayi Anda. Hal ini termasuk membatasi asupan nutrisi ke bayi Anda dari makanan yang Anda makan.
  • Tidur miring kanan dalam  jangka waktu lama dapat menekan hati Anda, karena pada saat hamil bobot Ibu tentu lebih besar.
  •  Dampak yang paling menakutkan adalah meningkatkan risiko bayi lahir meninggal. Risiko dapat terjadi selama trimester akhir masa kehamilan.

Baca juga : Apakah pepaya tidak boleh dimakan oleh ibu hamil?

Bagi orang dewasa umumnya

Bagi siapa saja termasuk pria atau wanita yang sedang tidak hamil, pun harus mencoba untuk menghindari tidur miring kekanan. Posisi tidur ini buruk karena dapat merugikan kesehatan  termasuk :

  • Kebanyakan wanita hamil rentan mengalami mulas. Namun, orang dewasa juga dapat menderita masalah ini dan tidur miring kanan dapat memperburuk kondisi.
  • Jika Anda cenderung  tidur miring kek kanan atau  kiri juga, Anda mungin akan sering merasakan bangun dengan lengan kesemutan atau mati rasa. Hal ini karena  sebagian besar berat badan menimpa satu lengan, sehingga mengakibatkan pembuluh darah terhimpit. Tak hanya itu, saraf Anda juga akan tertekan, yang menyebabkan kesemutan.
  • Kondisi asam lambung bisa berakibat buruk bagi kerongkongan, termasuk dapat menyebabkan kanker. Dengan demikian orang dengan masalah lambung sebaiknya tidak tidur miring kekanan.
  • Tidur miring ke kanan dapat menyebabkan sistem limfatik berjalan lebih lambat dari normal. Sistem limfatik yang tidak berjalan semestinya bisa menyebabkan penyaringan toksin dan aliran getah bening tidak lancar, sehingga ada risiko penumpukan racun dalam tubuh Anda.
Lihat juga :   Camilan sehat yang tidak membuat gemuk

Tidur Miring kanan tidak selalu buruk

Namun tidur miring kanan tidak selalu buruk. Ada manfaatnya juga, yaitu membantu jantung menjadi lebih sehat karena akan menurunkan denyut jantung dan tekanan darah Anda saat tidur.

Jika Anda tidak hamil atau orang yang tidak memiliki masalah kesehatan tertentu seperti asma, sleep apnea,  atau masalah pencernaan,  posisi tidur yang  terbaik adalah dengan punggung dibelakang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *