Kacang dan biji-bijian mengandung Omega 3

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki dampak positif terhadap penyakit degeneratif atau untuk mencegah seperti kronis seperti penyakit jantung, hipertensi, rheumatoid arthritis, Alzheimer, kanker, diabetes serta masih banyak lagi. Sifat anti inflamasi omega-3 juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 juga sangat penting untuk wanita menopause untuk memelihara jantung, payud*ra dan kesehatan tulang, dan bahkan dapat membantu menjaga suasana hati agar stabil.

Advertisement

Omega 3 dan kacang-kacangan serta biji-bijian bagi kesehatan

Omega-3 adalah adalah jenis lemak esensial yang hanya dapat diperoleh dari sumber luar seperti makanan, artinya tubuh manusia tidak mampu untuk memproduksinya sendiri. Asam lemak ini akan membentuk bagian penting dari membran sel di seluruh tubuh, dan untuk membantu sel-sel supaya berhubungan dengan lebih efektif.

Asam lemak omega 3 kebanyakan paling dikenal didapatkan dari kelompok ikan berlemak seperti salmon, tuna, tengiri dll. Namun jika Anda tertarik untuk menambah asupan omega-3 dari sumber selain ikan, Anda bisa mempertimbangkanya untuk memperolehnya dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan dan biji-bijian lebih mudah didapat, serta bebas resiko kontaminan laut yang biasa terjadi pada ikan.

Bentuk omega-3  yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian adalah asam alpha-linolenic, atau ALA. The University of Maryland Medical Center merekomendasikan orang dewasa untuk mengkonsumsi 1 sampai 2 g ALA per hari.

Kacang-kacangan dengan Omega-3

Menurut Linus Pauling Institute, Kenari merupakan jenis kacang sumber makanan yang kaya ALA. Satu ons kenari mengandung 2,6 g asam lemak, sementara 1 ons kenari hitam memberikan 0,6 gr. Lainnya adalah kacang Almond – 4.36 g, Kacang mete – 2,6 g, kacang brazil – 7,2 g, Kacang pinus – 11,6 g dan Pecan – 5,8 g. Kedelai termasuk bisa dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan omega 3.

Lihat juga :   Manfaat AA dan DHA - Makanan kaya AA dan DHA

Biji-bijian

Flaxseed merupakan sumber yang sangat kaya ALA, 1 sdm biji mengandung 1,6 g omega 3k. Poppy, biji labu dan wijen masing-masing menyediakan 0,1 g ALA per 1ons. Boleh dipertimbangkan juga adalah biji bunga matahari.

Pertimbangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan sehat, namun juga tinggi akan kalori. Jadi untuk membatasi kelebihan kalori dalam rangka menurunkan berat badan, Mayo Clinic menyarankan untuk menggunakan kacang sebagai bahan pengganti daging dan produk susu yang penuh lemak jenuh. Sebuah penelitian terbitan edisi Juni 2009 dari pada “American Journal of Clinical Nutrition,” para penulis menemukan bahwa mengkonsumsi banyak kacang berkorelasi dengan rendahnya risiko penambahan berat badan dan obesitas. Hal ini menunjukkan bahwa makan kacang sebagai bagian dari diet seimbang tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *