Kandungan Gizi dan manfaat garut bagi kesehatan

Manfaat garut bagi kesehatanGarut( Maranta arundinacea) adalah tanaman yang berkembang dengan rimpang yang kaya kandungan pati dari keluarga tanaman Marantaceae. Garut banyak dibudidayakan di Philipina, kepulauan Karibia, serta Amerika Selatan untuk dimanfaatkan umbinya, yang merupakan penghasil tepung halus dan mudah dicerna. Pati garut adalah salah satu sumber karbohidrat terbaik alami. Kualitasnya yang mudah dicerna serta  kemampuannya untuk bercampur dengan baik dengan berbagai bahan makanan,  membuatnya sebagai pati yang paling dicari untuk pembuatan formula makanan bayi dan penganan. Karakteristik garut ini hampir mirip dengan ganyong, termasuk jenis karbohidrat dan pemanfaatannya.

Advertisement

Garut berasal dari wilayah Amerika Selatan, mungkin berasal dari dataran rendah diBrasil barat. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi 3 sampai 5 meter, sama dengan kunyit seperti, daun lebar dan datar berbentuk bulat telur.

Umbi garut sebenarnya adalah akar,  berbentuk silinder berwarna cream yang ditutupi dengan sisik tipis pada permukaan kulit. Umbi siap dipanen setelah 10-12 bulan penanaman.

Garut umumnya dimanfaatkan untuk diambil patinya, dan bisa menghasilkan sekitar 12-15 % pati dari berat kering. Bubuk pati Garut berwarna putih, tidak berbau dan digunakan sebagai bahan pengental untuk industri makanan .

Manfaat Garut bagi kesehatan

Rendah Kalori

Garut sangat rendah kalori , 100 umbi garut segar hanya menyediakan 65 kalori , lebih rendah dari kentang , ubi , singkong, dll. Pati garut adalah terdiri dari amilopektin ( 80 % ) dan amilosa ( 20 % ) . Pati garut yang tidak berbau digunakan dalam industri makanan sebagai pengental, dan zat penstabil .

Mengandung protein

Garut mengandung protein relatif lebih banyak, daripada sumber makanan tropis lainnya seperti ubi , kentang , singkong, pisang , dll

Bebas Gluten

Seperti pada akar dan umbi-umbian lainnya, garut juga bebas gluten. Pati garut yang bebas gluten juga digunakan untuk makanan khusus bagi pasien penyakit celiac .

Lihat juga :   Manfaat bawang putih untuk membantu mengurangi lemak

Sumber folat yang baik

Akar Garut segar  merupakan sumber folat yang baik . 100 g garut menyediakan 338 mg,  atau 84% dari tingkat kebutuhan harian tubuh akan folat. Folat bersama dengan vitamin B-12 adalah salah satu komponen penting yang mengambil bagian dalam pembentukan DNA dan pembelahan sel. Folat baik bila diberikan selama periode prakonsepsi dan kehamilan, untuk  membantu mencegah cacat tabung saraf dan malformasi kongenital lainnya pada keturunan.

Mengandung vitamin B Kompleks

Garut mengandung vitamin b kompleks dengan tingkat yang sangat, seperti niacin , thiamin , piridoksin , asam pantotenat dan riboflavin . Vitamin-vitamin ini mengambil bagian sebagai substrat untuk enzim karbohidrat , protein , dan metabolisme lemak dalam tubuh .

Mengandung beberapa mineral penting

Selanjutnya , garut mengandung beberapa mineral penting dengan jumlah moderat, seperti tembaga , besi , mangan , fosfor , magnesium , dan seng . Di samping itu, garut  adalah sumber kalium ( 454 mg per 100g atau 10% dari RDA ) . Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah .

Kandungan nutrisi garut per 100 gram

  • Garut mengandung Energi 65 Kcal, Karbohidrat 13,39 g ,Protein 4,24 g , Lemak 0.20 g,Kolesterol 0 mg, Serat 1,3 g.
  • Vitamin- Folat 338 mg,Niacin 1,693 mg,Pyridoxine 0.266 mg ,Riboflavin 0,059 m,Thiamin 0.143 mg,Vitamin A 19 IU,Vitamin C 1,9 mg.
  • Elektrolit- Sodium 26 mg, Kalium 454 mg.
  • Mineral- Kalsium 6 mg, Tembaga 0,121 mg, Besi 2.22 mg, Magnesium 25 mg, Mangan 0,174 mg, Fosfor mg 98, Selenium 0,7 mg, Zinc 0.63 mg.
  • Phyto- nutrisi- Karoten – ß 11 ug -, Karoten -a 0 mg –

Sumber: USDA

Memilih dan Penyimpanan

Garut tersedia secara komersial dalam bentuk bubuk (tepung ),  dan umumnya untuk digunakan sebagai stabilizer / pengental dalam pembuatan makanan. Bila ditambahkan kedalam  air matang akan berubah menjadi tipis, tembus, tidak berbau.

Lihat juga :   Kandungan Gizi dan manfaat Jamur untuk kesehatan

Garut  segar dapat dimakan mentah, atau dimasak seperti pada umbi-umbian lainnya. Namun, akar garut yang terlalu tua sangat berserat,  dan dengan demikian bisa mengurangi selera.

Jika Anda berniat untuk membeli tepung garut, carilah produk bermerek yang mengutamakan keaslian , kualitas, dan kemurnian.  Jangan membeli tepung garut jika bungkus sudah longgar / terbuka.

Simpan tepung garut di tempat yang kering dan sejuk, jauh dari kelembaban dan sinar matahari langsung . Jangan didinginkan.

Profil

Garut relatif aman untuk dikonsumsi manusia dan bebas gluten. Tepung garut dapat ditambahkan dalam makanan bayi dan susu formula, karena sifat karbohidratnya yang mudah dicerna.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *