Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Nila/mujaer bagi kesehatan

Manfaat vitamin b7 (biotin)Ikan Nila maupun mujaer adalah ikan air tawar yang lezat, serta memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu mengurangi berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, mempercepat perbaikan dan pertumbuhan seluruh tubuh, membangun tulang yang kuat, mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, menurunkan kadar trigliserida, mencegah arthritis, mencegah penurunan kognitif, mencegah berbagai jenis kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan, meningkatkan kesehatan rambut, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda .

Advertisement

Pengenalan Ikan nila dan mujaer

Ikan Nila maupun mujair adalah ikan tawar yang masih dalam satu spesies. Keduanya umumnya hidup didaerah/perairan airtawar yang menggenang, misalnya seperti rawa-rawa, kolam, telaga, waduk atau perairan air tawar yang tenang lainnya. Kedua jenis ikan ini harganya sangat terjangkau, karena sangat mudah untuk dibudidayakan.

Nila dalah ikan asli sungai Nil dan Afrika Utara, tetapi kini telah menyebar secara luas dan dibudidayakan di seluruh negara Asia juga. Beberapa negara menganggap nila adalah pesies ikan yang invasif, karena sangat adaptif dan dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Para petambak air tawar biasanya menganggap ikan nila adalah sebagai hama, karena bisa mengalahkan makanan ikan yang sebenarnya dibudidayakan.

Ada kontroversial diantara ikan nila dan mujaer, faktanya kedua ikan ini adalah pembersih alami bahan detritus dan beracun dalam lingkungan air yang mereka tempati. Jadi ikan ini sebenarnya menguntungkan, karena kemampuannya memurnikan air dan mengurangi limbah oksigen. Lain halnya jika untuk dikonsumsi, karena ini tidak selalu baik. Anda harus membeli ikan nila dari sumber pertanian ikan yang bersih, dengan lingkungan yang sehat. Jadi jika ikan diambil dari tempat perairan yang tercemar, ikan nila maupun mujaer bisa tidak baik bagi kesehatan. Ikan Nila sudah dikenal sangat luas diseluruh dunia sebagai bagian dari kuliner. Rasanya yang lezat, mudah didapat, bergizi, serta bisa diolah menjadi beragam menu masakan ikan spesial.

Mari kita lihat lebih dekat pada beberapa komponen nutrisi ikan nila yang membuatnya seperti elemen penting dalam diet kita .

Nilai Gizi Nila/Mujaer

Ikan nila dan mujaer juga sangat dihargai karena kualitas nutrisi yang menguntungkan, seperti vitamin, mineral, dan protein . Ikan ini adalah sumber yang baik omega-3, selenium, fosfor, kalium, vitamin B12, niasin(vitamin B -3), vitamin B6, dan asam pantotenat(vitamin B -5). Selanjutnya akan kita bahas manfaat kesehatan makan ikan mujaer, berdasarkan nilai gizi yang dikandungnya.

Lihat juga :   Manfaat Kismis bagi Kesehatan

Manfaat Ikan nila/mujaer bagi Kesehatan

Pertumbuhan dan Pengembangan :

Salah satu aspek yang paling penting dari ikan nila adalah kandungan proteinnya yang tinggi.(lebih dari15 % dari kebutuhan harian perporsi). Protein merupakan bagian penting dari diet kita terutama protein hewani, karena dapatdipecah secara enzimatis menjadi asam amino komposit, dan disusun kembali menjadi protein yang dapat digunakan dalam tubuh manusia. Protein secara langsung terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran sel, dan otot. Terutama bagi anak-anak, kecukupan mengkonsumsi protein untuk memastikan perkembangan yang optimal. Protein hewani dari ikan nila sangat bermanfaat untuk pertumbuhan otot, perbaikan sel, dan aktivitas metabolisme berbagai organ yang tepat.

Berat Badan :

Tidak seperti kebanyakan produk hewani lainnya, ikan nila tinggi protein tapi rendah kalori dan lemak. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi asupan kalori Anda, sementara masih memberikan tubuh Anda semua nutrisi yang diperlukan. Ikan Nila atau mujaer seringkali menjadi makanan pilihan untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan, tanpa harus tersiksa oleh diet ketat.

Kesehatan Tulang:

Salah satu mineral yang paling menonjol yang ditemukan dalam ikan nila adalah fosfor. Fosfor merupakan mineral penting bagi kesehatan manusia, karena bagian penting dari perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. Mineral ini juga merupakan elemen penting untuk pemeliharaan gigi dan kuku, menjaga tetap kuat dan tahan lama sampai usia tua. Fosfor dapat membantu untuk mencegah osteoporosis, atau penurunan kepadatan mineral tulang, yang sering dialami orang seiring bertambahnya usia.

Mencegah Kanker Prostat :

Seperti pada banyak jenis ikan, ikan nila memiliki kandungan selenimum yang sangat tinggi. Selenium adalah senyawa yang bermanfaat sebagai antioksidan alami yang baik. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan selenium terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, serta berbagai macam kondisi jantung. Antioksidan, seperti halnya selenium dikenal karena kemampuan mereka untuk mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh, sehingga menurunkan kemungkinan stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mutasi sel-sel sehat menjadi kanker .

Lihat juga :   Kandungan Gizi dan manfaat Jamur untuk kesehatan

Kesehatan Jantung :

Nila dan mujaer adalah sumber omega – 3 , yang secara langsung terkait dengan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida dalam sistem kardiovaskular manusia. Ada beberapa kontroversi tentang ikan yang pada umumnya tinggi kolesterol LDL, namun penelitian telah menunjukkan bahwa efek menguntungkan omega-3 lebih besar daripada risiko yang bisa dihadirkan oleh omega -6.  Asam lemak Omega- 3  membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Kalium yang juga ditemukan pada ikan nila juga merupakan vasodilator, dan bersifat mengurangi tekanan darah.

Kesehatan Otak :

Kalium dan omega – 3 yang ditemukan pada ikan nila terkait dengan peningkatan kekuatan otak dan fungsi neurologis. Kalium akan meningkatkan oksigenasi ke otak, dan juga sangat penting untuk keseimbangan cairan tubuh, yang memfasilitasi respon gugup dan deposisi hara di bagian tubuh yang tepat, termasuk otak .

Penuaan Dini :

Selenium yang dikenal sebagai antioksidan, dapat meremajakan atau merangsang vitamin E dan C , yang keduanya akan meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit. Oleh karena itu, asupan lebih dari 20 %  selenium perhari yang disediakan ikan nila, sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan jalan menghentikan kerusakan sel akibat radikal bebas. Hal ini berarti akan mengurangi keriput, kulit kendur, bintik-bintik penuaan,serta  tanda-tanda penuaan lainnya .

Sistem kekebalan tubuh dan fungsi Tiroid :

Keuntungan selenium terakhir selenium bagi kesehatan adalah untuk sistem kekebalan tubuh. Selenium dapat membantu meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih, yang berguna untuk melindungi tubuh dari racun dan benda asing. Selenium juga berperan penting dalam regulasi kelenjar tiroid, yang bertugas mengontrol banyak fungsi hormonal. Berfungsinya kelenjar tiroid akan menjamin keseimbangan metabolisme yang baik,  fungsi organ yang tepat, serta reaksi kimia di seluruh tubuh.

Perhatian:

Seperti yang telah kita disebutkan diatas, yaitu nila memiliki kebiasaan alami membersihkan racun di lingkungan habitatnya. Jadi racun bisa saja diserap ke dalam tubuh dan mengendap. Oleh karena itu, penting untuk membeli ikan nila dari pertanian yang mengutamakan kualitas kebersihan. Karena ikan nila juga tinggi omega – 6, maka orang dengan kondisi jantung harus berhati-hati makan ikan nila atau mujaer yang terlalu banyak.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

2 thoughts on “Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Nila/mujaer bagi kesehatan

  1. mo nanya nih pak
    keluarga saya hampir tiap hari makan mujair, apakah akan berdampak untuk penyakit kolesterol?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *