Kandungan nutrisi blackberry dan blueberry

Manfaat makan buah blueberry bagi kesehatanBlackberry dan blueberry adalah buah dari keluarga yang sama, keduanya dikemas dengan banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, anti -oksidan, dan serat yang penting untuk menjaga kesehatan yang optimal . Keduanya juga merupakan buah yang mengandung rendah kalori, namun terkenal akan tingginya manfaat antioksidan.

Advertisement

 

Kandungan nutrisi blackberry

  • Blackberry segar merupakan sumber vitamin C yang cukup baik ( 100 g buah mengandung 23 mg, atau 35 % dari total kebutuhan harian direkomendasikan) . Vitamin C merupakan antioksidan alami yang kuat.
  • Blackberry juga mengandung vitamin A ,vitamin E, dan vitamin K per-100g ( 16 % dari total kebutuhan harian direkomendasikan) . Di samping itu, buah berry kaya antioksidan fenolik seperti lutein, zea – xanthin, dan betakaroten.
  • Blackberry Mengandung kadar sedang  kelompok vitamin B kompleks, seperti piridoksin, niasin, asam pantotenat, riboflavin, dan asam folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak .

Mineral

Blackberry mengandung mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium dengan kadar yang cukup baik. Tembaga diperlukan tubuh untuk metabolisme tulang, serta dalam produksi sel darah putih dan sel darah merah.

Kalori

Balckberry sangat rendah kalori . 100 g buah hanya menyediakan 43 kalori. Meskipun demikian, blueberry kaya serat larut dan tidak larut (100 g buah mengandung 5,3 g atau 14 % dari total kebutuhan harian yang direkomendasikan) .

Antioksidan

Blackberry mengandung fitokimia antioksidan flavonoid seperti anthocyanin, asam ellagi, tannin, quercetin, asam galat, cyanidins, pelargonidins, catechin, kaempferol dan asam salisilat. Studi telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan ini mungkin memiliki manfaat yang potensial untuk melawan kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Nutrisi lain

Xylitol adalah gula rendah kalori dalam serat, yang lebih lambat diserap menjadi glukosa di dalam usus, dan dengan demikian tidak akan menyebabkan fluktuasi kadar gula darah.

Lihat juga :   Manfaat Buah Alpokat untuk kesehatan

Kandungan nutrisi blueberry

Blueberry dan blackberry sebenarnya mengandung nutrisi serta dengan kadar yang bisa dikatakan sama. Berikut gizi yang akan diperoleh dari makan buah blueberry:

  • Blueberry segar mengandung vitamin C, vitamin A dan vitamin E. Secara keseluruhan vitamin ini juga bekerja sebagai  anti – oksidan, yang membantu untuk membatasi dampak radikal bebas.
  • Blueberry juga mengandung  vitamin dari kelompok B kompleks, seperti niacin, piridoksin, asam folat, riboflavin dan asam pantotenat. Vitamin-vitamin ini bertindak sebagai co – faktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Mineral

Blueberry mengandung mineral seperti kalium, manga , tembaga, zat besi dan seng. Kalium adalah elektrolit yang ada dalam blueberry, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah, serta zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

Kalori

Blueberry sangat rendah kalori, 100 g buah segar hanya menyediakan 57 kalori. Namun, banyak mengandung  serat larut, mineral, vitamin, dan pigmen antioksidan yang sangat berkontribusi terhadap kesehatan.

Antioksidan

Blueberry adalah salah satu buah yang memiliki nilai  antioksidan tertinggi. Nilai antioksidan sebagian besar berasal dari senyawa polifenolik anthocyanidin, seperti asam chlorogenic, tanin, myricetin, quercetin dan kaempferol . Selain itu, buah ini memiliki antioksidan flavonoid seperti betakaroten , lutein dan zea – xanthin.

Secara keseluruhan, senyawa kimia dalam blueberry ini bermanfaat untuk menyingkirkan radikal bebas berbahaya, dan dengan demikian akan melindungi tubuh manusia terhadap kanker, penuaan, penyakit degeneratif, dan infeksi.

Nutrisi lain

Studi penelitian menunjukkan bahwa asam klorogenat dalam buah ini membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan kadar glukosa darah, akan mengontrol kondisi diabetes mellitus tipe 2.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *