Kandungan Nutrisi dan manfaat buah Asam bagi kesehatan

kandungan nutrisi dan manfaat buah asamManfaat asam bagi kesehatan telah diketahui, beberapa diantaranya adalah kemampuan untuk mengurangi peradangan , meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan pernapasan, menyembuhkan kondisi kulit, memperbaiki sistem pencernaan, mengurangi rasa sakit, meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, mengurangi demam, menurunkan kolesterol untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, dan bahkan melindungi anak-anak dari parasit dan cacing .

Advertisement

Asam adalah buah yang memiliki banyak kegunaan dan aplikasi, baik untuk tujuan pengobatan dan kuliner. Pohon asam adalah anggota dari keluarga Fabaceae , dan dengan nama ilmiahnya yaitu Tamarindus indica. Pohon asem adalah tanaman dari daerah tropis Afrika, khususnya Sudan , namun karena budidaya kini telah menyebar ke hampir seluruh wilayah tropis.

Asam dapat dikonsumsi mentah, ditambahkan untuk makanan penutup setelah dimasak, atau dapat juga dikeringkan dan digiling menjadi bumbu. Asem sering digunakan untuk bahan selai dan saus, dan bahkan diolah menjadi permen dan minuman.

Fakta kandungan Gizi buah Asem

Asam adalah termasuk komoditas yang berharga di seluruh dunia karena gizi, rasa yang unik serta dampak yang baik bagi kesehatan. Asam mengandung cukup tinggi vitamin C , vitamin E , vitamin B , kalsium, zat besi, fosfor, kalium, mangan, dan serat. Beberapa senyawa organik penting lain dalam buah asem adalah antioksidan yang kuat dan agen anti – inflamasi .

Manfaat Buah asem bagi Kesehatan

Kesehatan Pencernaan :

Buah asem telah lama dianggap sebagai pencahar alami, dan kandungan serat mungkin yang ada hubungannya dengan itu. Makan asam, baik buah segar maupun sebagai bumbu dapat meningkatkan efisiensi sistem pencernaan. Asam juga merupakan zat yang akan merangsang aktivitas empedu, sehingga asam juga dapat membantu untuk melarutkan makanan lebih cepat. Serat juga akan merangsang asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan. Hal ini artinya, asam akan membuat proses makanan yang berjalan melalui saluran pencernaan akan lebih cepat, sehingga bisa menjadi obat pencahar yang kuat jika Anda menderita sembelit kronis. Menurut penelitian, asam juga menunjukkan efektifitasnya  terhadap diare kronis.

Lihat juga :   Manfaat Kurma bagi Kesehatan

Kesehatan Jantung :

Studi menunjukkan bahwa asam efektif dalam untuk mengurangi tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam darah. Kandungan serat dalam asam juga memiliki manfaat penurunan kolesterol LDL berlebih dari pembuluh darah dan arteri . Kalium dalam asam juga barguna untuk penurunan tekanan darah tinggi, karena diketahui sebagai vasodilator yang mengurangi stres pada sistem kardiovaskular. Asam memiliki Tingkat vitamin C yang cukup tinggi, dan vitamin C merupakan senyawa antioksidan yang dapat mengurangi dampak  radikal bebas . Dengan demikian efek samping sisa metabolisme seluler yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan sejumlah kondisi kesehatan lainnya akan diturunkan.

Sirkulasi darah:

Asam merupakan sumber zat besi yang sangat baik , satu porsi asam bisa menyediakan lebih dari 10 % kebutuhan harian. Pasokan zat besi yang sehat dalam tubuh akan menjamin jumlah sel darah merah yang tepat dalam tubuh, yang artinya akan menjamin oksigenasi yang tepat otot dan organ tubuh yang membutuhkan oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Jadi asam akan mencegah anemia karena defisiensi zat besi, yang ditandai dengan kelemahan, kelelahan, sakit kepala, gangguan kognitif, dan masalah perut .

Fungsi Syaraf :

Salah satu vitamin paling penting dari asam adalah B kompleks . Tiamin adalah salah satu bagian yang paling penting dari keluarga vitamin B kompleks , yang ditemukan dalam kadar yang tinggi pada buah asam . Tiamin bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf, pengembangan otot, yang dapat membantu Kita tetap aktif dan tetap kuat setiap hari.

Berat Badan :

Salah satu senyawa unik yang dapat diekstraksi dari asam, atau diperoleh dari pemanfaatannya sebagai bumbu adalah asam hidroksisitrat ( HCA ). HCA terkait dengan penurunan berat badan, karena telah terbukti dapat menghambat enzim dalam tubuh yang membantu menyimpan lemak. Selanjutnya, asam juga telah dikenal dapat menekan nafsu makan, dengan jalan meningkatkan neurotransmitter serotonin. Penelitian tentang asam masih berlangsung , dan telah menunjukkan tanda-tanda jika asam bisa digunakan sebagai suplemen penurunan berat badan yang menjanjikan.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Tomat

Mengelola Diabetes :

Seiring dengan kemampuan asam untuk menghentikan kenaikan berat badan, terutama untuk menghambat enzim alpha – amilase berhenti menyerap karbohidrat, dimana yang akan dikonversi menjadi gula sederhana atau lemak lebih mudah. Diet Karbohidrat tinggi dapat meningkatkan peluang glukosa dan kadar insulin tidak terkontrol , yang merupakan masalah terbesar bagi penderita diabetes. Asam dapat membantu  mengendalikan fluktuasi gula darah.

Kapasitas Anti – inflamasi :

Minyak esensial dari asam telah dikaitkan dengan beberapa kemampuan anti – inflamasi , seperti pengurangan nyeri sendi dan peradangan (arthritis , kondisi rematik , dan asam urat). Hal ini juga akan mengurangi iritasi pada mata (Salah satu bentuk yang paling umum adalah konjungtivitis , yang juga dikenal dengan mata merah muda) . Asam telah menunjukkan kemampuannya sebagai  anti – inflamasi, dan oleh karena itu juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi peradangan .

Sistem kekebalan tubuh :

Tingginya kadar vitamin C , serta efek antioksidan lainnya dalam minyak esensial asam akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta bebas dari infeksi mikroba dan jamur. Asam juga akan mengurangi parasit dalam tubuh, karena efek antiseptik dan antimikroba . Hal inilah yang secara khusus dikaitkan dengan efek menghilangkan cacingan pada anak-anak.

Perhatian :

Yang utama perlu diperhatikan dari Asem adalah dapat menurunkan tekanan darah dan  mengencerkan darah. Hal ini bisa mempersulit untuk mengurangi pendarahan, jika terjadi sesuatu . Jika Anda mengambil pengencer darah, hati-hati makan asem dalam jumlah yang berlebihan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *