Kandungan Nutrisi dan Manfaat buah Sawo bagi Kesehatan

Buah Sawo atau sapota (Manilkara zapota) adalah buah dari tanaman tropis yang eksotis dengan rasa yang manis dan lezat. Buah sawo adalah termasuk buah yang populer, termasuk mangga, pisang , dan nangka. Sawo yang berdaging lembut ketika masak kaya akan kalori, yang tersusun dengan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa, sehingga ketika dimakan akan langsung mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh. Selain itu, buah sawo mengandung sumber vitamin, mineral dan tanin yang bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh.

Advertisement

Buah sawo awalnya berasal dari hutan hujan diAmerika Tengah, kemungkinan dari Meksiko, dan kini telah tersebar dan dibudidayakan di banyak daerah tropis seperti India, Sri Lanka , Indonesia dan Malaysia. Pohon sawo memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tahan angin dan tahan panas, sehingga cocok untuk ditanam didaerah kering dengan sedikit hujan.

Buah sawo berbentuk bulat atau oval , dengan ukuran sekitar 10 cm, dan berat sekitar 150g . Setiap pohon yang berbuah sanggup menghasilkan sebanyak 2000 buah / musim.kandungan nutrisi dan manfaat buah sawo

Sawo dengan Buah yang berwarna coklat pada permukaan kulit serta daging buah. Saat masih mentah, buah sawo berwarna putih dengan getah lengket yang disebut dengan saponin. Getah ini secara bertahap akan menghilang ketika buah masak, dan dagingnya berubah warna menjadi coklat . Buah ini rasanya manis dengan tekstur halus atau kasar,  dan rasa yang manis. Didalamnya terdapat biji hitam cembung dan mengkilap, yang berjumlah antara sekitar 3-10.

Fakta Kandungan Gizi dan Manfaat makan Sawo bagi Kesehatan

Mengandung kalori tinggi

100 g buah sawo matang menyediakan 83 kalori . Selain itu, sawo juga merupakan sumber serattinggi ( 5,6 g/100g ) , sehingga juga bermanfaat untuk pencahar yang sangat baik . Kandungan serat akan membantu untuk meringankan sembelit, serta membantu melindungi selaput lendir usus besar dari kanker karena dapat mengikat racun dan mengeluarkannya bersama feses.

Lihat juga :   Manfaat Buah Naga bagi kesehatan

Buah sawo kaya akan antioksidan polifenolik dan senyawa tanin .

Tanin adalah keluarga polifenol kompleks yang terjadi secara alamiah, yang dapat menetralisir asam oleh pencetus protein. Studi telah menemukan bahwa tanin terbukti memiliki potensi efek antiinflamasi, antivirus, antibakteri, dan antiparasit. Oleh karena itu, senyawa ini banyak diaplikasikan untuk obat anti diare, hemostatik ( menghentikan perdarahan ) dan sebagai obat untuk wasir.

Selain itu, efek antiinflamasi tanin juga dapat membantu kondisi seperti gastritis erosif, refluks esofagitis, enteritis, dan gangguan usus. Beberapa buah-buahan lain yang kaya tanin seperti buah delima, buah kesemek, anggur … dll.

Kaya antioksidan

Sawo mengandung vitamin antioksidan yang baik, seperti vitamin C (24,5 % dari asupan harian yang direkomendasikan per 100 g buah) dan vitamin A. Vitamin A penting untukkesehatan penglihatan, serta diperlukan untuk menjaga selaput lendir dan kulit agar sehat. Mengonsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A telah diketahui dapat melindungi  dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut. Begitu juga, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan radikal bebas berbahaya.

Sawo sumber vitamin dan mineral penting

Sawo matang merupakan sumber mineral penting seperti kalium, tembaga, besi dan vitamin seperti folat(Vitamin B9), niasin(Vitamin B3) dan asam pantotenat(Vitamin B5). Senyawa ini sangat penting untuk menunjang kesehatan agar optimal, karena sangat diperlukan dalam berbagai macam proses metabolisme dalam tubuh sebagai kofaktor untuk enzim .

Cara memilih dan menyimpan

Buah sawo yang sudah matang biasanya dipanen dengan jalan dipetik langsung dari pohon seperti  mangga. Namun sulit untuk mengatakan kapan sawo sudah siap untuk panen. Buah sawo yang matang akan berwarna coklat dan batang buah yang dipotong sudah tak mengeluarkan getah.

Lihat juga :   Manfaat Makan Buah Salak bagi Kesehatan

Jika membeli sawo di toko, pilih yang kulitnya utuh mulus dan tanpa goresan / retak , memar atau kerutan . Setelah matang,  buah sawo akan terasa lembut jika ditekan dengan jempol.

Buah sawo yang sudah tua namun mentah harus disimpan pada suhu kamar selama 7 -10 hari agar matang. Sawo matang bisa bertahan selama beberapa hari di kulkas rumah, bisa hingga enam minggu.

Cara memakan

Cara memakan buah sawo sebaiknya dengan cara membelah menjadi dua bagian yang sama, kemudian gunakan sendok untuk mengambil daging dan buang bijinya .Buah sawo lebih enak dimakan begitu saja ketika sudah matang, atau tanpa tambahan apapun.

Keamanan

Buah sawo yang masih banyak mengandung getah dan tanin masih sangat pahit rasanya. Makan buah-buahan yang masih mentah dapat menyebabkan sariawan, sensasi gatal di tenggorokan, dan bahkan hingga kesulitan bernapas terutama pada anak-anak.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *