Kandungan Nutrisi dan Manfaat Oat dan Oatmeal bagi kesehatan

manfaat dan nutrisi oat atau gandum utuhOat merupakan makanan dari golongan biji-bijian, yang kebanyakan orang menyebutnya oatmeal atau biji gandum utuh. Walupun Anda tak pernah secara sengaja berbelanja oat untuk dimasak sendiri dirumah, namun oat kini sudah ada di mana-mana termasuk dalam sereal, kue, biskuit, roti, dan kue.  Secara gizi, Oat terutama kaya akan serat pangan, vitamin B kompleks, dan masih banyak vitamin lainnya termasuk beberapa fitokimia dan berbagai mineral. Penelitian telah mengaitkan bahwa makan oat secara teratur bermanfaat bagi pencernaan dan usus, kesehatan jantung, gula darah, menurunkan kolesterol, antioksidan, dan penurunan berat badan. Nah, dalam artikel ini kami memberikan  informasi lengkap mengenai gandum dan oatmeal termasuk manfaat dan kandungan gizinya.

Advertisement

Manfaat oat atau gandum dan oatmeal bagi kesehatan serta kandungan gizinya

Menurunkan kolesterol

Oat merupakan makanan sumber serat terbanyak (7g serat dalam 100 g, memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan harian). Satu cangkir oat memiliki kandungan serat yang sama dengan satu cangkir beras merah dan satu buah apel, pisang, jeruk, pear, dan secangkir bluberi atau stroberi. Jenis serat dalam oat adalah serat larut yang disebut beta glucan, yang telah diketahui bersifat menghambat penyerapan kolesterol dalam usus; sehingga dengan demikian bermanfaat mengurangi tingkat LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Jadi oat bagus untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar kolesterol tinggi yang makan 3 gram serat oat per hari (setara dengan satu mangkuk oatmeal),  kadar kolesterol mereka turun hingga sekitar 25%. Baca juga : Manfaat serat bagi tubuh

Membantu menurunkan berat badan

Ada banyak yang berbicara bahwa makan oat bisa menurunkan berat badan, tapi bagaimana cara kerjanya?. Oatmeal tinggi serat sehingga lebih lama untuk dicerna, sehingga orang akan merasa kenyang dan membantu menekan nafsu makan lebih lama. Namun jangan membeli produk dari oat kemasan yang banyak ditambahkan lemak dan gula untuk tujuan ini.

Lihat juga :   Makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian yang melibatkan sekitar 10.000 orang, yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Internal Medicine, menemukan bahwa kelompok obyek penelitian yang makan 21 gram serat per hari, lebih sedikit sekitar 10-15% yang mengalami penyakit jantung koroner dan gejala pentakit jantung, jika dibandingkan dengan kelompok yang makan 5 gram serat dalam sehari.

Menstabilkan kadar Gula Darah

Dalam berbagai penelitian, pasien diabetes tipe 2 yang diberikan makanan oatmeal menunjukkan tingkat gula darah yang lebih rendah, dibandingkan dengan pasien  yang diberi nasi putih atau roti.

Fitokimia dalam oat

Oat juga kaya akan fitokimia yang berperan dalam mengurangi tekanan darah dan juga bertindak sebagai antioksidan.

Kandungan nutrisi dalam 100 g oatmeal

Oat menyediakan 38 kalori, yaitu telah memenuhi sekitar 20% dari kebutuhan sehari-hari. Oatmeal juga sangat tinggi serat , sekitar 10 g dalam 100 g, dan juga protein13 g; keduanya sudah memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan sehari-hari.
Vitamn dalam gandum termasuk kelompok vitamin B(B Kompleks), terutama thiamin 0,5 mg; Riboflavin 0,2; Niacin 1,1 mg; Vitamin B6 0,1 mg; Folat 32,0 mcg; asam dan pantotenat 1.1 mg.
Dalam hal mineral, Oatmeal relatif kaya akan zat besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Seng, Tembaga, Mangan dan Selenium.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *