Kandungan Nutrisi dan manfaat Mbothe (umbi talas) bagi kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat mbotheManfaat mbothe atau umbi talas bagi kesehatan termasuk meningkatkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, mencegah beberapa jenis kanker, melindungi kulit, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, membantu sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit jantung. Sementara itu juga mendukung kesehatan otot dan saraf.

Advertisement

Mbothe adalah istilah lain yang populer untuk menyebut nama umbi dari tanaman talas diderah pulau Jawa khususnya. Kami tidak menemukan data untuk sebutan lain untuk umbi talas didaerah lain. Talas atau yang memiliki nama ilmiah Colocasia Esculenta , sebenarnya sudah banyak dibudidayakan diseluruh Dunia, dan diyakini merupakan tanaman asli India selatan dan Asia tenggara. Yang menarik, setiap kebudayaan menggunakan talas dengan cara yang sedikit berbeda. Kalau di Indonesia sendiri, mbothe biasa disajikan setelah direbus, namun seiring dengan perkembangan, kini sudah tersedia dalam bentuk olahan seperti keripik dan kue.

Talas adalah salah satu dari beberapa tanaman yang bisa tumbuh di daerah tepian sungai atau rawa, karena tangkainya bisa menjulur kebawah air. Umbi talas adalah makanan pokok di daerah Afrika, India, tetapi juga bisa ditemukan di Jepang, Mesir, Suriname, Amerika Serikat, Fiji, dan Spanyol.

Fakta Kandungan Gizi umbi talas

Mbothe mengandung tinggi senyawa organik, mineral, dan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Hal ini yaitu banyak mengandung serat dan karbohidrat, serta tinggi vitamin A, C, E, B6, dan folat, serta magnesium, besi, zinc, fosfor, kalium, mangan, dan tembaga. Juga menyediakan protein, walaupun tidak banyak.

Manfaat mbothe bagi Kesehatan

Kesehatan Pencernaan :

Tingginya kandungan serat yang ditemukan pada umbi talas (satu porsi mengandung 27% dari kebutuhan serat harian),  membuat makanan ini sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan kita. Serat sangat membantu untuk melancarkan buang air kita, dan memfasilitasi peningkatan pencernaan. Hal ini juga bisa membantu mencegah kondisi tertentu seperti kelebihan gas, kembung, kram, sembelit, dan bahkan diare. Kesehatan  sistem pencernaan sangat meningkatkan kesehatan Kita secara keseluruhan, dan mengurangi resiko berbagai jenis kanker.

Lihat juga :   Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan

Pencegahan Kanker :

Umbi talas juga merupakan sumber antioksidan bagi tubuh kita. Tingginya vitamin A, vitamin C, dan antioksidan fenolik lain yang ditemukan dalam mbothe bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, dan membantu menghilangkan radikal bebas berbahayai. Radikal bebas adalah hasil sampingan dari metabolisme sel yang berbahaya dan dapat menyebabkan sel-sel sehat berubah menjadi sel kanker. Dengan menghilangkan radikal bebas, maka kesehatan umum kita hampir dijamin. Cryptoxanthin, yang ditemukan pada mbothe, langsung terkait menurunkan pengembangan kanker paru-paru dan kanker mulut.

Diabetes :

Diet tinggi serat juga bisa membantu menurunkan kemungkinan terkena diabetes, karena mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Jika Anda memiliki tingkat serat yang cukup, maka Anda bisat mengatur tingkat glikemik dan menurunkan kemungkinan terkena diabetes. Jika Anda dengan diabetes, makan-makanan kaya serat seperti mbothe dapat membantu mencegah peningkatan gula darah yang bisa sangat berbahaya.

Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung :

Mbothe mengandung kalium yang cukup, adalah merupakan salah satu mineral penting yang sangat kita butuhkan untuk kesehatan. Kalium tidak hanya memfasilitasi pengiriman cairan yang sehat antara membran dan jaringan seluruh tubuh, tetapi juga membantu untuk meringankan stres dan tekanan pada pembuluh darah dan arteri. Jika pembuluh darah rileks, maka tekanan darah bisa dikurangi, dan stres pada sistem kardiovaskular secara keseluruhan akan berkurang. Kalium bahkan telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif, karena hubungan saraf bisa meningkat saat tekanan darah berkurang dan pengiriman cairan antara membran saraf menjadi optimal.

Meningkatkan penglihatan :

Seperti yang telah disebutkan di atas, umbi talas mengandung berbagai jenis zat antioksidan, termasuk beta karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan ini bisa juga membantu memperbaiki penglihatan, dengan cara mencegah radikal bebas menyerang sel-sel mata yang menyebabkan degenerasi makula atau katarak.

Kesehatan Kulit :

Vitamin E dan vitamin A berguna untuk melindungi kulit kita, yang juga terdapat dalam umbi mbothe. Kedua vitamin ini bekerja untuk menghilangkan masalah pada kulit dan meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan. Dengan demikian, luka dan noda bekas luka bisa lebih cepat sembuh, keriput berkurang, dan kulit yang sehat berseri dapat dikembalikan. Mbothe adalah sedikit rahasia alami untuk kulit yang lebih sehat.

Lihat juga :   Kandungan nutrisi dan manfaat buah mangga bagi kesehatan

Sistem kekebalan :

Mungkin unsur yang paling penting umbi talas bagi kesehatan adalah manfaatnya bagi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C yang tinggi dalam mbothe bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena sel-sel darah putih akan lebih banyak diproduksi. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan, yan mencegah perkembangan penyakit seperti masalah jantung dan kanker.

Sirkulasi darah :

Kandungan mineral yang tinggi dari umbi talas memiliki puluhan manfaat yang berguna, terutama kandungan zat besi dan tembaga yang sangat penting untuk mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Zat besi dan tembaga adalah mineral penting untuk memproduksi sel darah merah, yang berfungsi untuk membawa oksigen keseluruh sistem dan sel tubuh kita. Dengan demikian makan mbothe bisa menurunkan resiko anemia (kekurangan zat besi) ,  meningkatkan aliran darah, mempercepat metabolisme secara keseluruhan, pertumbuhan sel-sel baru, dan oksigenasi tubuh – pada akhirnya menjaga fungsi organ dan sistem tubuh pada tingkat yang optimal.

Perhatian :

  • Satu-satunya masalah utama umbi ini adalah sangat tingginya kandungan kalori. Setiap 100 gram mbothe mengandung 112 kalori, yang bisa menjadi masalah bagi yang mencoba menurunkan berat badan. Makanan ini juga mengandung karbohidrat tinggi, jadi jangan berlebihan mengkonsumsinya karena bisa menyebabkan kegemukan.
  • Walaupun umbi maupun daun talas bisa dikonsumsi dan bergizi, namun bisa beracun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah. Kandungan oksalat yang tinggi zat-zat berbahaya lainnya bisa hilang ketika dimasak atau jika direndam semalam dengan baking soda. Alasan kenapa tanaman ini begitu banyak digunakan adalah karena mudah hidup dan tumbuh subur.
Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

One thought on “Kandungan Nutrisi dan manfaat Mbothe (umbi talas) bagi kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *