Kegiatan dan Olahraga yang menyehatkan jantung

Advertisement

bersepeda olahraga menyehatkan jantungJennifer Mieres MD, dari American Heart Association (AHA), mengungkapkan: “Untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan jantung, Anda perlu untuk membuat detak jantung Anda naik”.

Ada puluhan kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk membantu kesehatan jantung Anda. Apakah itu program latihan terstruktur,  atau hanya bagian dari rutinitas harian Anda, asalkan semua ada aktivitas fisik yang bertambah. Sangat mudah untuk mengikuti tips latihan jantung sehat, bisa di rumah, di tempat kerja, bersepeda, dan bahkan bermain untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisik dalam hidup Anda.

Berikut Kegiatan dan Olahraga yang menyehatkan jantung

Tingkatkan Aktifitas fisik

Latihan aerobik yang dilakukan 30 menit sehari sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung Anda. Memanjat tangga, jalan cepat, latihan dengan mesin orbital atau treadmill, atau apa saja untuk mendapatkan detak jantung Anda.

Melakukan permainan sehat

Anda bisa melakukan beberapa permainan yang menyenangkan seperti Wii Sports atau Wii Fit

Membuat acara

Satu keluarga setiap hari bisa membuat acara olahraga kecil bersama keluarga dan anak-anak. Misalnya bulutangkis, bersepeda, atau olahraga apa saja yang dapat Anda lakukan dengan anak-anak Anda. Latihan intensitas sedang seperti berenang, jogging, pilates dan yoga juga baik bagi jantung.

Tak perlu olahraga mahal

Mengolahragakan otot jantung Anda berarti juga melatih tubuh Anda. Anda tidak perlu gym, hanya sedikit kemauan dan sepasang sepatu yang baik sudah cukup.

Meningkatkan aktifitas fisik

Jika Anda “tidak punya waktu” anda bisa melakukan olahraga periode pendek yaitu 5-10 menit, namun dilakukan secara rutin beberapa kali sehari. Tak haru sengaja berolahraga, aktifitas seperti Naik tangga, memarkir mobil Anda yang agak jauh dari pintu, danmelaksanakan sendiri tugas-tugas rumah seperti memotong rumput, membersihkan debu, atau berjalan-jalan pendek di sekitar blok perumahan saat ada waktu.

Latihan aerobik

Latihan aerobik atau kardiovaskular adalah bentuk kegiatan yang meningkatkan pernapasan dan denyut jantung, pada dasarnya latihan dilakukan agar jantung bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat. Kebugaran kardiovaskular akan memperbaiki cara tubuh Anda dalam  menggunakan oksigen.

Jalan cepat

Tubuh manusia dilahirkan untuk berjalan. Berjalan diatas treadmil atau jalan cepat adalah cara alami untuk meningkatkan kebugaran Anda.Berjalan-jalan saat liburan lebih baik daripada duduk di sofa

Berlari

Berlari adalah aktivitas fisik jantung sehat, selain itu,  berlari adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori. Berlari juga akan cepat menurunkan berat badan, dimana kelebihan berat badan adalah salah satu faktor mudah terkena penyakit jantung.

Olahraga Berenang

Berenang tidak hanya akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan kesehatan jantung,  air juga memberikan resistensi multi-arah yang akan meningkatkan kekuatan otot Anda. Berenang merupakan alternatif yang aman jika Anda mempunyai  masalah dengan berjalan atau berlari.

Bersepeda

Aktivitas kardiovaskular lain yang mudah adalah olahraga bersepeda. Bersepeda bisa dilakukan dengan cara menggantikan motor atau mobil saat ketempat kerja.Ini akan semakin membuat efisien waktu anda. Bahkan lebih baik jika mau bergabung dengan klub bersepeda dan menikmati bersepeda lintas alam. Sementara jantung Anda memompa lebih mkuat, Anda juga akan membangun kekuatan dan mengencangkan tubuh bagian bawah serta otot Anda, jika Anda mengambil olahraga sepeda  off-road.

Interval atau pelatihan sirkuit

Pilihan lain adalah memilih 5 hingga 10 latihan kekuatan, lakukan 1 set latihan,  masing-masing untuk menurunkan berat badan dan melakukan pengulangan lebih tinggi saat bergerak cepat dari satu latihan ke yang berikutnya untuk menjaga detak jantung Anda. Jenis pelatihan ini tidak hanya akan membuat Anda termotivasi untuk terus melakukan latihan, juga  akan meningkatkan kekuatan otot, daya tahan dan kesehatan jantung Anda.

Sebelum Anda memulai rencana latihan, berkonsulasilah dengan dokter Anda untuk memastikan tentang kegiatan fisik apa yang Anda ingin lakukan, dan apakah  sesuai untuk usia Anda, kesehatan dan kondisi Anda.

Advertisement