Khasiat Manfaat Ginseng

khasiat manfaat ginsengGinseng adalah tanaman berkhasiat obat dan telah dipergunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Cina .Di Banyak negara Barat pun ginseng telah dimanfaatkan secara luas dikenal karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Dalam pengobatan tradisional terutama di Cina, akar tanaman ini dipercaya dapat memperbaiki aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, serta  membantu pemulihan dari sakit.

Advertisement

Ginseng (Panax quinquefolius) adalah sejenis tanaman obat dari suku Araliaceae. Ginseng tumbuh dan menyebar di seluruh belahan bumi bagian utara, terutama di daratan Siberia, Manchuria, Korea, ke Amerika Utara. Tanaman ginseng didaerah tropis dapat ditemukan juga di Vietnam, yaitu dari spesies Panax vietnamensis.

Terdapat tiga varietas ginseng yang berbeda, yaitu : ginseng Korea (Asia), ginseng Amerika dan ginseng Siberia.

Berikut beberapa Manfaat Ginseng bagi kesehatan dan kecantikan

1. Mengurangi stres

Ginseng dapat meningkatkan kewaspadaan mental, meningkatkan suasana hati dan meredakan kelelahan. Manfaat lainnya adalah digunakan sebagai ramuan antidepresan dan anti stres. Ketika seseorang sedang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan terpicu dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu untuk menyeimbangkan tingkat adrenalin.

2. Merangsang sistem kekebalan tubuh dan saraf

Ginseng dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa ahli jamu herbal mengatakan jamu ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik dari ginseng dapat membantu orang agar tetap awet muda. Sementara itu pada orang tua, ginseng bisa memulihkan sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu melawan flu dan penyakit menular lainnya.

3. Mengobati diabetes

Kadar gula darah dapat turun secara drastis dengan meminum ramuan  ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat anti diabetes, tidak menggunakannya secara bersamaan dengan ginseng. Karena ginseng yang dicampur dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah turun terlalu rendah. Oleh karena itu, minta rekomendasi yang diperlukan dari dokter.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Jahe untuk Kesehatan

4. Mencegah perkembangan kanker

Pertumbuhan beberapa jenis sel kanker dapat dihambat oleh ginseng. Journal Pengobatan Cina melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor dan dapat menyebabkan kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel adenokarsinoma paru-paru dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga bisa bertindak untuk menghambat perkembangan siklus sel, yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Dalam beberapa studi menemukan, bahwa Ginseng menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terkandung dalam ginseng inilah yang bertindak menurunkan kolesterol dalam tubuh.

6. Mengurangi Kelelahan

Peran adaptogenik dari strain yang berbeda dari Ginseng diyakini bisa membuat perubahan fisiologis dalam tubuh untuk beradaptasi dengan kelelahan karena terlalu banyak bekerja.

7. Meningkatkan daya tahan atlet

Ginseng juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina, oleh karena itu tonik ginseng populer di kalangan atlet. Selama latihan, seorang atlet harus konsisten untuk menjaga staminanya tetap tinggi, dan ginseng akan membantu untuk mewujudkannya.

Perhatian:Penggunaan ginseng tidak dianjurkan terutama bagi wanita hamil dan ibu menyusui, untuk mencegah terjadinya kontraindikasi. Selain itu, ginseng juga dapat mempengaruhi reaksi beberapa obat, seperti pengencer darah seperti warfarin, heparin, aspirin, dan diuretik. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ginseng jika Anda sedang minum obat hipertensi atau obat penyakit kardiovaskular lainnya.

Manfaat Ginseng Untuk Kecantikan

Saat ini telah banyak ditemukan produk kecantikan dan kesehatan yang mengandung ginseng atau ekstrak ginseng. Misalnya, masker wajah atau teh herbal ginseng.

Akar dan daun ginseng mengandung banyak antioksidan, vitamin, mineral dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin dan bahan-bahan lain yang ditemukan dalam ginseng membantu metabolisme sel-sel kulit dan menutrisi kulit, yaitu dengan “mendorong” sel kulit mati keluar dan menggantikannya dengan kulit baru yang sehat.
Ginseng banyak digunakan dalam perawatan kulit, karena dapat membantu mencegah penuaan dini. Ginseng juga dapat membuat kulit kencang,  karena bahan dalam ginseng dapat meningkatkan produksi kolagen di lapisa kulit tengah(dermis). Kolagen inilah yang membuat kulit menjadi lebih elastis dan kencang,  sehingga kerutan atau garis halus pada wajah atau bagian tubuh lainnya tidak terlihat.
Manfaat lain dari ginseng adalah sebagai toner atau penyegar wajah, ginseng juga dapat membantu mengurangi flek hitam di wajah. Jika Anda membuat masker sendiri dari ginseng, minyak ginseng harus dicampur dengan bahan lain. Misalnya, minyak bunga matahari minyak, madu atau air. Hal ini karena minyak ginseng minyak sangat terkonsentrasi. Masker ginseng memang dapat membantu untuk mencegah penuaan dan keriput,  namun harus digunakan paling banyak 2 kali seminggu.
Tips: Oleskan sedikit masker ginseng ke belakang telinga sebelum mengoleskannya di wajah. Diamkan selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah Anda memiliki alergi terhadap masker ginseng atau tidak.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Daun Sirsak untuk mengobati kanker

Ginseng membantu untuk mengobati penyakit kulit.

Seperti  jerawat, eksim, kulit kasar adalah penyakit yang berhubungan dengan sistem metabolisme yang tidak lengkap. Kulit kita bisa menyerap secara efektif isi dari ginseng, sehingga membantu sirkulasi pembuluh darah subkutan. Oleh karena itu mengunakan ginseng bisa  mengurangi gejala yang disebutkan di atas, termasuk kulit kembali menjadi cerah.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *