Khasiat Manfaat Madu

Madu telah digunakan manusia sejak 2.500 tahun yang lalu di seluruh dunia. Madu telah diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, menjadi salah satu aspek penting untuk obat-obatan tradisional . Bahkan ilmuwan juga telah meneliti manfaat madu dalam ilmu kedokteran modern, terutama manfaat madu untuk penyembuhan luka.

Advertisement

Khasiat Manfaat MaduSeluruh dunia telah mengenal madu, dikenal dengan nama Honig di Jerman, Miele di Italia, shahad di India, Miel di Perancis, Miel dalam bahasa Spanyol, Mel dalam bahasa Portugis, Honing di Belanda, dan masih banyak sebutan lain lagi diseluruh dunia.

Lalu Apa sih yang membuat madu bisa begitu populer?, Ini tak lain karena madu mudah untuk dikonsumsi dalam bentuk apapun. Madu dapat dikonsums secara langsung, dibuat makan roti, untuk campuran jus atau minuman apapun yang tak termasuk minuman mengandung gula, atau bisa dicampur dengan air hangat, air jeruk nipis, kayu manis dan rempah-rempah lainnya , jika untuk membuat ramuan obat tradisional. Semua telah meyakini akan manfaat dan khasiat dari madu.

Berikut Khasiat dan Manfaat Madu untuk kesehatan:

Sebagai Pemanis pengganti gula:

Gula dapat diganti dengan madu untuk pembuatan banyak makanan dan minuman. Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa, dimana ini memungkinkan untuk dipakai sebagai pemanis.

Madu Sumber Energi:

Menurut USDA, madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga banyak digunakan sebagai sumber energi. Di sisi lain, satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 15 kalori. Karbohidrat dalam madu dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa, bahkan oleh perut yang paling sensitif sekalipun. Oleh karena itu maduh sangat mudah dicerna.

Membantu menjaga/menurunkan Berat Badan:

Meskipun madu memiliki kalori lebih banyak daripada gula, namun madu yang dikonsumsi dengan air hangat dapat membantu mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh. Dengan demikian madu dan jus lemon, atau madu dan kayu manis dapat membantu mengurangi berat badan. Baca lebih lanjut tentang manfaat madu dalam penurunan berat badan.

Lihat juga :   Camilan sehat yang tidak membuat gemuk

Meningkatkan performa atlet:

Penelitian terbaru menunjukkan jika madu akan memberikan bantuan ergogenic, yang sangat baik untuk membantu meningkatkan performa atlet. Madu memfasilitasi untuk menjaga kadar gula darah, penyembuhan dan pemulihan otot setelah melakukan latihan.

Madu Sumber Vitamin dan Mineral:

Madu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineral dan kuantitasnya tergantung dari jenis bunga yang digunakan untuk peternaan lebah. Umumnya, madu mengandung Vitamin C, Kalsium dan Zat Besi. Lihatlah vitamin dan kandungan mineral pada gula atau dari sumber manapun, maka Anda akan mendapati jumlah yang sangat lebih sedikit.

Antibakteri dan antijamur:

Madu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur, oleh karena itu dapat digunakan sebagai antiseptik alami.

Madu Kaya akan Antioksidan:

Madu mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menangkal efek radikal bebaspada tubuh kita. Maka, kekebalan tubuh kita meningkat dan menjaga kulit tetap sehat.

Perawatan Kulit dengan menggunakan Susu dan Madu:

Susu dan madu sering dimanfaatkan secara bersama sebagai bahan untuk membantu  mendapatkan kulit yang halus. Oleh karena itu memakan susu dan madu setiap hari di pagi hari sudah jamak dilakukan di banyak negara.

Manfaat madu untuk Merawat Luka:

Penelitian yang dilakukan untuk mempelajari manfaat madu dalam mengobati luka mendapat hasil yang sangat signifikan. Manfaat madu dalam merawat luka, berikut seperti dibawah:

  • Madu memiliki sifat antimikroba.
  • Membantu mengatasi bau pada luka lama.
  • Ini mempercepat proses penyembuhan jaringan luka.
  • Membantu dalam proses penyembuhan luka dalam secara aktif.
  • Madu juga membantu dalam penyembuhan luka yang lembab.

Kekuatan penyembuhan madu tidak terbatas hanya itu saja. The Waikato Honey Research Unit memberikan rincian dari hasil penelitian di seluruh dunia yang pernah dilakukan terhadap manfaat madu dalam kedokteran. Selanjutnya BBC melansir laporan pada bulan Juli 2006 bahwa dokter di Rumah Sakit Christie di Didsbury, Manchester berencana untuk menggunakan madu dalam pemulihan lebih cepat dari pasien kanker setelah operasi. Penelitian semacam ini akan memberikan bukti ilmiah , agar semua orang dan pecinta  madu di seluruh dunia semakin yakin, dan kemudian akan membantu dalam menyebarkan manfaat madu kepada lebih banyak orang.

Lihat juga :   Khasiat Manfaat Kayu Manis

Sekarang Anda sudah tahu lebih banyak tantang manfaat madu. Anda bisa mengkonsumsinya begitu saja, menambahkan madu kedalam air minuman , atau  menambahkannya kedalam beberapa resep. Untuk mendapatkan manfaat madu, tentunya Anda harus mendapatkan madu yang sudah terbukti asli.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *