Khasiat rutin minum teh hijau untuk kesehatan

manfaat teh hijauTeh hijau memang benar-benar luarbiasa manfaatnya bagi kesehatan. Sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat teh hijau bagi kesehatan ini, namun Anda mungkin ingin tahu lebih banyak lagi tentang khasiat luarbiasa teh hijau ini. Hal ini karena hara kuat pada teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate, atau EGCG, pada teh hijau membuktikan bahwa minuman ini benar-benar berkhasiat obat terbaik.

Advertisement

Berikut ini adalah 13 alasan untuk mulai minum teh setiap hari, dan dapatkan khasiat terbaik teh hijau bagi kesehatan:

1.Mencegah penyakit akibat kardiovaskular

Mencegah kolesterol jahat menumpuk pada pembuluh arteri , sehingga membantu untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Menurut penelitian yang dirilis awal bulan ini dalam Journal of Biological Chemistry, EGCG membantu mencegah penumpukan lemak di arteri.

2.Antibakteri mulut – kesehatan gigi

Di lain studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Oral Science, para ilmuwan menguji efek EGCG pada teh hijau terhadap bakteri yang ditemukan di mulut yang disebut Streptococcus mutans,  dan ilmuwan menemukan teh hijau memang efektif. EGCG digunakan sebagai bahan untuk gigi,  tetapi minum teh hijau juga menghasilkan efek penghambatan yang sama. Penelitian lain dalam Archives of Oral Biology menegaskan efek antibakteri dari teh hijau terhadap bakteri yang berbahaya bagi gigi.

3.Membantu memperlambat pertumbuhan kanker p*y ud ara.

Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Cell Research menemukan bahwa,  EGCG dapat menghambat metabolisme sel kanker pada tumor p*y ud ara.

4.Melindungi Kulit dari efek radiasi UV

Menurut penelitian baru dalam jurnal Pharmaceutical Development and Technology, Teh hijau membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat UV.

5. Teh hijau adalah penghancur lemak secara keseluruhan.

EGCG dalam teh hijau akan meningkatkan tingkat lemak yang dibakar dalam tubuh.

Lihat juga :   Manfaat bawang putih untuk membantu mengurangi lemak

6.Membakar lemak perut – Penurunan berat badan cepat.

Penelitian di Tufts University menunjukkan bahwa EGCG dalam teh hijau, seperti katekin, akan mengaktifkan gen pembakar lemak di perut untuk mempercepat penurunan berat badan hingga sebesar 77 persen.

7.Menstabilkan kadar gula dalam darah agar seimbang.

EGCG pada teh hijau meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh untuk mencegah lonjakan gula darah serta hal yang dapat menyebabkan kelelahan, lekas marah, dan hasrat untuk makanan tidak sehat.

8.Membantu melawan kanker paru-paru

Penelitian menunjukkan teh hijau mungkin dapat membantu untuk melawan kanker paru-paru.

Pada bulan April 2010 sebuah studi yang dipublikasikan pada  Cancer Prevention Research, menemukan bahwa EGCG dapat menekan pertumbuhan sel kanker paru-paru.

9. Teh hijau mungkin dapat menghentikan kanker kolorektal.

Dalam banyak penelitian termasuk satu di September 2012 oleh Oncology Letters, EGCG diketahui juga mencegah dan menghambat kanker kolorektal.

10. Membantu mematikan sel kanker prostat.

Pada Maret 2010 studi di Science Cancer menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu tubuh untuk mematikan sel-sel kanker prostat.

11. Teh hijau dapat Mencegah kerusakan kulit dan kerutan.

EGCG pada teh hijau tampaknya 200 kali lebih kuat daripada vitamin E dalam hal menghancurkan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Radikal bebas bereaksi dengan sel-sel sehat dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan kerusakan. Dengan khasiat EGCG pada teh hijau maka akan mengurangi dampak radikal bebas, sehingga membantu mengurangi kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

12. Mengandung Antioksidan kuat.

Antioksidan yang kuat akan berdampak positif yang lebih banyak terhadap sel-sel kulit. Radikal bebas semakin terkait dengan banyak penyakit kronis serius seperti artritis, diabetes, dan kanker.

13. Rasanya teh hijau yang enak.

Disamping khasiat teh hijau yang luarbiasa banyak diatas, rasa teh hijau juga nikmat yang bisa dicampur dengan es, diminum hangat, dicampur lemon dsb.

Lihat juga :   Tips cara alami Mengobati jerawat dengan Lidah Buaya

Bagaimana cara mendapatkan Khasiat dan Manfaat dari Teh Hijau

Tambahkan satu atau dua sendok teh daun teh hijau kedalam secangkir air matang, dan sebaiknya kemudian disaring. Biarkan curam selama lima menit. Tuang di atas es jika Anda lebih suka minuman yang dingin. Kebanyakan ahli merekomendasikan tiga cangkir teh hijau dalam sehari. Jangan khawatir, teh hijau mengandung jauh lebih sedikit kafein daripada kopi atau teh hitam.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *