Manfaat Kunyit Untuk Melancarkan Haid

manfaat kunyit untuk melancarkan haidKunyit memang sudah banyak diakui memiliki manfaat bagi kesehatan, dan dalam hal ini termasuk juga manfaat kunyit untuk mengatasi masalah-masalah yang biasa dihadapi wanita ketika datang periode haid. Siklus haid yang sudah tiba tiap bulan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para Wanita. Beberapa gejala menstruasi seringkali terasa sulit untuk dilewati bagi sebagian wanita.  PMS adalah gejala haid yang muncul ditahap-tahap awal, dimana wanita akan menghadapi problem seperti perubahan mood, sakit di punggung, mudah tersinggung dan marah, rasa perut kembung, dan mungkin masih banyak lagi. Bahkan jika haid memiliki perdarahan yang berat, siklus haid yang tidak teratur, rasa nyeri, gejala asam lambung bisa membuat kelelahan bagi beberapa wanita.

Advertisement

Menstruasi memang sudah menjadi bagian dari kehidupan para wanita, namun itu tidak berarti memerlukan pengobatan. Dan tujuan dari pengobatan saat ini adalah untuk mengurangi gejala yang dihadapi selama menstruasi, sehingga ketika datang bukan lagi menjadi suatu masalah yang besar wanita.

Umumnya obat medis yang di berikan untuk mengatasi gejala haid adalah obat antiinflamasi non steroid yang berguna untuk mengurangi rasa sakit, juga pil hormon untuk membantu mengatur siklus haid dan menormalkan terjadinya perdarahan, juga obat-obatan lain yang berguna untuk meredakan gejala lambung selama haid.

Kunyit adalah rempah-rempah telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan termasuk pengobatan tradisional. Kunyit mengandung zat kurkuminoid, yang merupakan zat antioksidan dari kunyit. Kurkumin ang merupakan bagian utama kurkuminodi mengandung sejumlah zat farmakologis yang bisa membantu mengatasi masalah selama datang bulan.

Kenapa Kunyit memiliki manfaat yang besar untuk mengobati gejala-gejala umum haid?

Gejala-gejala yang timbul selama haid umumnya adalah PMS, rasa tidak enak badan, hadi tidak lancar dan tidak teratur, rasa nyeri, masalah lambung, perubahan mood, fibroid, dan mengapa kunyit bisa membantu mengobatinya, mari kita bahasa satu persatu dibawah ini :

Mengatasi PMS atau sindrom pra-menstruasi

Gejala PMS adalah beberapa gejala yang timbul baik secara fisik dan emosional  sebelum atau menjelang haid. PMS banyak dikenal dengan perubahan emosional pada wanita yaitu mereka menjadi mudah marah atau tersinggung, penurunan suasana hati,  hingga depresi; bahkan beberapa wanita hingga tidak bisa mengontrol emosional mereka.

Gejala PMS secara fisik dapat seperti rasa sakit kepala,  gejala mirip  flu, perut kembung, nyeri otot, dll.

Kesimpulan penelitian yang mempelajari efek kurkumin dari kunyit untuk wanita pramenstruasi mengatakan bahwa kurkumin dapat secara signifikan mengurangi keparahan PMS.

Curcumin adalah zat yang mengandung sifat anti peradangan, sehingga membantu mengatasi rasa sakit selama PMS, plus mempengaruhi neurotransmiter otak sehingga meringankan masalah emosional dan  depresi.

Mengurangi rasa tidak enak badan selama haid

Sebagai agen anti peradangan, kurkumin dari kunyit bekerja benghambat aktivitas enzim inflamas, mengurangi produksi prostaglandin(hormon yang sangat berperan untuk rasa sakit dan peradangan), menghambat migrasi sel kekebalan tubuh yang meningkatkan peradangan, dan membantu dalam mengurangi rasa sakit atau nyeri haid.

Lihat juga :   Tips untuk mengatasi penyakit asam urat(Gout)

Kelebihan dari sifat analgesik kunyit adalah  tidak menyebabkan efek samping pada lambung seperti halnya obat penghilang rasa sakit umumnya.

Kunyit merupakan fitoetrogen

Kunyit diakui sebagai herbal yang menempati urutan teratas yang memiliki komponen yang sanggup mengikat estrogen dan reseptor progesteron (protein yang dibawa hormon yang membawa efek farmakologis). Dengan demikian kunyit menunjukkan kegunaannya bagi kesehatan perempuan.

Kunyit adalah obta tradisional yang  dapat mer*ngsang perdarahan pada uterus. Meskipun belum ada studi untuk dapat membuktikan ini, tetapi kunyit sudah diakui bisa membantu mengatur siklus menstruasi atau menormalkannya.

Meskipun kandungan kunyit  mer*ngsang perdarahan rahim, namun beberapa wanita ustru mengaku mengalami penurunan perdarahan berat setelah mengonsumsi kunyit.

Beberapa ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi kunyit selama hamil karena sifatnya yang mer*ngsang rahim.

Menghilangkan gejala kram perut atau sakit perut selama haid

Kram atau sakit perut selama menstruasi adalah gejala yang paling umum selama wanita sedang datang bulan. Kurkumin dalam kunyit bekerja sebagai agen anti peradangan yang mengurangi produksi dan menghambat aktivitas agen peradangan yang juga mengurangi nyeri.

Mengurangi perubahan mood dan depresi terkait dengan masa haid

Premenstrual Dysphoric Disorder, adalah suatu kondisi di mana wanita menghadapi depresi yang parah, mudah tersinggung dan perubahan mood sebelum datang siklus haid. Perubahan hormon seringkali yang  mempengaruhi suasana hati pada wanita saat periode mereka.
Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin memiliki aktifitas antidepresan yang dapat membantu dalam mengurangi gejala depresi. Studi yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan bahwa kurkumin bekerja memodulasi kimia otak dan meningkatkan pertahanan antioksidan untuk menghambat gejala kecemasan.

Kurcumin juga diketahui membalikkan efek yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh stres dan meningkatkan kognitif. Hal ini karena kemampuan kurkumin yang mempengaruhi kimia pada otak yang bisa bermanfaat mengendalikan perubahan suasana hati, gangguan tidur dan depresi yang berhubungan dengan haid.

Membantu menurunkan faktor penyebab haid tidak teratur atau tidak normal

Kondisi kesehatan tertentu bisa menjadi pemicu untuk perdarahan yang berat atau perdarahan yang tidak teratur selama haid; dan  kunyit bisa membantu mengobati akar masalah penyebab ini termasuk :

Endometriosis :  gangguan di mana lapisan rahim tumbuh di luar rahim, yang bisa menyebabkan menstruasi yang menyakitkan. Dan kurkumin membantu mengatasinya dengan

  • Mengurangi tingkat estrogen, serta menekan pertumbuhan lapisan rahim
  • Mengurangi produksi senyawa agen inflamasi
  • Mencegah perkembangan endometriosis
  • Memutus aliran darah yang membantu pertumbuhan endometrium.

Fibroid rahim: adalah daging tumbuh tapi bukan kanker, yang menempel di dinding rahim dan dapat menyebabkan siklus hadi yang terus-menerus/ haid yang terlalu panjang. Kurkumin dari kunyit terbukti menghambat proliferasi dan pertumbuhan sel-sel pada fibroid rahim.

Lihat juga :   Manfaat bawang putih untuk pengobatan

PCOS : atau polycystic ovarian syndrome , adalah suatu kondisi kesehatan yang ditandai dengan kista tanpa ovarium dan haid tidak teratur .

Tidak ada studi yang secara langsung mengevaluasi efek kunyit pada kondisi ini, namun karena mengandung agen anti-peradangan, antioksidan dan  fitoestrogen, maka kunyit  dapat membantu mengatasi  gejala sekunder PCOS.

Mengurangi gejala kembung dan masalah pencernaan lainnya

Sebelum bahkan selama menstruasi, wanita bisa mengalami kembung, gas, asam lambung tinggi, dll . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurkumin memiliki sifat terapi yang cukup potensial jika berbicara tentang gangguan pencernaan.

Beberapa sifat  pengobatan dari kurkumin yang bermanfaat membantu dalam mengurangi gejala gangguan pencernaan dan gejala lambung yaitu Anti radang, antioksidan dan anti mikroba.

Baca juga : Kunyit Ampuh Untuk Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi
Sebuah uji klinis menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kunyit untuk orang yang menderita gangguan pencernaan serta perut kembung telah meningkatkan kesehatan mereka dalam waktu tujuh hari. Sementara itu sekitar 87%  orang yang menerima pengobatan ini menunjukkan respon yang positif.

Kurcumin  menghambat perkembangan pembentukan tukak akibat tingkat keasaman yang tinggi, dan mengurangi peradanganpada  lambung dengan cara menghambat infeksi bakteri H.pylori(bakteri yang memperparah asam lambung tinggi). Kunyit juga bagus untuk mengatasi masalah lambung atau maag.

Melindungi dari infeksi jamur

Saat haid wanita lebih berisiko terkena infeksi, dan cenderung ter infeksi oleh Candida sebelum atau bahkan setelah haid. Kurkumin  terbukti memiliki sifat anti jamur atau candida.

Keamanan

Kunyit yang masih alami aman dikonsumsi, namun suplemen kunyit harus dikonsumsi secara hati-hati karena mengandung konsentrasi kurkumin yang lebih tinggi. Ketika wanita Hamil dan menyusui, sebelum operasi, memiliki masalah kandung empedu, ketika menggunakan obat diabetes, obat-obatan pengencer darah, atau antidepresan tertentu, suplemen kunyit harus waspadai.

Kunyit sejak lama digunakan untuk mengobati amenore (tidak haid), oleh sebab itu dianggap dapat mer*ngsang menstruasi. Jika  Anda mengalami perdarahan haid yang banyak/berat perlu waspada, namun beberapa orang justru mendapatkan manfaat yang baik.

Hal yang paling baik adalah menghindari kunyit suplemen selama haid; namun menggunakan kunyit secara tradisional/alami adalah aman. Bicarakan dengan ahli kesehatan sebelum mencoba suplemen kunyit.

Kesimpulan

Kunyit adalah bahan herbal alami yang bisa mengurangi PMS, termasuk perubahan mood atau nyeri berat , perdarahan yang tidak teratur atau abnormal. Kunyit juga tidak menimbulkan efek samping. Memasukkan kunyit sebagai bagian dari kehidupan Anda tidak hanya bermanfaat untuk kasus haid,  tetapi setiap hal terkait kesehatan lainnya.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *