Kunyit Ampuh Untuk Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi

manfaat kunyit untuk menurunkan tekanan darah tinggiTekanan darah tinggi atau disebut Hipertensi secara klinis, yaitu ketika tekanan darah seseorang mencapai diatas rata-rata tekanan darah normal yaitu 120/80. Hipertensi diklasifikasikan menjadi 2 . Pertama Hipertensi primer ; yaitu ketika  tidak ditemukan penyebab yang mendasari terjadinya tekanan darah tinggi. Dan ke 2 Hipertensi sekunder ;  yaitu hipertensi yang diketahui telah didasari oleh kondisi tertentu. Faktor Usia, keturunan, obesitas, kurang bergerak, konsumsi temb*kau, kurangnya asupan mineral dan vitamin dari diet harian – adalah beberapa faktor risiko umum untuk mengembangkan hipertensi. Baca juga : Top 10 penyebab tekanan darah tinggi

Advertisement

Hipertensi kronis bisa menyebabkan komplikasi terutama penyakit jantung, gagal jantung, penyakit pembuluh darah seperti aterosklerosis, penyakit ginjal, kebutaan, dll

Hipertensi tidak akan diberikan pengobatan kecuali sudah melakukan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan, mengurangi asupan garam, diet sehat, melakukan olahraga, dll dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Nah ketika beragam perubahan gayah hidup tidak membantu, maka pengobatan tekanan darah akan ditentukan.

Misalnya ketika kejadian hipertensi sekunder, maka yang diobati terlebih dulu adalah kondisi yang mendasarinya.  Sebagai contoh ketika Anda sedang menderita stres, itu bisa meningkatkan tekanan darah; jadi untuk menyembuhkannya, maka Anda harus menjadi tidak stres.

Baca juga : Gejala umum tekanan darah tinggi / Hipertensi

Mislanya Anda terlalu banyak mengonsumsi garam dalam diet sehari-hari, maka langkah utama yang harus diperhatikan dulu adalah menghentikan kebiasaan diet tersebut.

Terlepas dari upaya menurunkan tekanan darah seperti mengurangi garam atau merubah gaya hidup yang tak sehat, tanaman herbal seperti kunyit juga baik untuk membantu mempercepat kepulihan Anda dari hipertensi.

Berikut kenapa Kunyit Sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan hipertensi

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bahkan kecantikan, bahkan kunyit juga menunjukkan beberapa sifat ant hipertensi yang sangat baik.

Studi penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan beberapa fakta hebat tentang bagaimana kunyit dapat membantu menormalkan tekanan darah Anda, yaitu :

Kunyit mengandung zat antihipertensi

Renin- angiotensin merupakan sistem hormonal yang berperan mengatur tekanan darah. Hal ini melibatkan aktivitas enzim renin dan angio-tensin serta reseptor atau protein yang mengikat enzim ini.

Referensi : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22263555

Hal ini juga mengikutsertakan fungsi ginjal,  karena ginjal yang mempengaruhi volume darah dengan cara menyaringnya dari unsur-unsur yang beracun dan menyesuaikan keseimbangan elektrolitnya.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin (zat bioaktif yang ditemukan dalam kunyit) dapat mengurangi hipertensi dengan cara mengatur aktivitas reseptor angiotensin. Sehingga dengan demikian akan mencegah konstriksi pembuluh darah. Tidak hanya kurkumin, fraksi dari minyak kunyit dan turmeron juga menunjukkan aktifitas yang serupa.

Lihat juga :   Manfaat Daun Kelor untuk Obat Kanker, Kecantikan, dan Kesehatan

Kedua, kurkumin dan piperine (bahan bioaktif yang ditemukan di lada hitam) ditemukan bermanfaat mengurangi hipertensi  serta memperbaiki kerusakan dan perubahan struktural yang terjadi pada pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi.

Penelitian telah menunjukkan kurkumin dan zat turunannya mengandung properti vasorelaksan, atau memiliki kemampuan merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi resistensi pembuluh darah terhadap aliran darah sehingga mengurangi hipertensi.

Nanocurcumin juga terbukti memiliki aktivitas antihipertensi dengan cara menghambat aktivitas dari enzim yang disebut angiotensin converting enzyme. Penghambatan enzim ini telah diketahui akan merelaksasi pembuluh darah.

Curcumin dalam kunyit bisa menurunkan tekanan darah dengan cara mempengaruhi hormon yang bekerja mengontrol tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah. Lalu Nano-curcumin yang juga ditemukan sebaik cap-to-pril, yaitu obat anti-hipertensi.

Kunyit mengandung agen anti-inflamasi dan zat antioksidan yang sangat baik

Senyawa bioaktif Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan cara mengurangi tingkat hormon angiotensin converting enzyme.

Referensi : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25194767

Pengurangan hormon angiotensin converting enzyme ini akan membantu merelaksasi pembuluh darah dan mengurangi aliran darah. Lalu  antioksidan mengurangi dampak stres oksidatif yang disebabkan oleh hipertensi.

Curcumin ini juga merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi kita dari hipertensi yang disebabkan oleh logam berat.

Ramuan kunyit dan jahe dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait hipertensi, dengan cara mengurangi pelepasan senyawa kimia inflamasi dalam tubuh.

Kunyit dan jahe juga bermanfaat melindungi terhadap perubahan aktivitas platelet. Dan trombosit adalah jenis sel darah yang penting dalam pembekuan darah.

Curcumin dalam kunyit  dapat melindungi pembuluh darah dari peradangan dan stres oksidatif akibat hipertensi.

Kunyit bermanfaat untuk jantung dan kesehatan pembuluh darah

Curcumin dari kunyit juga memiliki efek pelindung  pada sistem kardiovaskular. Hal ini telah ditemukan bahwa senyawa ini efektif dalam pengobatan toksisitas kardio, diabetes akibat komplikasi kardiovaskular, penyakit  jantung, dll

Kurkumin juga mampu mengurangi kadar kolesterol, serta  efektif dalam pengobatan kondisi pengerasan arteri atau aterosklerosis.

Kurkumin juga mampu membalikkan perubahan terkait penuaan  dalam arteri dan fungsinya. Ini akan menghambat hipertensi yang akhirnya mencegah gagal jantung dan juga melindungi jantung dari toksisitas obat.

Disfungsi endotel , adalah suatu kondisi di mana endotelium (lapisan pembuluh darah) terpengaruh dan ada ketidakseimbangan antara molekul biologis yang mengatur penyempitan dan relaksasi pembuluh darah. Hipertensi bisa terjadi sebagai akibat dari disfungsi endotel.

Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dapat membantu dalam membalikkan disfungsi endotel dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Curcumin memiliki efek melindungi terhadap sistem kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin bisa membantu memulihkan fungsi pembuluh darah dan memperbaiki perubahan struktural yang terjadi di negara-negara terbesar pada penyakit pembuluh darah.

Lihat juga :   Tips untuk mengatasi penyakit asam urat(Gout)

Kunyit dapat mengurangi penyebab hipertensi

Hipertensi sekunder adalah tekanan darah tinggi sebagai akibat dari penyakit tertentu, dan kunyit dapat membantu mengurangi penyakit yang menjadi penyebab tekanan darah tinggi .

Sindrom metabolik adalah kondisi medis yang termasuk obesitas abdominal, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, lemak darah, dll

Kunyit dan biji jinten hitam   terbukti dapat memperbaiki semua unsur sindrom metabolik dalam jangka waktu 8 minggu!.

Penelitian telah  menunjukkan bahwa asupan kurkumin setiap dapat menurunkan lemak dalam darah pada orang yang menderita sindrom metabolik. Kurkumin yang dikombinasi dengan perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi obesitas, yang merupakan faktor risiko dari hipertensi.

Manfaat kunyit untuk mencegah diabetes

Kurkumin dapat melindungi kita dari diabetes yang disebabkan hipertensi dan diabetes akibat perubahan  fungsi pembuluh darah.

Penurunan fungsi tiroid dapat menyebabkan hipertensi.

Curcumin memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa membantu dalam mengurangi hipertiroidisme ( berlebihan produksi hormon tiroid) serta hipotiroidisme ( kekurangan hormon tiroid).

Kunyit mencegah penyakit ginjal

Kurkumin bermanfaat bagus untuk kesehatan ginjal serta melindungi ginjal dari risiko cedera, peradangan dan gangguan ginjal lainnya. Ginjal sangat mempengarui tekanan darah karena ia bertugas menyaring racun dari darah dan mengatur volume cairan dalam tubuh.

Sifat zat antioksidan dari kurkumin adalah membantu melawan radikal bebas dan hipertensi dapat terjadi akibat dari cedera ginjal.

Curcumin dari kunyit dapat membantu dalam pengobatan seperti kondisi ginjal, gangguan tiroid, dan masalah metabolisme yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Ketika Anda mencoba minum kunyit untuk pertama kalinya, Anda mungkin akan mengalami berbagai ketidaknyamanan pada lambungyang akan mereda sendiri pada akhirnya.

Kunyit dalam bentuk suplemen harus dikonsumsi secara hati-hati.  Anda harus menghindari kunyit atau suplemen kunyit ketika :

  • Hamil dan menyusui
  • Sebelum operasi
  • Memiliki masalah kandung empedu
  • ketika menggunakan obat pengencer darah, antidepresan, dan obat-obatan penurun gula darah.
  • Suplemen kunyit ditemukan  dapat berinteraksi dengan obat  hipertensi.

Namun kunyit alam lebih aman karena mengandung persentase kurkumin yang lebih rendah serta bebas dari zat aditif. Kunyit alami bisa diminum dengan obat penurun tekanan darah .

****Berkonsultasilah dengan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kunyit****

Kunyit telah menunjukkan manfaat yang luarbiasa khususnya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Perubahan gaya hidup sederhana termasuk menmbahkan kunyit kedalam diet  dapat mengurangi hipertensi dan komplikasi yang terkait itu.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *