Makanan terbaik untuk Olahragawan

makanan terbaik untuk olahragawanSudah merupakan sesuatu kebutuhan wajib bagi seorang olahragawan untuk menjaga apa yang mereka makan, karena yang pada akhirnya mencerminkan kinerja mereka. Perpaduan sehat semua nutrisi yang dibutuhkan akan membantu olahragawan untuk mendapatkan daya tahan tubuh dan energi,  agar dapat melaksanakan latihan lebih lama. Meskipun olahragawan memiliki persyaratan sendiri-sendiri sesuai dengan jenis olahraga apa yang mereka ikuti, namun kriteria dasar untuk makan-makanan sehat akan melengkapi semuanya.

Advertisement

Makanan terbaik untuk atlet atau olahragawan

Sebagai seorang olahragawan sebaiknya menghindari makanan tak sehat dan minuman bersoda, dan makan makanan sehat sebanyak dan sesegar mungkin. Tujuan dari seorang olahragawan yang aktif harus berada disekitar derivasi energi, dan pencegahan cedera yang disebabkan karena kekurangan gizi. Makanan kaya Karbohidrat, cukup protein, zat besi dan mineral seimbang plus vitamin penting diperlukan untuk diet sehat olahraga . Makan hanya satu jenis makanan juga dapat menyebabkan kekurangan gizi yang serius. Berikut beberapa sumber gizi dan makanan terbaik bagi seorang atlet yang harus dicukupi:

Karbohidrat

  • Sangat penting bagi seorang atlet untuk makan-makanan kaya karbohidrat, demi menjaga pasokan energi mereka.
  • Untuk ngemil, olahragawan dapat memilih pasta gandum, makaroni, spaghetti, mie dan ravioli. Anda bisa memakannya polos atau dengan beberapa saus, sepenuhnya sesuai selera.
  • Untuk Makan, olahragawan dapat mengkonsumsi nasi, tetapi akan lebih baik jika di makan dengan saus rendah lemak yang tidak terlalu pedas. Untuk mencoba sesuatu yang berbeda, Anda bisa memilih untuk menambahkan kecap atau memilih beras merah bukan beras putih.
  • Kentang bisa dimakan dengan cara direbus, kentang tumbuk dan kentang panggang, namun hindari makan kentang goreng. Selain itu batasi konsumsi mentega, saus dan krim asam.
  • Dari jenis sayuran, kacang polong, wortel dan ubi jalar adalah yang terbaik bagi atlet.
  • Beberapa orang berpendapat bahwa roti bukanlah makanan yang termasuk dalam daftar makanan olahragawan. Namun Produk roti rendah lemak yang bernutrisi, seperti roti multi grain atau roti gandum bisa menjadi pilihan.
  • Hindari mengkonsumsi sereal yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi .
  • Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi produk susu tinggi lemak, terutama sebelum berolahraga.
  • Anda bisa melihat Diet yang mengarah ke proses yang disebut dengan “carbo – overloading” sebelum atau sesudah perform. Hal ini akan memastikan untuk membangun dan menjaga massa otot.
Lihat juga :   Manfaat AA dan DHA - Makanan kaya AA dan DHA

Makanan seperti oatmeal, roti, kentang, jagung grit, jus buah, jagung manis, pisang dan makanan khusus dengan karbohidrat tambahan ideal,  jika olahraga yang Anda lakukan membutuhkan karbohidrat yang tinggi.

Protein

Protein dikenal sebagai blok bangunan tubuh, dan pada dasarnya harus dikonsumsi oleh atlet untuk membangun atau memperbaiki otot yang telah terpengaruh atau dipecah selama olahraga atau latihan.
Terlepas dari fungsi dasarnya, protein dalam bentuk asam amino akan membantu pertumbuhan dan kekuatan yang sangat penting untuk kinerja seorang atlet .
Olahragawan membutuhkan hampir dua kali lipat jumlah asupan protein,  daripada dewasa rata-rata. Makanan yang kaya akan protein bisa seperti telur, daging, ikan, ayam, tahu, tempe, keju, selai kacang dan lentil.

Zat Besi, Vitamin & Mineral

Cara untuk mendapatkan semua mineral dan vitamin termasuk zat besi, adalah dengan melakukan diet yang seimbang. Oleh karena itu, perlu untuk makan semua sayuran hijau sebelum melaksanakan pertandingan besar atau berolahraga.
Sayur dan buah  tinggi kandungan vitamin dan mineral, dan ini adalah dasar dari diet yang seimbang. Studi telah membenarkan bahwa asupan tinggi sayuran dan buah-buahan akan mencukupi kebutuhan zat besi, kalsium, karbohidrat dan protein.
Hal terbaik tentang sayuran dan buah-buahan adalah, mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar tidak akan mempengaruhi kesehatan. Justru ini akan membantu untuk membangun gaya hidup yang lebih baik.
Semua jenis sayuran, terutama sayur berwarna hijau seperti bayam, selada, daun bawang, brokoli, asparagus, kacang polong, kubis dan kacang-kacangan, tinggi kandungan mineral,  seperti kalsium, zat besi dan vitamin lainnya. Ini tidak hanya akan memastikan sirkulasi yang tepat oksigen ke seluruh tubuh, tetapi juga akan memastikan produksi sel darah baru dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan .

Lihat juga :   Manfaat Oolong Tea bagi kesehatan

Cukup air

Minum air dalam jumlah yang cukup akan menjaga kesehatan seorang atlet atau olahragawan. Minum air cukup untuk memastikan racun cepat keluar dari sistem, suplai ulang oksigen ke seluruh tubuh , dan menyediakan mineral yang sangat diperlukan.
Seorang atlet harus minum banyak air dua kali dari jumlah yang disarankan bagi manusia rata-rata. Harus dipastikan jika minum banyak air satu jam sebelum melakukan olahraga atau latihan. Air juga bermanfaat untuk mengisi ulang kalium yang hilang dari tubuh melalui keringat. Oleh karena itu, sebotol penuh air harus dikonsumsi satu jam sebelum olahraga, untuk daya tahan tubuh yang tinggi.

Namun ada yang perlu diperhatikan, terlalu banyak minum air tepat sebelum waktu olahraga atau latihan dimulai, dapat menyebabkan kram perut atau lambung.
Terlalu banyak air tepat sebelum pertandingan juga dapat menyebabkan dorongan untuk sering buang air kecil. Jadi hati-hati !

Makan hanya satu jenis makanan dapat menyebabkan kekurangan gizi yang serius bagi seorang atlet. Jadi, selalu pastikan bahwa makanan pregame Anda sudah diperkaya dan seimbang dengan vitamin, mineral, protein dan lemak untuk memastikan kesehatan dan kinerja yang lebih baik di lapangan.

Advertisement

Mungkin Anda juga Menyukainya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *